Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Biji Selasih
satujam.com

Seruni.id – Biji selasih dikenal sebagai salah satu pelengkap dalam sajian es buah ataupun es campur. Selasih sendiri berasal dari biji tanaman kemangi yang dijemur hingga benar-benar kering, biji selasih menghasilkan tekstur yang unik dan akan membuat minuman bertambah lezat. Meskipun memiliki bentuk yang kecil mungil, namun manfaat biji selasih untuk kesehatan sangatlah banyak, loh.

Manfaat Biji Selasih untuk Kesehatan Tubuh
manfaat bii selasih

Dalam biji selasih terkandung antiokasidan tinggi yang berfungsi mengontrol diabetes serta baik bagi kesehatan kulit. Nah, penasaran kan manfaat apalagi yang tersembunyi di balik mungilnya biji selasih?

1. Menyembuhkan Sakit Kepala

Bukan hanya enak, biji selasih ternyata bisa menyembuhkan sakit kepala, loh. Jadi, untuk kamu yang sering merasakan sakit kepala, kamu bisa memanfaatkan biji selasih sebagai obat untuk menyembuhkannya. Caranya gimana sih? Mudah kok, hanya tinggal merebus biji selasih bersamaan dengan jahe dan buah angco. Dan minum ketika kamu sedang merasakan sakit kepala.

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Memiliki jantung yang sehat tentu diharapkan semua orang. Sebab, jantung merupakan pusat pemompa darah. Tahukah kamu, bahwa biji selasih memiliki kandungan serat yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung.

Serat yang ada di dalam tubuh akan menyerap lemak berlebihan dan kolesterol yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Jika kamu mengonsumsi makanan berserat seperti oatmeal dan biji selasih, maka akan membuat kolesterol baik meningat dan risiko gangguan pada jantung pun tidak akan terjadi.

3. Mengontrol Bobot Tubuh

Biji selasih kaya akan kandungan serat pangan yang dapat membantu melancarkan saluran pencernaan. Dengan mengomsumsinya, kamu akan mendapatkan manfaat biji selasih yaitu membuat perut terasa kenyang lebih lama, sehingga berat badan akan lebih mudah dikontrol.

Di dalam biji selasih, juga terkandung asam lemak Omega-3 bernama alpha linolenic acid (ALA) yang termasuk ke dalam lemak tak jenuh. Kandungan lemak tak jenuh ini akan mempercepat pembakaran lemak serta melancarkan metabolisme di dalam tubuh.

4. Melembabkan Kulit Wajah

Selain baik untuk kesehatan tubuh, biji selasih juga bermanfaat untuk kecantikan wajah, loh. Jika kamu memiliki kulit yang kering dan kasar, kamu dapat melembabkannya dengan menggunakan biji selasih. Kamu hanya tinggal mengahaluskan biji selasih, kemudian di rebus dengan air secukupnya. Setelah dingin, aplikasikan biji selasih sebagai lulur wajah. Dijamin seketika wajahmu akan terlihat lembab dan halus, loh.

5. Meredakan Mual dan Kembung

Mual dan kembung seringkali membuat kita tidak nyaman, biasanya kembung atau begah terjadi usai menyantap makanan pedas ataupun berlemak. Solusinya gimana sih agar tidak mudah mual ataupun kembung? Gampang banget, loh.

Hanya tinggal memanfaatkan biji selasih, rasa tak nyaman di perutmu akan hilang seketika. Selain mendinginkan perut, antioksidan di dalam biji selasih juga akan mempercepat proses detoks serta membersihkan perut. Kandungan minyak volatile di dalam selasih juga berfungsi melepas gas penyebab perut kembung dan begah.

6. Menjaga Kesehatan Mata

Siapa sangka, manfaat biji selasih ternyata bisa menjaga kesehatan mata. Biji selasih mengandung vitamin A dalam jumlah yang besar. Maka dari itu, jika kamu memiliki gangguan pada mata, atau tingkat stress oksidatif tinggi, disarankan untuk mengonsumsi biji selasih. Vitamin A di biji selasih mempunyai peran penting sebagai antioksidan kuat di retina, dan mencegah perkembangan katarak serta memperlambat tumbulnya degenerasi makula.

7. Menurunkan Kadar Gula dalam Darah

Biji selasih mampu mengontrol konersi karbohidrat dalam tubuh menjadi glukosa, sehingga manfaat inilah yang dapat menjadikan biji selasih aman dikonsumsi penderita diabetes tipe 2.

8. Sebagai Obat Batuk dan Flu

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, biji selasih mengandung antioksidan flavonoid berupa vicenim, orientin, dan beta karoten yang berfungsi sebagai benteng pertahanan akan berbagai jenis virus dan bakteri. Tak hanya itu saja, sifat antispasmodik pada biji selasih juga bermanfaat untuk meredakan batuk yang membandel, loh.

9. Menjaga Kesehatan Kulit dan Rambut

Ingin miliki kulit dan rambut yang sehat? Biji selasih adalah solusinya. Dengan mengonsumsi biji selasih secara teratur, akan membantu meningkatkan pembentukan kolagen di dalam tubuh yang akan melembabkan kulit.

Untuk menggunakan biji selasih, tak hanya dikonsumsi saja kok, menggunakan campuran minyak kelapa dan biji selasih tumbuk yang kaya akan protein, zat besi, dan vitamin K sebagai masker rambut dapat memperkuat serta mempercepat pertumbuhan rambut.

10. Mendinginkan Tubuh

Biji selasih sering dipadukan bersama minuman dingin sebagai pelepas dahaga. Tak hanya membuat tampilan mimun menjadi menarik, ternyata biji selasih memiliki kemampuan untuk menurunkan suhu tubuh. Kandungan coolant di dalam biji selasih berfungsi sebagai ramuan pereda panas tenggorokan bahkan meredakan demam.

Jadi, ketika suhu tubuhmu mulai panas, cobalah untuk mengonsumsi biji selasih. Mengkonsumsi biji selasih bukan hanya berpengaruh pada kesehatan tubuh saja, tetapi juga dapat mencegah radang.

11. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tubuh kita sangat membutuhkan antioksidan dari makanan untuk menguatkan imunitas . Salah satu antioksidan yang dibutuhkan oleh tubuh adalah jenis pelifenol. Zat inilah yang terdapat di dalam biji selasih.

Dengan secara rutin mengonsumsi selasih, sebagai supelmen atau pun makanan, dapat meningkatkan daya tahun tubuh dengan sendirinya. Daya tahan tubuh yang meningkat tentunya akan membuat tubuhmu jarang jatuh sakit.

12. Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Manfaat biji selasih yang terakhir adalah dapat menjaga kesehatan gigi ataupun tulang. Kamu bisa mengonsumsi biji selasih kering untuk mendapatkan suplai mineral yang bermanfaat bagi tubuh. Mineral yang disuplai ke tubuh yakni zat besi, kalsium, dan magnesium. Setiap harinya, tiga nutrisi itu sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

Manfaat kandungan zat besi di dalam biji selasih untuk sel darah merah yang mengedarkan oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh. Selain itu, kandungan kalsium dan magnesium di biji selasih baik untuk kesehatan tulang dan gigi khususnya mereka yang sudah lanjut usia.

Yuk sama-sama manfaatkan biji selasih untuk kesehatan tubuh kita. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.