5 Cara Merawat Cincin Pernikahan Emas Agar Lebih Awet

  • Bagikan
5 Cara Merawat Cincin Pernikahan Emas Agar Lebih Awet
infopernikahan.com

Seruni.id – Cincin pernikahan menjadi simbol yang dimaknai sebagai tanda ikatan. Biasanya mereka yang telah menikah akan mengenakan cincin di jari manisnya. Membeli cincin pernikahan emas, hanya sekali dalam seumur hidup. Maka dari itu, haruslah dirawat dengan baik agar keawetannya tetap terjaga.

5 Cara Merawat Cincin Pernikahan Emas Agar Lebih Awet
liputan6.com

Cara paling mudah merawat cincin pernikahan emas adalah dengan membawanya ke tangan yang memang ahli, seperti toko emas. Namun, cara tersebut dinilai kurang praktis bagi sebagian orang dan memerlukan biaya ekstra. Nah, tapi Seruni ingin memberikan cara merawat cincin pernikahanmu dengan simpel tanpa mengeluarkan banyak biaya, berikut caranya:

1. Lepaskan Cincin Ketika Melakukan Kegiatan yang Dapat Merusak atau Membuatnya Hilang

Cincin pernikahan emas, biasanya akan riskan terhadap goresan. Jika diperhatikan, setelah memakainya dalam kurun waktu yang cukup lama, akan ada goresan-goresan tipis di seluruh bagian cincin. Hal ini lantaran cincin digunakan untuk melakukan aktivitas berat. Selain itu, cincin juga rawan sekali terlepas dari jari. Jadi, sebaiknya lepaslah cincin terlebih dahulu jika hendak melakukan kegiatan yang berpotensi membuatnya hilang.

2. Simpan dengan Sebaik-baiknya

Ketika cincin sedang tidak mengenakannya, simpanlah perhiasan dengan benar. Sebisa mungkin, gunakan kotak perhiasan untuk menyimpannya. Letakkan sesuai jenisnya, ya. Jangan menggabungkannya menjadi satu atau menumpuknya begitu saja. Sebab, perhiasan bisa saling menempel atau jusru rawan memudar.

3. Bersihkan Secara Rutin

Cincin pernikahan yang digunakan setiap hari, seperti mencuci, mandi, dan lainnya, biasanya akan membuatnya lebih mudah kotor, loh. Apalagi jika terkena keringat setiap hari. Maka dari itu, cincin harus dibersihkan secara teratur, agar terhindar dari kotoran serta kuman-kuman yang tak kasat mata itu. Bagaimana caranya? Kamu cukup merendamnya di dalam air hangat sebentar saja. Jika terdapat kotoran yang membandel, sesekali beri sedikit sabun cuci piring pada air tersebut dan gosok lembut. Kemudian keringkan menggunakan lap lembut.

4. Bawa Cincin ke Tenaga Profesional

Pudarnya warna cincin pernikahan juga bisa karena bereaksi dengan zat kimia di sabun, keringat, dan sebagainya. Seharusnya emas memang tidak mudah bereaksi, tapi karena cincin pernikahan tidak 100% bahannya dari emas. Untuk kasus seperti ini, sebaiknya bawalah ke tenaga profesional untuk membersihkan serta melapis ulang cincin. Ada sejumlah toko perhiasan yang memiliki garansi seumur hidup untuk pembersihan dan pelapisan kembali.

5. Gunakan pada Momen Spesial Saja

Kenapa perhiasan emas cepat rusak? Kemungkinan besar karena kamu menggunakannya setiap hari. Ada aktivitas harian yang berisiko membuat perhiasan cepat rusak, seperti berenang, memakai riasan wajah, mengerjakan pekerjaan rumah tangga, atau spa/sauna. Jadi, pakailah perhiasan pada momen spesial saja. Mengenakan perhiasan emas pada momen spesial juga bisa membuatmu tampil lebih percaya diri dan lebih cantik kan?

Baca Juga: Tips Memilih Cincin Pernikahan Sesuai dengan Impianmu

Yuk terapkan langkah-langkah diatas untuk cincin pernikahan yang berbahan emas. Agar terus awet dan kinclong sepanjang hayat.

  • Bagikan