5 Cara Jitu Mengatasi Anak yang Suka Merajuk

health.detik.com

Seruni.id – Marajuk atau ngambek merupakan salah satu jurus yang kerap dikeluarkan oleh anak ketika keinginan mereka tidak terpenuhi. Hal ini mungkin akan menjadi beban tersendiri bagi orangtua, khususnya bagi seorang ibu. Sebagai orangtua, tentu akan merasa pusing mengatasi anak yang suka merajuk ini. Nah, sekarang tak perlu bingung lagi ya, Moms. Sebab, Seruni akan memberikan cara jitu untuk menganai anak yang kerap marah maupun ngambek. Berikut caranya:

parentingacamdey.id

Selalu Luangkan Waktu untuk Membangun Kedekatan dengan Anak

Menghabiskan waktu bersama orangtua akan membuat anak-anak merasa bahagia. Anak pun akan lebih terbuka dengan masalahnya, sehingga ia tak akan mudah ngambek. Kalaupun anak sedang ada masalah, ia pun tak akan ragu untuk mengutarakannya pada orangtua.

Beri Perhatian yang Cukup

Untuk mengatasi anak yang suka merajuk, sebaiknya oranguta bisa memberikan perhatian yang lebih kepadanya. Selain memenuhi kebutuhan perhatian, fokus padanya juga bisa membantu mereka mengenali emosi dan menyalurkannya dengan baik. Sehingga ngambek pun tidak akan berlangsung lama.

Izinkan Anak Bicara

Kita harus menjadi pendengar yang baik. Jangan langsung menghakimi atau terlalu memojokkan anak. Ketika mereka ngambek, sebaiknya izinkanlah mereka berbicara dan berjanji padanya kalau kita akan menjadi pendengar yang baik untuknya dan tak melulu menyalahkannya. Dan ingat, selalu komunikasikan masalah dengan efektif.

Hindari Kebiasaan Selalu Menekan Anak

Jangan terlalu menekan apalagi mengekang mereka terlalu berat. Bantulah ia untuk mendapatkan waktu belajar dan bermain yang cukup. Ketika ia merasa sudah cukup mendapatkan ketenangan dan kebebasan beraktivitas, maka bukan tak mungkin mereka dapat lebih mudah mengatur suasana hatinya.

Jangan Bereaksi Berlebihan

Saat anak sedang dalam keadaan emosi, sudah menjadi tugas orangtua untuk mengendalikan keadaan, memabantu mereka untuk meredam emosinya dan menyampaikan dengan baik. Sebaiknya jangan langsung balik emosi dan memarahinya karena ia sering ngambek. Justru hal tersebut malah akan membuat dia terus membela diri.

Alhasil, mereka akan semakin merajuk dan keadaan pun akan bertambah runyam. Untuk mengatasi anak yang suka merajuk, bereaksilah seperlunya saja. Tetap tenang, dan tanyaan apa yang mereka rasakan, apa yang mereka inginkan. Jika terlalu emosi untuk menjelaskan, tak ada salahnya memberikan waktu sendiri dulu agar ia bisa menenangkan perasaannya.

Mengatasi anak yang suka merajuk memang gampang-gampang susah. Kita perlu benar-benar sabar dan memberi perhatian lebih padanya. Semoga cara di atas dapat membantu ya, Moms.

Berikan Dukungan Kepada Kami Dengan Memberikan Rating

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.