5 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan Oleh Ibu Hamil Bayi Kembar

5 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan Oleh Ibu Hamil Bayi Kembar
google.com

Seruni.id – Hamil bayi kembar memang berbeda dengan hamil biasa. Sebab, ia memiliki risiko lebih tinggi. Namun terlepas dari itu, baik sedang hamil bayi kembar ataupun tidak, kamu harus tetap menjaga kesehatan diri dan janin hingga persalinan nanti. Oleh karena itu, sangat dianjurkan sekali untuk berolahraga.

5 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan Oleh Ibu Hamil Bayi Kembar
orami.parenting.co.id

Akan tetapi, pada ibu hamil bayi kembar, ada beberapa pilihan olahraga yang berbeda. Karena kondisi seorang ibu yang mengandung dua janin harus bisa mengambil pernapasan lebih kuat dibandingan dengan satu janin. Lantas, olahraga apa saja yang aman untuk wanita yang mengandung anak kembar?

1. Berenang

Biasanya seseorang yang sedang hamil, cenderung lebih sulit untuk bergerak, terlebih terdapat dua janin di dalam perutnya. Nah, olahraga air yang satu ini bisa menjadi pilhan yang tepat, loh. Karena di dalam air, membuat berat badan terasa jauh lebih ringan dan memudahkanmu untuk bergerak. Selain itu, kemungkinan ibu hamil terjatuh dan terbentur saat berenang sangatlah kecil.

Ketika melakukan olahraga renang secara rutin pun, kamu akan mendapatkan manfaat yang sangat luar biasa. Seperti otot-otot akan terasa lebih kuat, serta meredakan pembengkakan pada lengan dan kaki karena penumpukan cairan saat hamil, membut tubuh lebih kencang, meningkatkan denyut jantung, serta meningkatkan kadar oksigen dalam darah.

2. Yoga

Selanjutnya, kamu bisa memilih olahraga yoga agar tubuh tetap sehat dan bugar ketika hamil bayi kembar. Namun, untuk melakukannya, disarankan ketika kandunganmu sudah memasuki usia minggu ke-14, ya. Kendati demikian, setelah usia kandungan memasuki usia 16 minggu, sebaiknya jangan melakukan gerakan telentang ketika yoga maupun pilates. Karena dapat menurunkan tekanan darah.

3. Olahraga Panggul di Lantai

Olahraga yang satu ini, bisa kamu lakukan di lantai dengan posisi tidur pun duduk. Manfaat dari olahraga panggul lantai yakni, dapat mengatasi ngompol atau keluarnya air seni secara tidak sengaja yang kerap dialami oleh ibu hamil.

4. Berjalan Santai

Berjalan santai merupakan bentuk olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh ibu hamil, khususnya bagi mereka yang sedang mengandung bayi kembar. Olahraga paling sederhana ini, akan membuatmu tetap sehat dan bugar tanpa menggerakan lutut dan mata kaki.

Berjalan santai juga dapat membantu kamu tetap aktif sehingga nyeri panggul dan punggung dapat diatasi. Selain itu, jalan kaki juga dapat menurunkan risiko diabetes kehamilan, melepas stres, serta membuat suasana hati menjadi lebih baik. Dan yang paling penting, dengan rutin berjalan kaki, dapat menurunkan risiko persalinan prematur karena preeklampsia.

5. Peregangan

Olahraga hamil lainnya yang baik untuk ibu hamil bayi kembar yaitu dengan melakukan peregangan. Karena peregangan dapat membantu memperpanjang otot dan melonggarkan seluruh tubuhmu sehingga akan merasa nyaman selama hamil. Selain itu, rasa sakit selama kehamilan pun perlahan-lahan akan berkurang jika kamu melakukan peregangan secara rutin.

Peregangan tak hanya bermanfaat untuk sang ibu saja, namun juga untuk janin di dalam kandungan. Lakukan peregangan seperti lingkaran bahu, peregangan dada, putar pinggang, peregangan betis, putri duyung, peregangan paha, dan pinggul fleksor.

Tanda untuk Segera Menghentikan Olahraga Hamil

Meskipun olahraga yang telah disebutkan di atas, baik dilakukan oleh ibu hamil bayi kembar. Namun, kamu harus tetap waspada dalam melakukannya, ya. Apalagi jika merasakan hal-hal aneh berikut ini:

• Merasa seperti mengalami kontraksi
• Merasakan tekanan panggul
• Mengalami pendarahan atau keluarnya cairan vagina
• Merasa pusing
• Mengalami pembengkakan, terutama pada bagian kaki

Baca Juga: Lakukan 7 Perawatan Wajah Alami ini untuk Ibu Hamil

Sebaiknya, sebelum melakukan olahraga tersebut, pastikan kamu sudah berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter kandunganmu, guna menghindari hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.