5 Tanaman Herbal yang Mampu Mengatasi Kulit Gatal

  • Bagikan
5 Tanaman Herbal yang Mampu Mengatasi Kulit Gatal

Seruni.id – Gigitan serangga, alergi, atau eksim, pastinya akan menimbulkan rasa gatal pada kulit. Tentunya membuat kita menjadi tidak nyaman, salah satu cara mengatasi kulit gatal adalah dengan menggaruknya. Rasa gatal yang tidak segera diatasi, bisa menyebabkan masalah kulit yang lainnya. Untuk mengatasi kulit gatal ini, kamu bisa pergi ke dokter atau memanfaatkan berbagai jenis tanaman herbal yang mampu mengatasi masalah ini. Berikut ini Seruni berikan rekomendasinya yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Daun Pegagan

5 Tanaman Herbal yang Mampu Mengatasi Kulit Gatal

Centella asiatica alias daun pegagan merupakan salah satu tanaman yang sedang jadi tren di dunia kecantikan. Sebab, tanaman herbal ini mampu menyembuhkan masalah kulit, terutama kulit yang sensitif dan berjerawat. Kulit yang sensitif cenderung riskan dengan alergi. Ketika kulit terkena pemicu alergi, maka akan menimbulkan sensasi seperti terbakar, mengelupas, dan mengalami gatal-gatal.

Untuk mengatasi kulit gatal tersebut, daun pegagan bisa kamu manfaatkan. Karena diketahui daun tersebut memiliki kandungan anti alergi, antipruritus, dan anti peradangan. Cara menggunakannya untuk menyembuhkan luka, yaitu dengan cara mengonsumsi daun pegagan yang diolah menjadi jus dengan campuran seledri.

2. Daun Mint

5 Tanaman Herbal yang Mampu Mengatasi Kulit Gatal

Daun mint dikenal baik untuk melegakkan tenggorokan, ternyata tidak hanya itu saja. Karena tanaman herbal yang satu ini memiliki kandungan vitamin C, antioksidan, dan antiinflamasi, sehingga juga mampu untuk mengatasi masalah kulit. Seperti menyembuhkan kulit gatal, mengatasi jerawat, mengurangi peradangan, dan mendinginkan kulit yang sedang iritasi.

Untuk menyembuhkan gatal, kamu bisa menggunakan minyak mint atau remasan daun mint, kemudain aplikasikan atau tempelkan ke area kulit yang gatal, maka kandungan daun mint akan bekerja optimal untuk menyembuhkan gatal ringan.

3. Lidah Buaya

5 Tanaman Herbal yang Mampu Mengatasi Kulit Gatal

Jenis tanaman herbal untuk mengatasi kulit gatal berikutnya ada lidah buaya. Sejak zaman dahulu, tanaman ini sudah terkenal sebagai tanaman herbal yang dapat menyembuhkan berbabagai macam penyakit. Hal ini karena kandungan antimikroba atau antibakteri, yang dapat mencegah gatal pada kulit, akibat racun serangga, debu, atau jamur kulit.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menyembuhkan kulit gatal, yaitu dengan cara mengambil gel lidah buaya, lalu aplikasikan di area kulit yang mengalami gatal-gatal. Biarkan gel tersebut meresap ke dalam kulit dan ulangi mengaplikasikan gel ini setiap beberapa jam sekali.

4. Timun

5 Tanaman Herbal yang Mampu Mengatasi Kulit Gatal

Timun juga bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi kulit gatal. Sayuran yang satu ini, bisa kamu konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh, dan dapat di olah menjadi masker untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Di dalamnya terkandung mineral, vitamin C, A, folat, dan asam kafeik, yang memiliki senyawa antiinflamasi dan antioksidan. Timun bisa mendinginkan area kulit yang gatal, dengan cara memotong timun, lalu oleskan dibagian kulit yang mengalami gatal dan bersihkan dengan air, kemudian oleskan pelembap anti gatal.

5. Kulit Pisang

5 Tanaman Herbal yang Mampu Mengatasi Kulit Gatal

Tak hanya buahnya saja yang memiliki banyak manfaat. Kulit buah pisang juga kaya akan manfaat, terutama untuk membantu menyembuhkan kulit yang gatal. Kulit pisang memiliki kandungan seperti karbohidrat, lemak, protein, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B, vitamin C dan mineral.

Selain itu, kulit pisang juga memiliki senyawa antioksidan dan antijamur yang baik untuk kesehatan kulit. Cara menggunakan kulit pisang untuk menyembuhkan gatal, yaitu dengan menggosokkan atau memijatkan kulit pisang bagian dalam, ke area kulit yang mengalami ruam atau gatal.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Gatal yang Menghitam

Itulah beberapa jenis bahan herbal yang mampu mengatasi kulit gatal. Nah, jika kamu saat ini sedang merasakan gatal pada kulitmu, gunakan saja bahan-bahan di atas secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Bagikan