11 Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan

11 Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan
gooddoctor.co.id

Seruni.id – Biasanya madu identik dengan rasa manis dan berwarna cokelat. Namun, ada pula jenis madu hitam dengan rasa yang pahit. Madu memiliki berbagai macam rasa, karena pembuatan madu tergantung dari penyerapan sari tumbuhan yang berbeda oleh lebah. Madu hitam merupakan madu yang diserap lebah dari pohon mahoni.

11 Manfaat Madu Hitam untuk Kesehatan
bobo.grid.id

Madu yang satu ini memiliki warna pekat dan pahit, karena tidak melalui tahapan proses pembuatan madu seperti madu lain. Tetapi madu hitam memiliki banyak manfaat seperti madu yang lainnya. Berikut sejumlah manfaatnya yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Menurunkan Kolesterol Jahat

Tahukah kamu bahwa kolesterol jahat (LDL) yang tinggi ternyata dapat menyumbat pembuluh darah? Selain itu, kolesterol jahat juga bisa memicu penyakit jantung dan stroke. Dengan mengonsmsi madu hitam, sangat berkhasiat untuk menurunkan risiko dengan menstabilkan tingkat kolesterol dalam darah. Kamu hanya perlu mengonsumsi dua sendok makan madu setiap hari untuk merasakan khasiatnya.

2. Mengatasi Asam Urat

Asam urat kerap terjadi pada orang dewasa dan lanjut usia, namun tak menutup kemungkinan kalau penyakit ini juga bisa menyerang mereka yang masih muda. Gejala asam urat biasanya ditandai dengan radang persendian, rasa nyeri pada bagian sendi, dan pembengkakan pada sendi yang membuat seseorang menjadi sulit gerak. Kondisi ini biasanya terjadi pada bagian tubuh tertentu, seperti lutut, jari tangan, pergelangan kaki dan jari kaki. Rutin mengonsumsi madu hitam, maka akan terhindar dari asam urat, dan tubuh akan menjadi sehat.

3. Melancarkan Sistem Pencernaan

Ada beberapa penyakit yang dapat menganggu sistem pencernaan. Biasanya asam lambung menjadi salah satu pemicunya. Namun, dengan rutin mengonsumsi madu hitam, masalah tersebut akan bisa teratasi. Selain itu, madu juga bisa membantu mengatasi berbagai penyakit lainnya seperti grasitis, tungkak lambung, dan masalah pencernaan yang bisa menghambat kinerja sistem pencernaan.

4. Meningkatkan Stamina

Madu hitam memiliki manfaat, yang bisa membuat tubuh lebih berstamina, ketika menjalani aktivitas sehari-hari. Rutin mengonsumsi madu hitam, dipercaya dapat membuat tubuhmu lebih berstamina, lebih kuat dan lebih sehat dalam menjalani aktivitas sehari-hari.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Di tengah pandemi saat ini, penting sekali untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tujuannya agar kita tidak mudah terserang berbagai macam penyakit. Untuk menjaga agar imun tetap stabil, kamu perlu mengonsumsi madu hitam yang dikenal memiliki kandungan antioksidan flavanoid yang cenderung lebih tinggi dari madu lainnya. Properti antioksidan ini merupakan kunci untuk menjaga sistem imun kamu. Selain itu, madu juga diperkaya dengan kandungan kalsium, zat besi, magnesium, dan lainnya yang dibutuhkan tubuh untuk berfungsi dengan baik. Kekurangan zat tersebut bisa bikin kamu lebih rentan jatuh sakit.

6. Menyembuhkan Gangguan Pernapasan

Madu hitam pahit ini diibaratkan obat antibiotik alami karena sifat bakteriostatik. Sebab, sangat ampuh digunakan untuk penyembuhan infeksi pada gangguan saluran pernapasan, seperti asma. Selain itu, radang tenggorokan dan batuk juga bisa diatasi dengan mengonsumsi madu hitam pahit.

7. Meredakan Gejala Maag

Penyakit maag kerap dialami oleh masyarakat umum. Bisa disebabkan dari minum kopi atau jadwal makan yang tidak teratur, rasa sakit disertai rasa mual tentu sangat menganggu aktivitas. Cobalah mengonsumsi madu hitam untuk mengobati gejala ini. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung atau bisa dicampur dengan teh atau air hangat. Alhasil, rasa nyeri akan perlahan-lahan mereda. Resep ini bisa kamu gunakan untuk gangguan pencernaan lain juga, ya.

8. Aman untuk Penderita Diabetes

Madu yang satu ini kerap digunakan sebagai alternatif gula pasir bagi penderita diabetes. Banyak vitamin, mineral, dan antioksidan yang dimiliki madu hitam dan tidak bisa didapatkan dalam gula pasir. Selain itu, kandungan gula alami pada madu hitam tidak sebanyak madu biasa sehingga lebih efektif menjaga gula darah. Meski aman, penderita diabetes tetap harus berhati-hati terhadap asupannya. Pastikan kamu tidak mengonsumsinya secara berlebihan, ya.

9. Mempercepat Penyembuhan Luka

Manfaat yang berikutnya ini sangat unik, karena dapat mempercepat proses penyembuhan luka pada kulit. Secara tradisional, madu sering dioleskan pada luka bakar. Kandungan anti-bakteri serta asam pH dalam madu ini dipercaya dapat menghilangkan luka secara efektif.

10. Memperkuat Tulang

Selain vitamin D, kamu juga butuh magnesium dan kalsium untuk tulang yang sehat dan kuat. Madu pahit merupakan salah satu makanan dengan sumber magnesium yang tinggi untuk membantu penyerapan kalsium. Dengan begitu, tubuh lebih efektif mencegah penyakit tulang di masa yang akan datang.

11. Menjaga Kesehatan Kulit

Siapa sangka, ternyata madu dengan warna hitam dan rasanya yang pahit ini bisa mempercantik kulit, loh. Vitamin dan mineral dalam madu hitam bisa membuat kulit lebih cerah, lembab, serta mencegah keriput. Umumnya madu ini seringkali digunakan untuk meredakan jerawat akibat bakteri. Kandungan asam laktat dalam madu merupakan obat alami untuk inflamasi kulit sensitif. Kamu bisa mencampurkan satu sendok teh bubuk matcha, satu sendok makan madu hitam, dan satu sendok teh minyak almond untuk membuat masker wajah.

Baca Juga: 12 Manfaat Madu untuk Wajah

Itulah deretan khasiat madu yang baik untuk kesehatan. Nah, bagi kamu yang ingin mengonsumsi nya, kamu bisa mendapatkan madu tersebut di toko-toko obat herbal maupun di toko online kesayanganmu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.