10 Manfaat Air Rendaman Ketumbar untuk Kesehatan

  • Bagikan
10 Manfaat Air Rendaman Ketumbar untuk Kesehatan
nakita.grid.id

Seruni.id – Sudah pernah mengonsumsi air rendaman ketumbar? Kabarnya, air tersebut memiliki banyak manfaat, loh. Kira-kira, apa saja manfaatnya?

10 Manfaat Air Rendaman Ketumbar untuk Kesehatan
sajiansedap.grid.id

Ketumbar aalah salah satu jenis bumbu yang kerap dimanfaatkan untuk memasak. Biasanya, sebelum digunakan biji-biji ketumbar harus dihaluskan terlebih dahulu barulah kemudian dicampurkan ke dalam masakan. Makanan yang diolah dengan bahan rempah ini, dijamin akan semakin nikmat dengan aroma yang khas.

Selain dapat dijadikan sebagai bahan masakan, ketumbar menyimpan sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh, loh. Mungkin belum banyak yang mengetahuinya, bahwa bahan yang satu ini dapat menjadi obat alami untuk beberapa kondisi kesehatan. Salah satunya adalah dijadikan sebagai air rendaman ketumbar. Untuk mengatasi gangguan pencernaan, mengobati peradangan, hingga untuk menyehatkan kulit dan rambut. Selain itu, apa saja ya manfaat lainnya?

 

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

Manfaat yang pertama, yaitu dapat menurunkan kadar gula darah. Mengonsumsi air rendaman ketumbar, bisa menjadi salah satu solusi bagi kamu yang menderita diabetes. Namun, sebelum mengonsumsinya, ada baiknya untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu kepada dokter. Selain itu juga bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap kadar gula darah untuk bisa memastikan apakah air rendaman ketumbar ini efektif atau tidak.

 

2. Mengontrol Kadar Kolesterol dalam Darah

Selain bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah, minum air rendaman ketumbar juga bisa membantu untuk mengontrol kadar kolesterol dalam darah. Mengingat bahwa keberadaan kolesterol di dalam tubuh, terutama kolesterol jahat sangatlah berbahaya dan memicu munculnya berbagai macam penyakit. Namun, sebelum mengonsumsinya, lagi-lagi kamu harus melakukan konsultasi terlebih dahulu, ya.

 

3. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Punya masalah pencernaan? Masalah yang cukup mengganggu ini memang bisa dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Ketika pencernaan terganggu, manfaatkanlah air rendaman ketumbar. Sebab, di dalamnya terkandung antioksidan yang dapat membantu untuk peregangan usus. Manfaat tersebut dipercaya mampu mengatasi berbagai gangguan pencernaan. Misalnya saja diare, cacingan, sembelit, perut kembung, hingga sindrom iritasi pada usus besar. Selain itu, air rendaman rempah ini juga bisa memproduksi enzim pencernaan.

 

4. Mengatasi Wasir

Karena di dalam ketumbar mengandung sifat analgesik, maka tak heran jika air rendaman tersebut dapat mengatasi masalah wasir. Wasir adalah hal yang sangat menganggu. Maka, ketika kamu mengalaminya, segeralah mengambil ketumbar di dapur dan merebusnya. Kemudian, air rendaman tersebut bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi wasir.

 

5. Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Kesehatan gigi dan mulut harus selalu dijaga, ya. Selain dengan menggosok gogo, kamu juga bisa menggunakan air rebusan ketumbar yang memiliki sifat alagesik. Di mana hal ini mampu untuk mengurangi sakit gigi. Selain itu, di dalam ketumbar juga terdapat sifat anti bakteri yang bisa menjaga kesehatan gigi dan mulutmu. Dengan begitu, kamu pun bisa terhindari dari berbagai bakteri gangguan bakteri yang merusak.

 

6. Mengatasi Masalah Sendi

Mengalami masalah sendi tentunya berdampak pada aktivitas yang sahabat Dream lakukan sehari-hari. Salah satu pengobatan yang bisa kamu lakukan adalah dengan memanfaatkan air rendaman air ketumbar. Manfaat air rendaman ketumbar didapatkan karena adanya sifat analgesik di dalam air rendaman tersebut. Selain kandungan analgesik, di dalam ketumbar juga terdapat asam linoleate yang bisa mengatasi masalah sendi. Pengobatan ini bisa menjadi pilihan yang tepat, mudah, dan tentu saja murah.

 

7. Mencegah dan Mengobati Batuk dan Pilek

Batuk dan pilek adalah kedua penyakit yang bisa menyerang siapa saja. Entah itu anak-anak hingga orang dewasa. Apalagi, batuk dan pilek adalah penyakit yang sangat menganggu aktivitas sehari-hari, telebih jika ditambah dengan rasa pusing. Tak sedikit orang yang mengandalkan obat dari apotek untuk bisa meredakan penyakit tersebut.

Namun jika kamu mencari yang alami, maka bisa mencoba menggunakan air rendaman ketumbar. Hal ini karena ketumbar memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Sehingga bisa untuk mengobati penyakit batuk dan pilek.

 

8. Mencegah Infeksi Jamur dan Bakteri

Manfaat selanjutnya yaitu dapat mencegah infeksi jamur dan bakteri. Terjadinya konjungtivitis bisa membuat seseorang mengalami mata merah, mata gatal, mengeluarkan cairan bertekstur kental yang membentuk kerak, serta terjadinya pembebsaran pada kelenjar getah bening.

Konjungtivitis sendiri merupakan peradangan konjungtiva dan bagian dalam kelopak mata. Untuk mengatasi kondisi tersebut, maka kamu bisa mengonsumsi air rendaman ketumbar. Bahkan air rendaman tersebut juga bisa untuk mencegah dari infeksi pada saluran pernapasan sampai kulit yang disebabkan karena virus, kuman, dan bakteri.

 

9. Baik untuk Kulit dan Rambut

Kulit dan rambut adalah kedua bagian penting yang harus dijaga kesehatannya. Sebab, jika rambut terjaga dengan baik, maka akan meningkatkan kepercayaan dirimu. Salah satu manfaatnya adalah untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut. Di mana mampu membuat rambut lebih lebat dan sehat. Sedangkan untuk kulit, rendaman air ketumbar mampu mengatasi jerawat.

 

10. Mengatasi Peradangan

Jerawat yang muncul pada wajah, bisa menurunkan rasa kepercayaan diri, loh. Hal ini karena keberadaannya dapat merusak penampilan. Bahkan kemunculan jerawat juga bisa menimbulkan peradangan. Bagi kamu yang mengalami masalah tersebut, maka bisa memanfaatkan air rendaman ketumbar.

Dalam air tersebut mengandung anti bakteri yang ampuh untuk mengobati peradangan kulit. Tak hanya itu saja, air ini  juga bisa mengatasi kulit berminyak, mencerahkan wajah, meremajakan kulit, dan mencegah kulit dari iritasi dan infeksi.

Baca Juga: 7 Rempah Tradisional untuk Menjaga Sisitem Imun Tubuh

Sudah siap merasakan manfaat air rendaman ketumbar?

  • Bagikan