10 Jenis Minuman Kopi Asli Indonesia yang Nikmat dan Mendunia

muslimobsession.com

Seruni.id – Jenis minuman kopi asli Indonesia jumlahnya sangat banyak. Namun, hanya sedikit yang digemari oleh para pecinta kopi. Mereka lebih menyukai macam-macam minuman kopi yang populer saat ini. Bicara tentang kekayaan Indonesia seakan tak ada habisnya. Dari zaman dahulu hingga saat ini, Tanah Air tercinta ini terkenal dengan kekayaan alam dan rempah-rempahnya.

Salah satunya adalah jenis minuman kopi Indonesia yang khas dan terkenal, serta menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan mancanegara untuk berkunjung ke Indonesia. Dan tahukah kamu? Bahwa saat ini negeri tercinta ini tengah menduduki urutan keempat negara penghasil kopi terbaik di dunia, loh. Kita patut merasa bangga atas prestasi ini. Meskipun sebenarnya, kita bisa menjadi yang terbaik di dunia. Kira-kira jenis minuman kopi dari daerah mana saja, ya? Mari kita bahas berikut ini:

1. Kopi Arabika Gayo

bukalapak.com

Jenis minuman kopi seperti gayo sendiri selain nikmat, ternyata juga mendunia, loh. Kopi gayo adalah varietas dari kopi arabika yang menjadi komoditi unggulan ini di budidayakan di dataran tinggi gayo tepatnya di Sumatera. Kopi gayo ini juga telah mendapatkan predikat fair trade certified yang di perolehnya dari organisasi internasional fair trade yang di laksanakan pada tanggal 27 mei 2010.

Tidak hanya itu saja namun kopi ini juga mendapatkan sertifikat IG atau indikasi geografis yang diberikan oleh Menteri hukum serta HAM di indonesia. Dan yang sangat membanggakan, kopi ini juga mendapatkan peringkat paling tinggi pada saat cupping score pada event lelang special kopi indonesia yang di laksanakan pada tanggal 10 oktober 2010. Karena kopi ini memiliki prestasi yang sangat baik maka kopi gayo ini di mantapkan sebagai kopi organik terbaik yang ada di dunia.

Kopi gayo ini memiliki tekstur yang lebih encer alias tidak terlalu pekat dengan tingkat keasaman seimbang. Cocok untuk kamu yang tidak suka dengan kopi asam. Masyarakat Aceh punya cara penyajian tradisional yang khas. Tak seperti kopi biasanya yang diseduh dengan air hangat, tetapi kopi dan air direbus secara bersamaan di dalam sebuah panci hingga mendidih, lalu dituang ke dalam gelas berisi susu dan gula. Soal rasa tak kalah nikmat dengan macam-macam minuman kopi di cafe, loh.

Dan perlu anda ketahui bahwa kopi gayo ini merupakan kopi dengan harga fantastis atau kopi termahal yang ada di dunia. Hal tersebut sudah di buktikan melalui pameran kopi dunia yang sudah di laksanakan oleh organisasi speciality coffe associatiion of america atau SCAA yang berlangsung di portland, oregon convertion center amerika serikat. Kemudian beberapa negara yang menjadi tujuan ekspor terbesar oleh kopi gayo ini adalah amerika serikat dan uni eropa. Itulah beberapa informasi yang dapat anda ketahui dari Kopi Arabika Gayo.

2. Kopi Luwak

santoscaffe.com

Siapa yang tak tahu dengan jenis minuman kopi yang satu ini. Kopi jenis ini bisa dibilang istimewa, loh. Kenapa, ya? Sebab, kopi ini berasal dari biji kopi yang dipanen dari fases luwak liar yang dibersihkan, maka tak heran jika diberi nama kopi luwak. Jenis minuman kopi yang satu ini ternyata memiliki rasa yang lebih halus dari kopi pada umumnya, hal tersebut diduga disebabkan oleh proses fermentasi dalam perut luwak. Kopi luwak Indonesia adalah salah satu minuman mewah yang diekspor dengan harga yang sangat tinggi, loh.

Kopi luwak sendiri menjadi salah satu minuman yang memiliki nilai jual tinggi yang disebabkan karena nilai eksotis dan ketersediannya yang sangat langka. Kopi luwak Indonesia laku keras dan sangat digemari di lingkungan pecinta kopi karena dianggap memiliki rasa yang smooth sehingga aman dikonsumsi bagi penderita penyakit lambung.

Terdapat tiga faktor utama yang membuat kopi luwak lebih mahal dari kopi umumnya. Ketiga faktor itu adalah proses produksi yang panjang, jumlah panen yang tidak sebesar biji kopi biasa, dan rasa kopi yang tidak pekat. Harga jenis kopi ini di pasaran mencapai lebih dari Rp. 1.000.000,00 per kg. Secangkir opi luwak di Jakarta misalnya, harganya sekitar Rp. 70.000,00 per cangkir. Di luar negeri, harga secangkir minuman ini sekitar 35 USD. Jika masih berbentuk biji atau bubuk dibanderol dengan harga 100 hingga 600 USD per 450 gram.

3. Kopi Kintamani

kintamani.id

Aneka jenis minuman kopi yang selanjutnya ini berasal dari daerah Bali, namanya Kintamani. Kopi ini sudah sangat populer dikalangan para penikmatnya yang berasal dari dalam maupun luar negeri. Kopi kintamani sendiri menjadi primadona dan terbaik di Bali. Nah, kopi kintamani termasuk ke dalam jenis arabika, loh. Memiliki rasa yang ringan dan aroma yang unik akan membuat penikmatnya ketagihan.

Kopi ini ditanam di dataran tinggi Kintamani di atas 900 mdpl. Keunikan yang dimiliki kopi jenis kintamani ini adalah aroma jeruknya yang begitu khas. Kenapa ya kopi tersebut beraroma jeruk? Jawabannya adalah, wangi tersebut muncul karena kopi kintamani ditanam berdampingan dengan tanaman buah jeruk, inilah yang membuat kopi kintamani berbeda dari kopi biasanya.

Selain memiliki aroma jeruk, kopi ini juga memiliki tingkat keasaman yang sedang, loh. Sebab, biji kopi yang digunakan hanya biji kopi pilihan. Tak hanya kopi arabika gayo dan luwak saja yang dibanderol dengan harga tinggi, kopi kintamani pun memiliki harga yang mahal. Bahkan, kopi kintamani sudah diekspor ke Amerika Serikat sejak 1825.

4. Kopi Flores Bajawa

wowkeren.com

Kita tentu sudah mengetahui, bahwa Flores memiliki keindahan yang menawan. Selain keindahan alamnya, Flores juga memiliki jenis minuman kopi khas yang terdapat pada dataran di Nusa Tenggara Timur. Kopi bajawa merupakan salah satu kopi yang mendunia dan sangat dipuja-puja oleh pencinta kopi. Masyarakat Ngada, atau sering disebut sebagai orang bajawa ini telah lama membudidayakan kopi jenis arabika ini. Kopi ini menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat Ngada.

Dalam proses pembuatannya, kopi bawaja dibuat dengan cara yang organik. Pupuk yang dipakai pada tanaman kopi Flores ini adalah pupuk alami dan juga tanpa menggunakan pestisida. Dengan cara organik ini, kopi yang berasal dari dataran tinggi Ngada memiliki aroma dan cita rasa yang nikmat, khas dan juga unik. Kopi bajawa memiliki rasa pahit yang tidak seperti kopi pada umumnya, rasanya pun lebih ringan.

5. Kopi Jawa

coffeetalk.id

Kopi jawa mulai dikenal dunia sekal abad ke-17. Saat itu, Belanda memulai menanam biji kopi jawa di tanah jawa dan menjadikannya produsen penghasil kopi terbesar di dunia saat itu. Meskipun, jenis jenis minuman kopi sudah banyak, tetapi kopi jawa masih menjadi pilihan utama untuk para petinggi Belanda. Kopi ini beraroma tipis rempah-rempah. Melalui proses giling basah yang membuatnya sangat berbeda dan menarik untuk dicicipi. Di pegunungan ijen banyuwangi jawa timur inilah kopi jawa arabika berkualitas dunia di hasilkan sempurna untuk pecinta kopi sejati.

6. Kopi Wamena

salampapua.com

Asal daerah kopi ini pasti sudah ketebak dari namanya. Ya, Wamena, Papua. Kopi wamena menjadi salah satu diantara kopi yang mendunia. Kopi wamena ditanam dikawasan yang jauh di tengah hutan dan masih sangat alami. Jenis minuman kopi yang satu ini memang berbeda dengan kopi lainnya, lebih tepatnya kopi wamena memiliki kelebihan dibandingkan kopi dari daerah lain.

Kopi ini merupakan kopi organik, karena tidak tersentuh kimia sama sekali. Kelebihan kopi arabika Wamena Papua ini adalah kawasan lokasi tempat menanamnya yang begitu alami, berada di ketinggian 1.500 – 2.000 dengan suhu sangat dingin 15 – 20 derajat celcius. Bukan sekedar memiliki cita rasa khas saja, aroma semerbak harum kopi berpadu rempah rempah membuat anda akan ketagihan dengan kopi Wamena. Yang terpenting dari kelebihan kopi Wamena ini adalah kadar asam rendah, sehingga bagi anda penderita magh atau asam lambung berlebih, tidak perlu khawatir mengenai hal tersebut.

Dalam menyeduh kopi wamena terdapat teknik tersendiri, loh. Kopi wamena dulunya hanya diseduh dengan cara tradisional saja, namun karena kemajuan teknologi teknik menyeduh kopi semakin bervariasi dan menghasilkan kopi yang berbeda.

7. Kopi Sidikalang

lakuterus.id

Kopi sidikalang sudah dikenal akan cita rasanya yang cukup mantap, bahkan tak hanya di dalam negeri tetapi sampai ke luar negeri. Salah satu pesaing kenikmatan kopi sidikalang adalah kopi Brazil, yaitu salah satu kopi terbaik di dunia. Sidikalang adalah ibu kota Kabupaten Dairi, terletak di daerah pegunungan nan sejuk.

Menurut para ahli kopi, kekhasan kopi sidikalang didapatkan dari kombinasi hawa dingin dan jenis tanah dikawasan Bukit Barisan dengan ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut. Kopi sidikalang sejak dahulu terkenal karena kualitas yang tinggi, namun seiring berjalannya waktu, saat ini aroma khas kopi itu tidak lagi semerbak seperti dulu. Dikarekanakan, jumlah petani kopi dari tahun ke tahun semakin menurun karena peralihan petani kopi menjadi petani holtikultura, selain itu banyak petani yang beralih menanam jeruk.

8. Kopi Liberika Rangsang Meranti

bukalapak.com

Kopi liberika yang berada di kepulauan Meranti dapat menjadi ikon pariwisata karena memiliki daya tarik tersendiri, terutama bagi wisatawan, baik domestik maupun turis asing. Kopi liberika memiliki ciri khas dari cita rasa yang tidak terlalu asam, seperti tanaman kopi yang tumbuh di dataran tinggi. Varietas kopi liberika menghasilkan buah paling besar dibanding arabika dan robusta, dengan memiliki rasa dan warna yang sangat kuat.

Keunggulan lain dari kopi liberika ini sangat tahan terhadap kekeringan sehingga cocok bagi wilayah Meranti yang berlahan gambut dengan 1 hekatre bisa menghasilkan 1.00 kg per tahun. Menurut sejarah, kopi ini berasal dari wilayah liberia, Afrika Barat. Tumbuhan ini dibawa Belanda ke Indonesia pada abad ke-19, dan dikembangkan untuk menggantikan tanaman arabika yang gersang wabah penyakit.

Berdasarkan situs disperin.riau.go.id, kopi Liberika dari Kepulauan Meranti telah menyabet sertifikasi Indikator Gegrafis (IG), dan dinyatakan sebagai salah satu hasil pertanian terbaik oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Nasional RI. Kopi ini sangat populer di Malaysia dan Singapura sebagai dua negara tujuan ekspor terbesar.

9. Kopi Toraja

google.com

Kopi toraja merupakan salah satu varian kopi yang paling populer dan memiliki kualitas terbaik yang dimiliki oleh Indonesia. Di samping kopi gayo dan luwak, kopi yang memiliki nama latin Celeber Kolasi ini juga dikenal oleh para pecinta kopi dari seluruh dunia. Selain memiliki rasa yang khas, kopi ini juga memilki karakteristik yang unik.

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya bahwa kopi ini adalah salah satu kopi terbaik di Indonesia. Faktanya dilasir oleh Cikopi pada tahun 2012 di salah satu event bernama The 2nd Indonesia Speciality Coffee Auction yang dilaksanakan di Surabaya, kopi Toraja mendapatkan cupping score tertinggi yaitu 86.29. Tidak hanya itu, kopi Toraja juga dikenal dan menjadi biji kopi paling diminati dan memiliki harga paling tinggi di negara Jepang.

Karakteristik kopi Toraja asli sangat khas, oleh karena itu kopi jenis ini bisa menjadi salah satu kopi terbaik yang dimiliki Indonesia. Dimulai dari bentuk, jenis kopi Toraja asli memiliki warna cokelat tua dengan bentuk biji yang tidak beraturan sehingga kamu pasti akan mudah mengenali biji kopi jenis ini bila disejajarkan dengan biji kopi lain. Selain itu, yang unik dari kopi Toraja asli adalah rasanya yang tidak terlalu pahit.

10. Kopi Arabika Java Ijen Raung

travel.kompas.com

Kopi arabika java ijen Raung khas Bondowoso merupakan kopi yang sangat nikmat dan unik. Dimana salah satu kopi ini memiliki cita rasa asam jawa dengan perpaduan pedas tak terasa. Pahit dari biji kopi pun tidak terasa pekat, bahkan aromanya sangat khas sekali dengan bau bunga hutan. Maka dari itu kopi Java Ijen Raung mendapat sertifikat Indikasi Geografis (IG) dari kementerian hukum dan HAM. Yang membuat kopi ini semakin digemari oleh pecinta kopi Indonesia.

Jika dibandingkan dengan kopi arabika lainnya, kopi khas Bondowoso ini terbilang kopi Arabika yang lebih ringan dengan tingkat keasaman rendah. Sehingga rasa asam yang dihadirkan pun sangat eksotis. Cita rasa yang dimiliki pun sangat unik, yaitu memiliki rasa kacang-kacangan dan sedikit berasa seperti coklat jika dicicipi. Aroma yang khas pun akan terasa saat diseduh pertama kali. Kopi java ijen raung ini memiliki tekstur yang lembut sehingga terkesan manis dalam penyajiannya.

Selain itu, kopi yang satu ini memiliki manfaat yang luar biasa, seperti dapat menurunkan berat badan, sebagai antioksidan, memperkuat lengan atau sistem kerja otak, mencegah diabetes serta sebagai kecantikan kulit.

Itulah 10 jenis minuman kopi khas Indonesia yang sudah mendunia. Dari kesembilan kopi tersebut, adakah yang pernah kamu coba? Dan jenis kopi Indonesia mana yang paling kamu sukai? Jangan lupa bagikan jawabanmu di kolom komentar, ya.