10 Tips Makeup untuk Pemilik Wajah Kering

  • Bagikan
10 Tips Makeup untuk Pemilik Wajah Kering

Seruni.id – Makeup menjadi kebutuhan penting bagi banyak wanita. Namun, hal ini menjadi masalah tersendiri bagi pemilik wajah kering. Alih-alih menyerap dengan sempurna di kulit, makeup untuk pemilik wajah kering cenderung menempel pada area wajah. Hal ini menyebabkan riasan tampak tidak merara dan hasilnya akan cakey alias tebal.

Jika kamu memiliki masalah serupa, pastikan untuk memberikan kelembapan ekstra dan jangan lupa untuk menggunakan produk yang telah diformulasikan secara khusus. Bagi kamu yang bingung dalam mengaplikasikan makeup untuk pemilik wajah kering, berikut Seruni berikan tipsnya:

1. Lakukan Eksfoliasi Wajah

10 Tips Makeup untuk Pemilik Wajah Kering
womantalk.com

Tips makeup untuk pemilik wajah kering yang pertama, lakukanlah eksfoliasi. Dengan eksfoliasi akan membantu mengangkat sel kulit mati yang menumpuk pada wajah. Hasilnya pun akan membuat tekstur wajah menjadi lebih halus sehingga riasan akan mudah meresap. Untuk pemilik kulit kering, sebaiknya pilihlah jenis scrub yang lembut (gentle) agar kulit tidak iritasi.

2. Mencuci Wajah

10 Tips Makeup untuk Pemilik Wajah Kering
pikiran-rakyat.com

Sebelum memulai makeup, cucilah wajah hingga bersih. Dan pastikan pembersih yang kamu gunakan memiliki tekstur yang lembut dan cocok untuk kulit kering. Hal tersebut akan membantu menghilangkan kotoran dari kulit, serta akan membuat kulit terlihat segar dan lembut.

3. Gunakan Pelembap

10 Tips Makeup untuk Pemilik Wajah Kering
hijab.dream.co.id

Tips makeup untuk pemilik wajah kering selanjutnya, pastikan kamu tidak lupa untuk menggunakan pelembap, ya. Karena kulit wajah yang kering tidak dapat menghasilkan cukup minyak alami untuk melembapkan kulit. Sehingga, pelembap sangat dibutuhkan sebelum kamu mengaplikasikan makeup. Namun, pelembap yang digunakan tidak bisa sembarangan.

Sebaiknya pilihlah yang memang dikhususkan untuk kulit kering dengan tekstur sedikit kental. Selain menggunakan pelembap, kamu juga bisa menggunakan serum yang mengandung asam hialuronat untuk menambah kelembapan kulit. Serum dengan kandungan tersebut, berperan penting dalam menjaga kulit agar tidak mudah terkelupas.

4. Aplikasikan Primer Wajah

10 Tips Makeup untuk Pemilik Wajah Kering
grid.id

Untuk memberikan kesan mulus pada riasan, jangan lupa untuk mengaplikasikan primer wajah. Selain memberikan kesan mulus dan lembut, primer juga berfungsi untuk membuat makeup lebih tahan lama. Kamu hanya perlu mengaplikasikannya dua sampai tiga titik saja, lalu oleskan merata keseluruh wajah.

5. Gunakan Foundation dan Consealer Khusus

10 Tips Makeup untuk Pemilik Wajah Kering

Tips makeup untuk pemilik kulit kering berikutnya, gunakanlah foundation dan consealer yang memang dikhususkan untuk kulit kering. Seruni sarankan, pilihlah foundation yang memberikan hasil akhir dewy, satin, atau demi-matte. Sebab, menggunakan foundation matte hanya akan membuat wajah menjadi lebih cakey alias tebal. Selain itu, penting sekali untuk memilih produk dalam bentuk liquid dan aplikasikan menggunakan brush.

6. Tidak Perlu Menggunakan Bedak

10 Tips Makeup untuk Pemilik Wajah Kering
cewekbanget.grid.id

Makeup untuk pemilik kulit kering, sebaiknya hindarilah penggunaan bedak saat mengaplikasikan makeup. Meski bedak bisa membuat riasan tampak lebih hidup, tapi sayangnya, penggunaan bedak hanya akan membuat wajah semakin kering. Oleh karena itu, setelah menggunakan foundation, kamu tidak perlu melapisinnya dengan bedak. Sebagai alternatifnya, kamu bisa menggunakan setting spray untuk mengunci riasan wajah.

7. Pilih Blush On dan Highliter dengan Tekstur Cair

10 Tips Makeup untuk Pemilik Wajah Kering
woop.id

Merias wajah kurang lengkap rasanya jika tidak menggunakan perona pipi, seperti blush on dan highliter. Untuk rangkaian makeup yang berikut ini, sebaiknya pilihlah yang memiliki formula krim atau liquid [cair]. Produk dengan formula seperti ini akan membuat kompleksi wajahmu tampak lebih natural.

8. Hindari Penggunaan Lipstik Matte

10 Tips Makeup untuk Pemilik Wajah Kering
ceknricek.tv

Bukan hanya kulit wajah saja yang bisa kering, bibir pun demikian. Agar tampilan makeup tampak sempurna, kamu harus menghindari penggunaan lipstik matte, karena hanya akan membuat bibir semakin kering. Sebaiknya, gunakanlah lipstik dengan hasil akhir satin atau menggunakan lip gloss untuk mendapatkan hasil yang lebih segar.

9. Gunakan Aplikator yang Tepat

10 Tips Makeup untuk Pemilik Wajah Kering
jakartanotebook.com

Tips makeup untuk pemilik kulit kering selanjutnya, kamu harus memilih aplikator makeup yang tepat. Hindarilah mengaplikasikan foundation dengan jari, terutama bagi pemilik kulit kering. Gunakanlah spons atau kuas makeup agar produk dapat terbaurkan dengan rata di kulit wajah.

10. Selalu Gunakan Face Mist

10 Tips Makeup untuk Pemilik Wajah Kering
facetofeet.com

Agar wajah tetap terlihat lembap, cobalah untuk selalu membawa face mist di dalam tas. Dengan begitu, kamu bisa menyemprotkannya kapan saja, untuk membuat wajah kembali segar.

Baca Juga: 8 Tips Makeup untuk Wanita Berkacamata

Itulah 10 tips makeup untuk pemilik wajah kering. Dengan menerapkan tips di atas, maka kulit kering tidak akan bermasalah, meski menggunakan makeup. Tertarik untuk mencobanya?

  • Bagikan
seruni.id