100 Contoh Ucapan Turut Berduka Cita dalam Agama Islam yang Baik dan Benar

  • Bagikan
32 Contoh Ucapan Turut Berduka Cita dalam Agama Islam yang Baik dan Benar
gambar ucapan duka cita

Seruni.id – Ucapan belasungkawa atau ucapan turut berduka cita biasanya ditunjukan kepada keluarga atau kerabat yang sedang tertimpa musibah baik bencana pun meninggal dunia. Dengan memberikan ucapan belasungkawa, merupakan salah satu bentuk kepedulian kita kepada mereka agar yang ditinggalkan dapat diberi kesabaran serta ketabahan atas musibah yang menimpanya.

gambar ucapan belasungkawa

Ucapan tersebut juga bisa diselipkan doa agar yang meninggalkan dapat tenang di alam sana. Hal ini juga bisa sebagai bentuk penghibur demi mengurangi kesedihan keluarga yang ditinggalkan. Kali ini Seruni akan membagikan beberapa contoh ucapan turut berduka cita dalam agama Islam yang baik dan benar.

Ucapan Duka Cita Islam Sesuai Sunnah

Kematian menjadi hal yang sangat sensitif bagi kebanyakan orang. Sehingga, kita harus berhati-hati dalam berucap ketika mendapatkan kabar duka. Agar tidak menyinggung pihak keluarga yang sedang berduka, ada baiknya untuk memberikan ucapan duka cita Islam sesuai sunnah, sebagai berikut:

إِنَّا لِلهِ وَإِنَّا إِلَيْهِ رَاجِعُوْنَ، وَإِنَّا إِلَى رَبِّنَا لَمُنْقَلِبُوْنَ، اللهم اكْتُبْهُ عِنْدَكَ فِي المُحْسِنِيْنَ، وَاجْعَلْ كِتَابَه فِي عِلِّيِّيْنَ، وَاخْلُفْهُ فِي أَهْلِهِ فِي الغَابِرِيْنَ، وَلاَتَحْرِمنَا أَجْرَهُ وَلاَ تَفْتِنَّا بَعْدَهُ

1. “Innalillahi wa inna ilaihi raaji’un, wa inna ilaa rabbina lamunqalibuun, allahummaktubhu ‘indaka fiil muhsinin, waj’al kitaabahu fii ‘illiyyiin, wakhlufhu fii ahlihi fil ghaabirin, wa laa tahrimnaa ajrohu walaa taftinnaa ba’dahu.”

Artinya: “Sesungguhnya kami milik Allah dan kepada-Nya lah kami kembali. Dan sesungguhnya kepada tuhan kamilah kami kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk golongan orang-orang yang baik. Jadikanlah catatannya di ‘illiyyin. Gantilah ia di keluarganya dari orang-orang yang menginggalkan. Janganlah engkau haramkan bagi kami pahalanya dan janganlah Engkau beri fitnah kepada kami sesudahnya.”

2. “Hakekatnya hak Allah untuk mengambil sesuatu dan memberi sesuatu kepada umatnya, segala sesuatu yang ada di sisinya dibatasi oleh ajal. Oleh sebab itu bersabarlah karena kepergiannya, dan carilah ridha Allah yang sebesar-besarnya.”

3. “Ya Allah, hamba mohon ampunilah almarhum, angkatlah derajatnya bersama dengan orang-orang yang memberi petunjuk. Berilah penggantinya terhadap orang-orang yang ditinggalkan sesudahnya. Ampunilah dosa-dosa kami dan juga dia wahai Tuhan kami pemilik pengampunan, seru sekalian alam, lebarkanlah kubrunya dan berikan penerangan di dalam kuburnya. Aamiin.”

4. “Ya Allah, ampunilah dia dari dosa-dosanya dan berilah rahmat kepadanya, selamatkanlah dia dari beberapa hal yang tidak ia sukai di alam sana. Maafkanlah ia dari kesalahan-kesalahannya dan tempatkan ia di tempat yang terbaik, dan juga mulia yaitu surga-Mu. Luaskan pada kuburnya dan mendikan ia dengan air susu salju dan air es. Bersihkan dia dari segala kesalahan yang telah dilakukannya semasa hidup. Aamiin.”

5. “Innalillahi wa inna ilaihi roji’un. Semoga almarhum diterima di sisi Allah SWT, diterima semua amal baiknya dan diampuni segala dosanya. Aamiin.”

6. “Sesungguhnya kami adalah milik Allah dan kepada-Nya-lah kami kembali. Turut berduka cita, semoga amal ibadahnya diterima di sisi Allah SWT. Dan mereka yang ditinggalkan dapat diberikan ketabahan dan keikhlasan. Aamiin.”

Baca Juga : Kumpulan Doa untuk Orang yang Sudah Meninggal Dunia

Ucapan Turut Berduka Cita Islam untuk Keluarga atau Kerabat

Di saat ada kerabat atau keluarga ada yang meninggal dunia, tentu kita tidak mengabaikannya begitu saja. Setidaknya ada ucapan turut berduka cita Islam untuk keluarga atau kerabat tersebut. Tujuannya untuk menguatkan mereka. Adapun contohnya sebagai berikut:

7. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka cita. Segala sesuatu yang bernyawa sudah Allah tetapkan batas waktunya kapan ia akan kembali menghadap sang pencipta. Maka, bersabarlah atas apa yang menimpamu saat ini. Percayalah, di balik ini semua pasti akan ada hikmahnya”

8. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Saya dan keluarga turut berduka cita. Semoga keluarga yang ditinggalkan Allah berikan ketabahan. Percayalah, Allah pasti akan mempertemukan kalian kembali di surga kelak.”

9. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Dari hati yang paling dalam, kami dan keluarga turut berduka cita atas meninggalnya almarhum. Semoga Allah menempatkannya di tempat yang paling indah bersama dengan orang-orang beriman, dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima cobaan ini. Aamiin ya rabbal’alamin.”

10. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut beduka cita yang sedalam-dalamnya. Semoga almarhum diampuni segala kesalahan dan diterima segala amal ibadahnya oleh Allah SWT.”

11. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Turut berduka atas yang telah terjadi, berhadap yang terbaik dan semoga engkau kuat untuk menjalani semua ini. Kami sekeluarga besar turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya.”

12. “Kepergian almarhum adalah takdir yang telah Allah gariskan. Keluarga kami turut berbelasungkawa sedalam-dalamnya. Semoga almarhum dilapangkan kuburnya dan berat timbangan amal baiknya kelak. Semoga kamu tabah dan kuat dalam menjalani ini, ya.”

13. “Semoga kuburnya diterangkan, ibadahnya diterima, dosanya terampuni, dan kebaikannya diteladani. Ia Allah panggil lebih dulu, karena Allah menyayanginya. Rasa belasungkawa kami sungguh tak sebanding dengan cinta-Nya.”

14. “Kami yakin kalau Allah SWT tidak akan pernah memberi ujian di luar batas kemampuan hamba-Nya, maka kamu harus merasa tegar.

15. “Kami turut berduka atas kepergiannya. Semoga wafatnya ia menjadikan kalian lebih kuat menjalani hidup, tidak memupuskan persaudaraan dan kekeluargaan, serta meningkatkan amal baik sebagai bekal menunggu kematian.”

16. “Yang lahir akan mati, tetapi yang tak ada bukan berarti dilupakan. Kami rela melepas keluarga kami yang kami sayangi untuk menghadap kepada Allah SWT. Semoga ia dilapangkan kuburnya dan diampuni segala dosanya. Aamiin.”

17. “Jangan bersedih, semua akan berkumpul kembali di akhir zaman nanti. Harus yakin bahwa Allah SWT akan mempertemukan kita dengan saudara yang lain setelah tiba waktunya.”

18. “Sesungguhnya ia adalah milik Allah dan kepada-Nya lah ia akan kembali. Ya Allah, tuliskanlah ia di sisi-Mu termasuk ke dalam golongan orang-orang baik. Dan jadikanlah catatannya di ‘illiyyin.”

19. “Semoga kita semua bisa mengambil tauladan pada kebaikan yang telah almarhum lakukan selama hidupnya. Kita simpan saja semua keburukan almarhum semasa hidup, dan tak perlu mengungkitnya kembali.”

20. “Allah SWT tidak akan memberi cobaan di luar batas kemampuan kita sebagai manusia. Maka, tetaplah tegar atas kepergiannya karena semuanya akan indah pada waktunya.”

Baca Juga : 5 Tips Mengatasi Tekanan Psikis Pasca Orang yang Dicintai Meninggal Dunia

Ucapan Belasungkawa untuk Teman

Dalam kondisi sedih karena kehilangan orang terdekat, tentunya seseorang membutuhkan orang lain untuk memberinya kekuatan, baik dari segi tindakan pun ucapan. Meskipun tak semua orang bisa menguatkan dalam kondisi seperti ini. Setidaknya orang tersebut akan merasa lega ketika ada kata-kata baik yang disampaikan. Nah, bagi kamu yang ingin memberikan ucapan turu berduka cita kepada teman, berikut Seruni berikan contohnya:

21. “Selamat jalan teman baikku, mudah-mudahan engkau mendapatkan tempat terindah disisi-Nya, yaitu di surga-Nya yang sangat indah. Aamiin ya rabbal’alamin.”

22. “Temanku, kepulanganmu menuju sang pencipta sungguh terasa begitu cepat, kebersamaan yang telah kita lalui bersama, kini yang tinggal hanyalah kenangan. Mudah-mudahan segala amal ibadahmu diterima oleh-Nya. Aamiin.”

23. “Tak terasa air mataku mengalir begitu deras saat kepergiamu. Sungguh aku sangat kehilangamu, engkaulah sahabat terbaikku. Selamat jalan sahabat, semoga amal baikmu menjadi penerang di alam kuburmu. Aamiin.”

24. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Kepulanganmu begitu cepat kepada Sang Khalik. Semua kenangan tentangmu akan selalu aku ingat hingga habis usiaku. Di sini aku hanya dapat mendoakanmu agar segala amal baikmu diterima dan semua kesalahanmu diampuni oleh Allah.”

25. “Sahabat terbaikku, kepulanganmu menuju Sang Pencipta sungguh terasa sangat cepat. Kini, kebersamaan yang pernah kita lalui hanyalah tinggal kenangan yang manis. Semoga seluruh amal perbuatanmu diterima oleh-Nya.”

26. “Percayalah, semua cobaan yang Allah beri adalah kulit dari sebuah hikmah kehidupan. Kita boleh bersedih atas semua cobaan tersebut. Namun, kesedian tidak bisa merubah keadaan menjadi lebih baik dan tidak akan membuat sahabat terbaikmu kembali lagi.”

27. “Sahabat yang lebih dulu pergi, akan sedih jika kita bersedih atas kepergiannya. Maka, marilah sama-sama kita panjatkan doa bersama, semoga almarhum dilancarkan untuk menuju jannah-Nya.”

28. “Ya Allah, ampunilah ia dan berilah rahmat kepadanya, selamatkan ia dari beberapa hal yang ia tidak sukai di alam sana. Maafkanlah ia dan tempatkanlah di tempat terbaik. Lapangkan kuburnya dan mandikan ia dengan air salju dan air es. Bersihkanlah ia dari segala kesalahan yang ia perbuat.”

29. “Semua ini adalah rencana baik-Nya, dan kita harus menerima kepergiannya dengan ketabahan dan hati yang lapang.”

30. “Jika hari kemarin adalah sebuah hujan, maka esok hari Tuhan selalu menjanjikan kesuburan dan kebahagiaan di atas tanah yang dihujani-Nya. Maka bersabarlah.”

31. “Selamat jalan teman sejatiku, aku temanmu hanya bisa mendoakanmu dari sini. Semoga segala doa yang kulayangkan untukmu didengar oleh-Nya. Semoga Allah SWT menempatkanmu di tempat yang paling baik.”

32. “Terima kasih teman, kini kau sudah kembali pada Sang Pencipta. Hanya satu hal yang bisa kulakukan untukmu, yaitu berdoa sekaligus mengenangmu.”

33. “Selamat tinggal, temanku. Aku tak akan pernah bisa melupakan kenangan tentang kita, dan semua hal yang pernah kita lalui bersama. Selamat jalan, temanku. Doaku akan selalu menyertaimu, semoga Allah SWT selalu menjamu dari sana.”

34. “Tak rela raasanya harus mengucapkan belasungkawa kepada temanku sendiri yang kini meninggalkanku selamanya. Hanya ratapan kenangan bersamamu yang kudapat dari kepergianmu. Semoga engkau selalu bahagia di sana dan semoga engkau tak meluakan semua kenangan yang pernah kita lalui bersama.”

Ucapan Turut Berduka Cita Islami yang Memotivasi

Tak ada satupun orang yang menginginkan perpisahan, apalagi untuk selamanya. Sedih, hampa, sakit, kesepian, dan rasa kehilangan pasti bercampur aduk menjadi satu, membuat air mata jadi satu-satunya bahasa yang bisa mengungkapkan. Bagi kamu yang terkadang masih bingung ingin memberikan ucapan turut berduka cita yang memotivasi, berikut ada beberapa contohnya.

35. “Kehilangan seseorang untuk selamanya bukanlah suatu hal yang mudah, berat rasanya, sangat terpukul. Namun, tak ada jalan yang lebih baik selain mengikhlaskannya. Jika kita ikhlas, maka almarhum akan lebih tenang di alam sana. Sesungguhnya kita semua milik Allah dan hanya kepada-Nya lah kita akan kembali berpulang.”

36. “Aku turut merasakan kesedihan yang engkau rasakan. Tapi ingatlah, bahwa semua ini adalah cobaan yang sedang dilimpahkan oleh Allah kepada hamba-Nya yang kuat. Namun, kesedihan yang datang ini, pasti memiliki makna dan percayalah bahwa Allah selalu memberikan jalan terbaik kepadamu.”

37. “Sesungguhnya Allah memiliki hak untuk memberi dan mengambil sesutau dari hamba-Nya. Sebab, segala sesuatu tersebut hanyalah sebuah titipan. Semoga engkau diberikan kesabaran dan ketabahan atas kepergian almarhum. Doakan agar dapat dipertemukan kembali di surga-Nya kelak. Aamiin.”

38. “Aku sungguh sedih mendengar kabar kehilanganmu. Aku akan berdoa agar kamu sekeluarga diberikan kekuatan dan ketabaha. Turut beduka cita sedalam-dalamnya, ya.”

39. “Aku baru saja mendengar kabar duka tentang (orangtua/sahabat/keluarga/pasangan)mu hari ini. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kekuatan dan penghiburan untukmu dan keluarga. Aku sungguh berduka cita sedalam-dalamnya.”

40. “Kamu harus tahu, bahwa ini adalah musibah yang tidak bisa kita hindari, tapi jangan lupa, ketika Tuhan menciptakan masalah, maka ada solusinya. Untuk masalah ini, hanya satu jalan keluarnya, tabar, sabar, dan menerima dengan ikhlas. Berdoalah agar kamu semakin kuat, dan yang pergi tenang di sana.”

41. “Jika kamu tahu, kelahiran manusia adalah di bawah kuasa Tuhan, pun dengan kematian semuanya kehendak-Nya. Kita hanyalah sebagai pelaku, yang mengalami, dan harus menerima garis takdir Tuhan. Sekarang kamu kehilangan orang tercinta, ditinggalkan untuk selamanya, aku tahu kamu terpuruk.”

42. “Mungkin hari ini air mata tak ada hentinya, tapi besok atau suatu hari nanti, kamu akan mendapatkan obat dari Tuhan yang lebih baik. Kesedihanmu akan sirna, mantapkan hatimu, sabar, dan ikhlas, di sini aku turut berduka cita.”

44. “Ingatlah, akan ada hari yang lebih baik setelah badai, karena setelahnya akan ada pelangi. Itu yang harus kamu pegang, memang sekarang raganya sudah tidak bisa hidup, tapi jiwanya masih ada. Dan namanya pun masih terukir dalam lubuk hati. Serta kenangannya masih tersimpan baik di memori. Jangan takut rindu, putar segala memori indah ketika rasa itu datang.”

45. “Tapi ingatlah, bahwa yang meninggalkanmu tak akan merasa bahagia jika kamu terus terpuruk. Mulai sekarang bangkitlah, berdiri dengan tegak dan kuat, tundukkan kepalamu, berdoalah kepada Tuhan. Doakan yang pergi dan dirimu sendiri, aku turut “

Ucapan Belasungkawa Singkat

Tak perlu banyak kata untuk memberikan ucapan turut berduka cita kepada mereka yang sedang berduka. Ucapan belasungkawa singat saja sudah membuat mereka merasa tenang, kok. Kamu bisa melihat contohnya seperti di bawah ini, ya.

46. “Aku turut berduka cita atas kehilangan yang telah minimpamu hari ini. Sungguh tak ada yang bisa saya katakan lagi. Saya sangat berduka cita atas semua ini, kamu akan sangat saya rindukan. Kami selalu mendoakanmu di alam sana wahai sahabatku.”

47. “Saya turut berduka cita atas meninggalnya keluargamu, mudah-mudahn kamu dan keluarga mendapatkan ketabahan atas kejadian ini.”

48. “Yang telah berlalu biarlah berlalu, yang bisa kita lakukan saat ini adalah mendoakannya agar beliau yang telah berpulang menghadap Sang Khalik tenang di alam sana.”

49. “Aku turut berduka cita atas meninggalnya (tulis namanya), semoga kamu dan keluarga mendapatkan ketabahan atas kejadian ini.”

50. “Saya turut berduka cita, sungguh tak ada yang bisa saya katakan lagi.”

51. “Kami selalu mendoakannya dari sini, semoga ia tenang di alam sana.”

52. “Semua adalah rencana baik Tuhan, dan kita harus menerimanya dengan ketabahan dan hati yang lapang.”

53. “Hanya doa yang bisa kita panjatkan sekarang, semoga semua kebaikannya diterima di sisi-Nya.”

54. “Selamat jalan wahai saudara terbaikku, di sini aku hanya bisa memanjatkan doa terbaik untukmu di sana.”

55. “Semoga segala doaku ini Allah ridhoi. Dan engkau di tempatkan di tempat terbaik-Nya.”

56. “Bersabarlah, karena semua pasti ada buah yang sangat berharga di balik kejadian ini.

Ucapan Belasungkawa untuk Tetangga

Tetangga merupakan orang terdekat kita setelah keluarga. Jika ada tetangga yang meninggal dunia, tentu kesedihan dan kepedihan akan kita rasakan. Untuk menguatkan keluarga tetangga, kita perlu memberikan mereka ucapan turut berduka cita seperti berikut ini.

57. “Segala mahkluk yang bernyawa akan Allah tetapkan batas waktunya, maka bersabarlah atas segala kejadian yang kini menimpamu. Yakinilah pasti Allah telah menyelipkan hikmak dibalik rasa sedih dan duka. Turut serta berduka cita atas meninggalnnya (sebutkan namanya), mudah-mudahan keluarga yang telah ditinggalkan diberi ketabahan.”

58. “Saya turut berduka cita atas kepergian (sebutkan namanya), mudah-mudahan ia diberikan tempat terbaik di sisi Allah. Mudah-mudahan engkau dan keluarga yang kini telah ditinggalkan diberi kesabaran dalam menerima musibah ini. innallaha ma’ashobirin, percayalah sesungguhnya Allah selalu bersama dengan orang-orang yang sabar dan bertaqwa.”

59. “Tabahakan lah hati mu saudaraku, aku tahu ini menjadi hal yang sangat berat bagimu dan seluruh keluargamu. Tapi janganlah berlarut-larut dalam tangismu, ingatlah apa yang selalu diucapkan Rasulullah yang isi pesannya yaitu sesungguhnya mayat itu disiksa karena tangisan dari keluarganya. Yang tidak bisa mengikhlaskan kepergiannya, maka ikhlaskanlah ia yang telah pergi agar iya bisa tenang di alam sana.”

60. “Kami atas nama keluarga besar turu berduka cita yang sedalam-dalamnya atas meninggalnya (tulis namnya). Kami harap, kamu selalu bersabar dan tabah dalam menghadapi kepergiannya. Ingatlah selalu ayat Al-Qur’an yang berbunyi ‘Kullu nafsin dzaiqotul maut’. Semoga dengan mengingat ayat tersebut, kamu bisa merelakan kepergiannya.”

61. “Tetesan air mata dari hati tidak akan pernah mampu mengembalikan seseorang yang telah pergi untuk selamanya. Maka dari itu, tetap tegar dan anggaplah kepergian tersebut sebagai pengingat bahwa kita hanyalah manusia biasa yang juga akan menghadapi kematian.”

62. “Mendengar berita yang sangat sedih ini, sebagai tetangga saya merasa sangat terpukul atas meninggalnya almarhum (tulis namanya). Semoga keluarga yang ditinggalkan dapat diberikan ketabahan dan tidak mengurangi rasa kebahagiaan pada keluarga setiap harinya.”

63. “Saya sangat sedih ketika mendapatkan kabar bahwa (tulis namanya) meninggal dunia. Saya hanya bisa memanjatkan doa, semoga almarhum meninggal dalam keadaan husnul khotimah, dilapangkan kuburnya, dan Allah senantiasa mengampuni segala dosanya.”

64. “Selamat jalan tetangga terbaikku, semoga Allah SWT menerima segala amal perbuatanmu dan menempatkanmu di jannah-Nya.”

65. “Dalam khusyuku, aku selalu berdoa semoga kepergianmu diterima di sisi-Nya, wahai tetangga terbaikku.”

Ucapan Duka Cita untuk Guru

Seorang guru yang meninggal dunia, raganya memang tidak bisa kita lihat lagi. Namun, kebaikannya akan sangat terasa, bahkan tak pernah putus. Sebab, mereka telah memberikan ilmu kepada murid-muridnya, kemudian murid tersebut mengamalkan ilmu yang telah diberikan oleh sang guru.

Begitulah terus ilmunya mengalir tiada akhir. Maka tidak heran meninggalnya seorang guru memberikan duka yang dalam tidak hanya bagi keluarganya tetapi juga para murid yang didiknya. Untuk itu sudah selayaknya jika seorang murid memberikan sebuah ucapan belasungkawa untuk guru yang meninggal dunia.

66. “Dirimu takkan pernah terdua sampai kapanpun, pengabdianmu sebagai seorang guru sangat berarti. Nasihat dan saran mu selalu mengiringi langkah kami dan kemanapun aku melangkahkan kaki. Engkau telah selayaknya cahaya yang selalu menerangi langkah kami di dalam kegelapan.”

67. “Kau membagikan ilmu yang sangat berguna, yang bisa kujadikan bekal ketika dewasa kalak. Namun, sayangnya disaat ini engakau telah tiada dan kepergianmu meninggalkan luka yang mendalam bagi kita semua. Setiap tetesan air mata kami mengiringi kepergianmu, aku hanya bisa berdoa agar Tuhan membukakan jalanmu ke surga.”

68. “Telah sedemikian lama rasanya kita menghabiskan waktu bersama, ikatan guru dan murid seperti ikatan keluarga. Kenangan terindah semasa kau mendidik kami tak akan pernah aku lupakan seumur hidupku. Jasamu juga akan selalu aku kenang dalam bennak ku, selamat jalan guruku tersayang mudah-mudahan Tuhan selalu menjamu di alam sana.”

69. “Tiada banyak kata-kata yang dapat kami lontarkan kepadamu selain perkataan terima kasih yang sebesar-besarnya, kepada engkau guruku. Terima kasih atas segala ilmu yang telah kalian salurkan kepada kami selama ini. Kini kami hanya dapat ucapkan selamat jalan dan selamat tinggal, mudah-mudahan amal kebaikanmu diterima oleh Allah SWT.”

70. “Engkau merupakan seorang guru yang sangat berjasa, engkau sebagai penunjuk arah yang tepat dalam hidup kami, engkau juga seorang pemimpin yang berarti di hidup kami. Beribu-ribu perkataan terima kasih kami padamu rasanya tak pernah cukup. Selamat tinggal guruku, mudah-mudahan Allah senantiasa menerimamu di sisiNya dan mudah-mudahan Allah selalu menjagamu di alam sana.”

71. “Tak ada pemberian yang paling berharga dalam hidup ini selain ilmu yang bermanfaat. Selamat jalan guruku, semoga engkau selalu tenang dan bahagia di alam sana dan semoga Allah mengampuni segala dosa-dosamu.”

72. “Jika tak ada guru, maka semua orang di dunia ini hanyalah orang bodoh dan primitive. Jasamu sungguh berguna dalam hidup kami. Selamat jalan, guruku. Hanya kenangan yang akan menghubungkan kami dengan engkau di alam yang berbeda.”

73. “Engkau bagaikan lilin yang selalu menerangi jalan kami yang gelap, kami selalu berdoa untukmu, semoga seluruh usahamu selalu menjadi amalan yang berguna. Selamat tinggal guru tersayang. Semoga Allah menerima semua amal ibadahmu.”

74. “Dari lubuk hatiku yang terdalam, kuucapkan turut berduka cita atas kepergian guru kami tercinta. Untuk yang terakhir kalinya, kami ingin mengucapkan rasa terima kasih kami, atas segala ilmu yang telah almarhum berikan. Semoga Allah senantiasa menerima semua amal dan kebaikanmu di dunia.”

75. “Kini, tiba saatnya kami mengucapkan terima kasih padamu, wahai guruku. Engkau telah pergi meninggalkan kami untuk selama-lamanya. Rasanya pilu dan sedih ini tak cukup untuk mengenang kepergianmu. Semoga Allah menerimamu di sisi-Nya.”

Ucapan Belasungkawa untuk Murid

Kepergian murid untuk selamanya juga sangat menyedihkan. Begitulah yang dirasakan oleh keluarganya. Maka, kita harus bisa menguatkan dan menenagkan hati keluarganya, terutama kedua orangtua. Adapun ucapan turut berduka cita untuk murid, sebagai berikut.

76. “Turut berduka cita atas meninggalnya (sebutkan namanya), siswa kami yang cerdas, rajin dan sholeh. Semoga orangtua diberikan ketabahan dan kemudahan dalam mengarungi hidup selanjutnya. Siswa tersebut telah mengharumkan nama sekolah dalam beberapa lomba akademis maupun non akademis. Semoga, prestasi almarhum mampu memberikan kebahagiaan kepada orang tua yang ditinggalkan. Aamiin.”

77. “Innalillahi wa inna ilaihi roji’un, teleh meninggal dunia anak kami (sebutkan namanya) yang telah berjuang melawan penyakit yang diderita. Semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi-Nya. Serta semoga keluarga yang ditinggalkan senantiasa ikhlas dalam menerima ketentuan Allah. Aamiin ya rabbal’alamin.”

78. “Inna lillahi wa inna ilaihir raji’un. Kami atas nama Bapak dan Ibu guru (tulis namanya), turut berbelasungkawa atas wafatnya ananda. Semoga segala amal dan perbuatan baiknya di sunia ini, bisa menjadi sebuah keberkahan bagi kita semua. Serta bisa menjadi wasilah untuk menikmati indahnya surga.”

79. “Kami atas nama kelurga besar sekolah (tulis nama sekolahnya) mengucapkan turut berduka cita sebesar-besarnya atas cobaan yang menimpa keluarga (sebutkan namanya). Kami berharap, Allah SWT akan selalu memberikan samudera kesabaran dan ketabahan pada keluarga yang ditinggalkan. Semoga ananda tetap bersemayam di dalam hati keluarga yang ditinggalkan.”

80. “(tulis namanya) adalah murid kami yang paling teladan. Mendengar kepergiannya, membuat kami merasa sangat terpukul. Namun, kami sadar, bahwa kepergiannya sudah Allah takdirkan. Semoga Allah mengampuni segala dosa-dosanya baik yang disengaja maupun tidak, di tempatan di tempat terindah di sisi-Nya. Semoga Bapak dan Ibu bisa tabah menerima musibah ini.”

81. “Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un, tak terasa air mata ini menetes begitu deras, ketika mendapat kabar bahwa ananda (tulis namanya) siswa/siswi kami telah kembali ke pangkuan Sang Pencipta. Semoga ia mendapatkan tempat yang paling baik dari yang terbaik. Kami akan selalu mengenang dan mendoakannya.”

Ucapan Duka Cita Menggunakan Bahasa Jawa

Ucapan turut berduka cita tidak hanya bisa diucapkan dengan bahasa Indonesia saja. Namun, juga bisa dengan bahasa Jawa. Pastikan kata-kata yang digunakan halus dan tidak menyinggung mereka yang sedang bersedih, ya.

82. “Nderek belasungkawa, mugi panjenengan dipun paringi sabar dening Gusti Allah. Mugi almarhum pikantuk papan ingkang sae wonten ing ngarsanipun Gusti Allah.”

Artinya: “Turut berbelasungkawa. Semoga kamu diberikan kesabaran oleh Allah. Semoga ia berada dalam tempat terbaik di samping Allah.”

Sebenarnya masih banyak cara lain untuk mengungkapkan belasungkawa dalam bahasa Jawa. Namun yang perlu diperhatikan adalah pemilihan jenis tingkatan bahasa. Jika ingin mengungkapkan kepada yang lebih tua, gunakan kromo alus. Sedangkan jika lebih muda atau seumuran bisa menggunakan bahasa ngoko yang lebih santai.

83. “Melu belasungkowo karo koe, (nama teman). Muga-muga almarhum Bapakmu diampuni dosane, ibu, koe, sak keluarga diparingi sabar lan kuat. Aku ndonga supaya koe ora suwe suwe sedih, amarga urip iki kudu terus mlaku.”

Artinya: “Saya turut berseih. Semoga beliau diampuni dosanya, ibu, kamu, dan keluarga diberikan kesabaran serta kekuatan. Aku berdoa agar kamu tidak bersedih dalam waktu lama. Sebab, hidup harus terus berjalan.”

Ungkapan ini cocok untuk mengungkapkan kesedihan dan belasungkawa kepada teman dekat yang seumuran, sebab menggunakan bahasa ngoko. Contoh berikutnya, adalah ungkapan belasungkawa yang pendek dan sederhana, untuk diucapkan saat melayat.

Ucapan Turut Berduka Cita Bahasa Inggris

Selain bahasa Jawa, kamu juga bisa memberikan ucapan turut berduka cita bahasa Inggris. Biasanya bahasa Inggris ini digunakan kepada mereka yang merupakan orang luar negeri.

84. “I am sorry to hear that, please be sure that God always is with you and you will not alone because here we are.”

Artinya: “Saya turut sedih mendengarnya. Percayalah bahwa Tuhan selalu bersamamu dan kamu tidak sendiri, karena kami ada di sini.”

85. “I am also sorry for teha death of Mr. Fulan. May he get forgiveness from God, and be in the best place beside Him.”

Artinya: “Saya turut berbelasungkawa atas meninggalnya Mr. Fulan. Semoga dosanya diampuni oleh Tuhan dan berada di tempat terbaik di sisi-Nya.”

86. “I feel sorry about the news i heard. I wish you can be strong and understand taht your sister will not feel sick anymore. She will have a happy life besides God.”

Arinya: “Saya turut menyesal mendengar berita yang kudengar sebelumnya. Saya berharap kamu bisa lebih kuat dan memahami bahwa saudarimu tidak merasakan sakit lagi. Dia akan mendapat kehidupan yang bahagia bersama Tuhan.”

87. “God will not give a trial beyong the capabilities of his servants. When he allowed such thing to happen, when he has exactly provided a way out. We are really sorry to hear of your loss, remmber that we are always by your side to face your sadness.”

Artinya: “Tuhan tidak akan memberikan cobaan melebihi kemampuan hamba-Nya. Ketika ia telah membuat segalanya menjadi mungkin, ia pasti memberikan jalan keluarnya. Kami sangat meminta maaf mendengar kehilanganmu. Kami akan selalu ada di sampingmu untuk menghapus kesedihanmu.”

88. “I am sorry to hear about your loss.”

Artinya: “Saya turu berduka cita atas kehilangan yang menimpamu.”

89. “Please accept my condolences he/she will always be missed.”

Artinya: “Saya turut berduka cita, ia akan selalu dikenang.”

90. “No words can comfort you from your sadness, but don’t worry, we are always here for you.”

Artinya: “Tidak ada kata yang dapat meringankan kesedihanmu, namun jangan khawatir karena kami akan selalu di sini untukmu.

91. “Life is the greatest give that God has given us. But death is a bridge to the eternal life with God. Don’t worry, he/she is now in a better place.”

Artinya: “Kehidupan merupakan karunia terindah dari Tuhan untuk kita. Namun kematian merupakan jembatan ke kehidupan abadi bersama Tuhan. Jangan khawatir, saat ini dia sudah berada di tempat yang lebih baik.”

92. “A good person will grant the best place in Heaven. Our deepest condolences for your loss.”

Artinya: “Orang yang baik akan berada di tempat terbaik di surga. Kami turut berduka cita atas kehilanganmu.”

93. He/ She left us, but memory they left will stay forever in our heart.”

Artinya: “Dia meninggalkan kita untuk selamanya, namun kenangan tentang mereka akan selalu ada di hati kami.

94. “I am sorry, but I’m at a loss words.”

Artinya: “Saya turut berduka cita.”

95. “We are mouring to hear to lost of (tulis namanya). May God give her a decent place. Stay stong, Dear.”

Artinya: “Kami sangat terkejut ketika mendengar (tulis namanya) telah tiada. Mungkin Tuhan memberinya tempat yang terbaik. Tetap kuat, sayang.”

96. “I am so sorry to hear that disaster you are experienced. Look around, there a alot of people that care with you. Keep smlilling, dear.”

Artinya: “Aku turut berduka cita mendengar bahwa kamu sedang tertimpa musibah. Lihat sekelilingmu, banyak yang peduli denganmu. Tetap tersenyum, sayang.”

97. “He has been peacefull there, in his the world we have to let him golt is enough for us to pray for him.”

Artinya: “Ia telah berada di tempat yang damai, di dunia ini kita harus rela melepas kepergiannya, dan ini cukup dengan selalu mendoakannya.”

98. “The people, who leave you want to see you happy rather than see you lament.”

Artinya: “Orang-orang yang meninggalkanmu ingin melihatmu bahagia daripda melihatmu bersedih.”

99. “It must be hard to be left, indead, but smile in your face must come back.”

Artinya: “Ini pasti sulit untuk melepasnya pergi, tetapi, senyum di wajahmu harus segela kembali.

100. “The sadness that you feel, is a sign that you love her happiness that come after the sadness, is a sign that you love her.”

Artinya: “Kesedihan yang kamu raskaan, adalah sebuah tanda bahwa cintamu kebahagiaanmu yang datang setelah kesedihan, tanda kamu mencaintainya.”

Contoh tersebut bisa juga dikreasikan sendiri dan disesuaikan dengan kedekatan dengan keluarga yang sedang berduka. Utarakan kalimat yang membangun kekuatan dan bersifat optimis pada masa depan. Agar teman yang sedang berduka tidak terlalu lama merasa sedih.

 

Penutup

Itulah beberapa contoh ucapan belasungkawa dalam Islam yang bisa ditujukan kepada teman, guru, kerabat, dan keluarga. Mengapa kita harus mengucapkan duka cita? Kerena setiap tetes air mata yang kita berikan tidak akan pernah bisa mengembalikan seseorang yang telah pergi untuk selama-lamanya. Sedangkan, ucapan duka cita innalillahi pun yang semacamnya, setidaknya dapat meringankan kesedihan mereka yang ditinggalkan.

Anggaplah kepergian mereka sebagai pengingat, bahwasanya kita pun hanya manusia biasa yang juga akan mengahapi kematian yang entah kapan akan menjemput kita. Oleh karena itu, sebaiknya sedari dini kita telah menyiapkan bekal untuk hari esok, karena kematian yang kita hadapi kekal abadi. Mari kita jalani hidup ini dengan keberanian dan ingat, bahwa kita semua akan mengalami kematian.

Baca Juga: Menyia-nyiakan Waktu Lebih Berbahaya dari Kematian

Kematian bukanlah akhir dari segalanya, namun justru sebaliknya, kematian merupakan awal dari kehidupan yang abadi. Yuk, usap air mata kita, lalu kita hadang semua kesedihan yang berlebihan di dalam hati kita untuk yang lebih baik. Semoga beberapa ucapan duka cita di atas bisa membantu kamu yang sedang dilanda kebingungan ketika hendak berbelasungkawa. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : 100 Kata-kata Bijak yang Bisa Membangkitkan Semangat

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

seruni.id