17 Kuliner Khas Hari Kemerdekaan Indonesia

Kuliner Khas Hari Kemerdekaan
tipsperawatancantik.com

Seruni.id – Tepat pada tanggal 17 Agustus, semua warga Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan. Dalam Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Indonesia, biasanya para warga di berbagai daerah akan menyambutnya dengan gembira dan meriah. Mulai dari melaksanakan upacara, syukuran 17 Agustus, menyelenggarakan berbagai macam lomba, dan yang tak boleh kentinggalan adalah menyiapkan berbagai kuliner khas hari kemerdekaan.

Terdapat beberapa jenis makanan yang memang sengaja disiapkan untuk menyambut hari kemerdekaan. Bukan tanpa alasan, kuliner tersebut ternyata mengandung makna tersendiri, loh. Makanya, tak heran jika 17 kuliner berikut ini menjadi menu wajib saat memperingati HUT RI. Dilansir dari berbagai sumber, berikut daftar makanan khas Agustusan:

1. Telok

ourtravelling.com

Mungkin sebagain dari kita belum ada yang tahu, apa sih telok itu? Nah, telok merupakan salah satu kuliner khas hari kemerdekaan yang berasal dari pulau Sumatera, tepatnya di Palembang. Telok biasanya disajikan saat hari kemerdekaan tiba dan sudah menjadi sebuah tradisi yang turun temurun. Telok adalah telur ayam yang direbus selama lima jam bersama dengan rempah-rempah seperti serai, garam, gula merah, dan asam jawa. Makna telok pada hari kemerdekaan sendiri dipercaya akan memberikan pengalaman yang cukup mengesankan.

2. Kue Bambu Runcing

dailymotion.com

Jangan berpikir kalau kue ini benar-benar terbuat dari bambu runcing, ya. Hanya saja, kue ini memang memiliki bentuk yang mirip dengan bambu runcing. Kue ini sebenarnya merupakan sebuah inovasi dari kur dadar gulung. Kue dadar gulung dibentuk menyerupai bambu runcing yang dipadukan dengan santan dan pisang.

Kuliner khas hari kemerdekaan ini awalnya merupakan karya dari sebuah restoran di Purwodadi yang bernama ‘Coco Deluna’. Biasanya kue ini akan dipesan bersamaan dengan jus merah putih. Sehingga benar-benar menggambarkan suasana kemerdekaan.

3. Klepon Merah Putih

today.line.me

Kuliner khas hari kemerdekaan yang berikut ini sebenarnya tidak hadir hanya pada hari-hari tertentu saja, pada hari biasa pun kita masih bisa menemukannya. Namun bedanya, pada saat HUT RI, klepon hadir dengan warna yang berbeda, yaitu merah putih yang menyerupai warna bendera Indonesia. Kue klepon merupakan sebuah penganan tradisional yang berasal dari daerah Jawa Tengah. Biasanya, kue ini berbentuk bulat dan berisikan gula merah.

4. Kerak Telor

sajiansedap.grid.id

Siapa yang tak kenal kerak telor? Kerak telor merupakan makanan asli dari daerah Jakarta, yang dibuat dengan bahan-bahan sederhana. Seperti ketan putih, telur ayam, ebi (udang kering yang diasinkan) bawang merah goreng, lalu ditambahkan bumbu yang dihaluskan berupa kelapa sangrai, cabai merah, kencur, jahe, merica butir, garam dan gula pasir. Kuliner khas Betawi ini kerap disajikan ketika hari kemerdekaan tiba. Tak heran jika di setiap peringatan HUT RI, akan mudah untuk menemukan kerak telor.

5. Puding Merah Putih

lifestyle.okezone.com

Tak hanya klepon, ternyata puding merah putih pun menjadi salah satu penganan khas hari kemerdekaan, loh. Puding ini sengaja dibuat untuk melambangkan bendera Indonesia. Dengan harapan, bisa menambah kecintaan masyarakat Indonesia terhadap tanah airnya.

6. Ayam Betutu

suara.com

Ayam betutu merupakan makanan khas dari Bali. Ayam betutu sebenarnya terbuat dari ayam yang diisi dengan bumbu yang dipanggang di dalam api sekam. Di Bali, kuliner ini menjadi salah satu makanan yang wajib disajikan saat merayakan hari-hari penting, seperti menyambut kemerdekaan misalnya.

7. Nasi Jagung

sajiansedap.grid.id

Nasi jagung merupakan makanan olahan antara nasi dan jagung. Hal ini dikarenakan jagung juga salah satu makanan yang melimpah ruah untuk dijadikan panganan. Sedangkan beras atau nasi merupakan bahan makanan yang sulit didapatkan.

Sehingga, para rakyat di Madura menjadikan jagung sebagai bahan makanan yang dicampur dengan nasi. Makanan yang mengandung protein dan sumber energi protein ini yang menjadi makanan para pejuang di tanah Madura silam. Maka tak heran jika penganan ini menjadi salah satu kuliner khas hari kemerdekaan.

8. Nasi Kendil

yopiefranz.com

Pernahkah kamu mendengar atau melihat nasi kendil ini? Nasi kendil adalah kuliner khas hari kemerdekaan yang di masak di dalam kendil yang terbuat dari tanah liat. Cara membuatnya pun cukup mudah, hanya perlu memasak nasi dengan campuran satan. Kemudian, ditambahkan lauk pauk sesuai selera. Untuk mempertahankan aroma dan tingkat kelezatan, biasanya nasi kendil disajikan dalam keadaan panas bersama dengan kendilnya.

9. Nasi Tutug Oncom

food.detik.com

Berikutnya ada nasi tutug oncom, penganan ini adalah khas dari Sunda yang biasanya dihidangkan saat perayaan pesta. Selain itu, nasi tutug oncom kerap disajikan dalam menyambut HUT RI. Makanan ini dibuat dengan mencampurkan nasi dengan oncom hitam, bawang putih, kencur dan cabai. Biasanya, nasi ini paling cocok jika dihidangkan bersama ayam goreng. Apalagi, nasi tutug ocom memiliki cita rasa yang gurih.

10. Nasi Tumpeng

bali-travellnews.com

Nah, kalau nasi yang satu ini tentunya sudah pada tahu dong? Sama seperti nasi tutug oncom, nasi tumpeng pun kerap disajikan saat merayakan pesta baik ulang tahun maupun saat menyambut HUT RI. Biasanya nasi tumpeng yang dibuat untuk perayaan ulang tahun pada umumnya adalah berwarna kuning.

Namun, khusus menyambut perayaan hari kemerdekaan, nasi tumpeng tersebut dibuat dengan warna merah dan putih. Warna merah pada bagian atas dan putih dibagian bawah, menyerupai warna bendera pusaka Indonesia. Nasi tumpeng khas kemerdekaan ini tetap memiliki bentuk dan lauk yang sama, loh.

11. Rujak Nestepa

kumparan.com

Kamu pasti sangat asing dengan nama makanan satu ini. Rujak Natsepa adalah makanan khas Ambon atau lebih tepatnya rujak khas Ambon. Kamu wajib mencoba makanan satu ini. Ini disebabkan rujak ini memiliki cita rasa yang unik. Ada rasa manis, asam dan pedas yang tercampur menjadi satu. Kamu akan lebih mudah menemukan Rujak Natsepa saat menjelang hari kemerdekaan Indonesia. Ini dikarenakan makanan ini akan merajalela di pasaran.

12. Carabikang

sajiansedap.grid.id

Carabikang adalah makanan khas Jawa Tengah dengan bentuk seperti serabi berwarna-warni. Carabikang berbahan dasar tepung beras dengan rasa manis yang khas. Makanan ini merupakan camilan khas yang kerap disajikan saat perayaan hari kemerdekaan RI.

13. Kerabu Betik

parenting.orami.co.id

Kerabu betik adalah urap yang menjadi makana khas dari Malaysia. Kerabu betik menggunakan bahan dasar pepaya muda dengan campuran rempah-rempah rasa gurih dan pedas. Kerabu betik juga terkadang menggunakan bahan lain seperti jantung pisang, pucuk pakis atau sayuran lainnya.

14. Ketan Sumpit

food.detik.com

Ketan sumpit adalah makanan yang memiliki tekstur seperti lemper. Namun bedanya, makanan ini dijempit dengan sumpit. Ketan sumpit juga biasanya disajikan bersama dengan telok. Sehingga bukan hal yang aneh, jika makanan ini marak ditemukan saat menjelang hari ulang tahun kemerdekaan.

15. Ayam Tuturaga

cookpad.com

Makanan khas kemerdekaan berikutnya adalah ayam tuturaga. Kuliner yang satu ini berasal dari Manado dengan cita rasa yang pedas. Biasanya, makanan ini disajikan saat musim penghujan untuk menghangatkan tubuh. Awalnya, tuturaga merupakan kuliner yang berbahan dasar penyu, loh. Namun, semenjak penyu ditetapkan sebagai hewan yang dilindungi, bahan dasar tuturaga akhirnya diganti menggunakan daging ayam.

16. Bandros

tambo.co.id

Bandros adalah makanan dengan bahan dasar campuran tepung beras, kelapa parut dan juga santan. Kuliner ini berasal dari daerah Jawa Barat yang dihidangkan dengan taburan gula pasir. Sangat nikamt jika disajikan hangat-hangat sebagai teman ngopi pun ngeteh. Pedagang bandros hampir tak pernah absen saat perayaan 17 Agustusan. Tak heran, jika bandros selalu menjadi kuliner wajib saat hari kemerdekaan.

17. Soto Tangkar

google.com

Kuliner khas hari kemerdekaan yang terakhir adalah soto tangkar. Soto tangkar merupakan menu makanan khas Betawi yang terbuat dari olahan jeroan sapi. Meskipun begitu, rasa dari menu makanan yang satu ini sangat lezat. Perlu kamu tahu nih, bahwa pada zaman penjajahan Belnda dulu, para penjajah hanya akan menyantap bagian daging sapi saja.

Sehingga, bagian lain yang tidak dikonsumsi diberikan kepada rakyat. Nah, dari olahan tersebut, maka dibuatlah menu makanan berupa soto tangkat, yang bahkan juga disukai oleh para penjajah di zaman dahulu.

Itulah 17 kuliner khas hari kemerdekaan yang cocok dihidangkan saat dihidangkan pada perayaan HUT RI. Dari beberapa menu di atas, makanan mana yang sesuai dengan selera-mu?

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.