5 Jenis Penyakit Akibat Melakukan Diet yang Salah

5 Jenis Penyakit Akibat Melakukan Diet yang Salah
soulofjakarta.com

Seruni.id – Sudahkah kamu tahu? Ternyata ada beberapa jenis penyakit akibat melakukan diet yang salah, loh. Diet yang salah akan berdampak buruk bagi kesehatan. Alih-alih mendapatkan tubuh yang ideal, justru hanya akan menimbulkan penyakit tertentu.

5 Jenis Penyakit Akibat Melakukan Diet yang Salah
klikdokter.com

Meskipun, untuk mendapatkan tubuh ideal, tentunya membutuhkan perjuangan yang ekstra. Mulai dari menjaga mengonsumsi makanan sehat sampai melakukan olahraga secara rutin. Namun, tidak semua metode diet bisa cocok untuk masing-masing orang. Sebab, kebutuhan kalori, metabolisme, dan faktor lainnya berbeda pada setiap individu. Agar kamu bisa mempertimbangkan kembali diet yang kamu lakukan, berikut ini Seruni telah merangkum beberapa masalah yang dapat timbul akibat diet yang salah:

1. Lemah Jantung

Penyakit lemah jantung sering kali terjadi pada usia remaja hingga dewasa. Biasanya masalah ini ditimbulkan akibat menjalani program penurunan berat badan. Apalagi jika diet yang dilakukan adalah diet tinggi protein, metode ini membuka jalan bagi pengembangan kadar kolesterol jahat yang tinggi dalam sistem kardiovaskular.

2. Bulimia

Jenis penyakit akibat melakukan diet yang salah berikutnya adalah bulimia. Ini merupakan gangguan makan yang ditandai dengan kecenderungan untuk memuntahkan kembali makanan yang telah dimakan. Bulimia sendiri termasuk penyakit gangguan mental yang berbahaya dan berpotensi mengancam nyawa penderitanya, loh. Sehingga kamu perlu berhati-hati ketika melakukan program penurunan berat badan.

3. Sarcopenia

Biasanya, mereka yang sedang melakukan program penurunan berat badan, akan mengurangi makan atau bahkan tidak sama sekali demi mencapai hasil yang mereka inginkan. Namun, sayangnya, cara ini tidak dibenarkan, ya. Sebab, hanya akan membuatmu mengalami sarcopenia atau kehilangan otot. Hal ini terjadi karena ketika tubuh kelaparan dan kamu tidak mengonsumi makanan yang cukup, tubuh akan menggunakan otot untuk energinya dan hal tersebut sangatlah berbahaya.

4. Malnutrisi

Jenis penyakit akibat melakukan diet yang salah berikutnya adalah malnutrisi. Penyakit ini biasanya terjadi akibat tubuh kekurangan nutrisi. Hal ini sangat mungkin terjadi bagi kamu yang menjalani program penurunan berat badan secara berlebihan. Untuk menghindari masalah ini, ada baiknya mengetahui berbagai nutrisi yang dibutuhkan saat diet dan memilih makanan yang mengandung nutiri tersebut.

5. Anoreksia

Kalau yang berikut ini adalah sebuah gangguan makan yang ditandai dengan penolakan untuk mempertahankan berat badan yang sehat. Serta adanya rasa takut berlebihan ketika berat badan bertambah akibat pencitraan diri yang salah.

Penyakit anoreksia atau gangguan psikologis ini, timbul akibat terlalu berambisi untuk mendapatkan tubuh yang langsing. Akibatnya, ia melakukan berbagai cara demi mewujudkan keinginannya. Namun, cara yang mereka lakukan justru malah merusak tubuhnya dan menyebabkan kekurangan gizi.

Baca Juga: 7 Cara Agar Tak Gagal Diet Saat di Rumah Aja

Jadi, bagaimana? Apakah kamu masih ingin melakukan diet dengan cara yang salah? Seruni sarankan untuk mempertimbangkannya kembali dan memilih diet yang sehat. Jangan sampai impian untuk memiliki tubuh yang kurus justru berujung menimbulkan penyakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.