5 Deretan Mahkota Ratu Elizabeth II, Siapa Pewaris Selanjutnya?

  • Bagikan
5 Deretan Mahkota Ratu Elizabeth II, Siapa Pewaris Selanjutnya?
cnbcindonesia.com

Seruni.id – Mendiang Ratu Elizabeth II yang berkuasa selama 70 tahun di kerajaan Inggris, diketahui mengoleksi tiara alias mahkota sebanyak 50 buah. Lantas, apa yang akan terjadi pada tiara itu dan siapakah yang akan mewarisi selanjutnya? Jawaban dari pertanyaan tersebut, ternyata tergantung dari asal-muasal koleksi perhiasan tersebut. Yuk simak deretan mahkota kesayangan Ratu Elizabeth II yang telah Seruni rangkum berikut ini:

 

1. Imperial State Crown (Mahkota Negara Kekaisaran)

5 Deretan Mahkota Ratu Elizabeth II, Siapa Pewaris Selanjutnya?
bbc.co.uk

Mahkota penginggalan Ratu Elizabeth yang pertama berjenis Imperial State Crwon. Tiara tersebut merupakan warisan dari kakek buyutnya. Mahkota ini, didesain untuk Raja George IV yang bertakhta di Inggris pada tahun 1762-1839. Hiasan kepala yang sangat berharga bagi kerajaan Inggris itu, berlapiskan 3000 berlian, 269 mutiara, 17 batu safir, dan 11 batu emerland. Mahkota tersebut dikenakan oleh Ratu Elilzabeth II saat penobatannya pada tahun 1953 di usianya yang masih 25 tahun.

 

2. Diamond Diadem (Tiara Berlian)

5 Deretan Mahkota Ratu Elizabeth II, Siapa Pewaris Selanjutnya?
tiara-mania.com

Mahkota yang berikut ini tak kalah mewah dari yang sebelumnya. Tiara yang pernah dipakai oleh Ratu Elizabeth pasca dua bulan masa penobatannya ini, dilengkapi dengan 1.333 berlian dan dua buah pita yang terbuat dari mutiara. Kedua pita tersebut, mengapit barisan berlian yang juga menjadi dasar dari mahkota. Pada puncak mahkota, juga terdapat beberapa gugusan bunga thistle, yaitu bunga yang kerap dijumpai di kawasan Eropa. Selain itu, terdapat pula gugusan daun semanggi yang menjadi lambang kerajaan Inggris.

 

3. Cambridge Lover’s Knot Tiara

5 Deretan Mahkota Ratu Elizabeth II, Siapa Pewaris Selanjutnya?
wolipop.detik.com

Mahkota bernama Cambridge Lover’s Knot Tiara ini, dahulu pernah dikenakan oleh Lady Diana di momen pernikahannya dengan Pangeran Charles. Karena Diana sangat menyukai mahkota tersebut, Ratu Elizabeth pun akhirnya memberikannya sebagai hadiah pernikahan. Namun, tiara tersebut dikembalikan oleh Diana, saat ia bercerai dengan Charles.

Mahkota yang dilapisi dengan 19 mutiara baroque ini, merupakan tiara yang sudah turun temurun yang didesain pada pemerintahan Ratu Mary. Tiara itu pernah dikenakan oleh Ratu Mary, Puteri Elizabeth (ibu Ratu Elizabeth II), Ratu Elizabeth II, Lady Diana Princess of Wales. Belakangan, mahkota tersebut juga sering terlihat dipakai oleh Kate Middleton, Duchess of Cambridge sebagai penerus tahta dan calon ratu berikutnya.

Oh ya, mahkota tersebut tidak hanya berlapis mutiara saja, tapi juga dihiasi dengan potongan berlian berwarna putih dan rose gold. Beberapa tali berbentuk hati juga menghiasi bagian atas tiara tersebut. Tiara ini sering dipakai dengan anting dengan bentuk mutiara serupa.

 

4. Cartier Halo Tiara

5 Deretan Mahkota Ratu Elizabeth II, Siapa Pewaris Selanjutnya?
dailymail.co.uk

Tiara yang berikutnya adalah Cartier Halo Tiara, yaitu salah satu koleksi milik Ratu Elizabeth II yang dibuat pada tahun 1936 silam. Dahulu, tiara itu pernah dipinjamkan oleh Ratu Elizabeth kepada cucu menantunya Katherine Middleton saat pernikahannya dengan Pangeran William tahun 2011 lalu. Tiara itu, dihiasi dengan 739 berlian yang dipotong indah dan 149 berlian yang dipotong berbentuk prisma. Karena bentuknya sangat sederhana, membuat tiara itu semakin mudah diingat.

 

5. Diamond Bandeau Tiara

5 Deretan Mahkota Ratu Elizabeth II, Siapa Pewaris Selanjutnya?
dailyexpress.co.uk

Tiara berjenis Diamon Bandeau ini, sebenarnya adalah milik Ratu Mary, yaitu nenak dari Ratu Elizabeth II. Namun sayangnya, tiara peninggalan sang nenek tidak pernah dikenakan oleh Ratu Elizabeth II. Ia membiarkan mahkota itu mangkrak begitu saja tersimpan rapi di dalam lemari perhiasan. Hingga pada akhirnya, tiara tersebut pun dipinjamkan kepada Meghan Markle. Markle memakai tiara tersebut dan memperkenalkannya ke publik saat acara pernikahannya dengan Pangeran Harry pada tahun 2018 silam.

Baca Juga: Meninggal Dunia di Usia 96 Tahun, Inilah 5 Fakta Ratu Elizabeth II

  • Bagikan