5 Penyebab Pusing Secara Mendadak Saat Berdiri

  • Bagikan
5 Penyebab Pusing Secara Mendadak Saat Berdiri
health.detik.com

Seruni.id – Kamu pernah merasakan pusing secara mendadak saat berdiri maupun duduk? Saat kondisi ini terjadi, benda yang berada di sekeliling seolah ikut berputar. Umumnya, rasa pusing ini tidak akan berlangsung lama.

5 Penyebab Pusing Secara Mendadak Saat Berdiri
klikhijau.com

Biasanya butuh beberapa detik saja untuk berdiam diri hingga rasa pusing tersebut menghilang. Namun, tahukah kamu, apa sih penyebab pusing mendadak saat berdiri? Berikut ini Seruni akan membagikan sedikit ulasan mengenai pemicu pusing yang terjadi secara mendadak.

1. Berdiri Terlalu Cepat

Coba diingat-ingat, saat terjadi pusing mendadak, apakah kamu berdiri terlalu cepat? Jika iya, kamu perlu menghentikan kebiasaan ini segera. Sebab, ketika kamu bangkit terlalu cepat saat tiduran maupun duduk, peredaran darah belum bergerak lancar di area kepala. Secara medis, hal ini dikenal sebagai istilah hipotensi ortostatik, yaitu keadaan penurunan tekanan darah secara drastis ketika kamu berdiri.

2. Permasalahan di Telinga di Bagian Dalam

Pemicu pusing secara mendadak saat beridiri juga bisa disebabkan oleh tidak berfungsinya saluran telinga dalam. Sehingga kondisi ini menyebabkan pusing dan gerakan mata yang tidak terkendali secara cepat. Hal ini dikenal sebagai nystagmus. Meski demikian, kondisi ini bisa sembuh dengan diberikan pengobatan yang tepat.

3. Tekanan Darah Rendah

Menurut seorang peneliti jantung, tekanan darah dapat diukur dengan sistolik [tekanan darah berada di angka atas yaitu 120] dan diastolik [tekanan darah berada di angka rendah yaitu 80]. Inilah mengapa seseorang sering kali merasakan pusing secara mendadak bahkan pingsan, karena tekanan darah sistolik terlalu rendah untuk memungkinkan aliran darah yang cukup ke otak. Biasanya seseorang akan merasakan hal ini ketika tekanan sistoliknya kurang dari 80.

4. Gula Darah Rendah

Penyebab pusing secara mendadak berikutnya adalah gula darah yang rendah atau hipoglikemia. Gula darah yang rendah bukan hanya menyebabkan sakit kepala saja, tapi hal ini juga berpengaruh terhadap emosi seseorang. Di mana mereka akan lebih mudah marah, merasa kedinginan, berkeringat, dan detak jantung menjadi cepat.

5. Dehidrasi

Dehidrasi adalah kondisi di mana tubuh kehilangan lebih banyak cairan. Akibatnya, keseimbangan gula garam tubuh terganggu dan tubuh tidak dapat menjalankan fungsi normalnya. Kondisi ini sering kali menyebabkan pusing secara mendadak, terutama ketika bangkit dari duduk. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, membuat jaringan otak kehilangan air, sehingga otak akan mengecil dan menarik diri dari tengkorak.

Ini memicu reseptor rasa sakit di sekitar otak, yang menyebabkan sakit kepala. Selain itu, dehidrasi juga menyebabkan volume darah menurun. Sehingga hal tersebut dapat membuat aliran darah dan oksigen ke otak menurun. Pelebaran pembulu darah di otak akan menyebabkan pembengkakan dan sakit kepala semakin memburuk.

Baca Juga: Waspada Kepala Vertigo !

Itulah beberapa penyebab pusing secara mendadak saat berdiri. Meski kondisi ini tampak sepele, tapi jika berlangsung secara terus menerus, sebaiknya konsulatasikan ke dokter. Dengan begitu kamu akan tahu apa penyebabnya secara pasti.

  • Bagikan
seruni.id