10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Gatal yang Menghitam

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Gatal yang Menghitam

Seruni.id – Memiliki bekas luka gatal yang kemudian menghitam, menjadi hal paling menyebalkan bagi banya orang. Sebab, bekas luka tersebut dapat membuat seseorang merasa kurang nyaman dan menganggu penampilan. Apalagi, jika bekas luka tidak sedikit dan berada pada bagian tubuh yang tidak tertutup pakaian.

10 Cara Menghilangkan Bekas Luka Gatal yang Menghitam

Kondisi ini lama-kelamaan dapat memengaruhi tingkat kepercayaan diri seseorang. Mereka bisa saja minder ketika bertemu dengan orang lain. Sebenarnya, bekas luka gatal bisa dihilangkan secara cepat dengan mengunjungi spesialis dokter kulit. Namun, tentunya cara tersebut membutuhkan biaya yang tak sedikit. Tapi tenang saja, kamu bisa menghilangkannya dengan bahan-bahan alami yang mudah ditemukan. Di antaranya sebagai berikut:

1. Krim atau Minyak

Bekas luka gatal dapat dihilangkan dengan bahan-bahan alami, misalnya dengan menggunakan krim atau minyak yang sangat melembapkan. Contohnya kakao butter atau minyak kelapa. Minyak vitamin E juga menjadi pilihan tepat untuk menghilangkan bekas luka, tapi penting untuk diketahui bahwa minyak ini dapat memengaruhi penyembuhan bekas luka baru.

2. Jeruk Nipis

Siapa yang tak tahu jeruk nipis, di balik rasanya yang asam, jeruk nipis ternyata mampu digunakan untuk mencerahkan kulit, khususnya pada area wajah. Bukan hanya untuk wajah saha, manfaat jeruk nipis juga bisa kamu gunakan untuk menghilangkan bekas luka gatal yang menghitam.

Hal ini karena adanya kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA), yang mampu mengangkat sel kulit mati, mempercepat proses regenerasi kulit, hingga mengembalikan keelastisan kulit. Saat menggunakannya usahakan untuk menghindari cahaya matahari langsung, ya. Sebab, jika terkena sinar matahari, hanya akan membuat kulitmu menjadi lebih sensitif.

Jadi, jangan terlalu sering menggunakan jeruk nipis pada kulit yang terdapat bekas luka. Cukup dengan membelah jeruk nipis menjadi dua bagian, lalu oleskan pada kulit secara merata. Diamkan selama 30 menit lalu bilas dengan air bersih.

3. Madu

Cairan alamiah dengan rasa manis ini, tidak hanya bermanfaat untuk melembapkan kulit saja, tetapi juga dijadikan sebagai obat untuk menghilangkan luka bekas gatal. Madu mengandung bahan-bahan yang dapat membantu kuit mempercepat proses regenerasi sel-sel kulit. Oleh karena itu, kamu bisa mengaplikasikannya pada kulit yang terdapat bekas luka. Cukup dengan mengoleskan sedikit madu pada kulit lalu biarkan selama 30 menit. Setelah itu, barulah bilas hingga bersih.

4. Bawang Merah

Cara menghilangkan bekas luka di wajah akibat gatal, bisa dengan memanfaatkan bawang merah. Dalam bawang merah terkandung antiinflamasi yang dapat menghambat kolagen pada bekas luka, sehingga sisa luka tersebut akan samar-samar. Namun, sebelum menggunakan bahan alami ini untuk menghilangkan bekas luka gatal, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, karena kulit wajah sangat sensitif sekali daripada kulit tubuh lainnya.

5. Timun

Buah timun kerap kali dijadikan sebagai masker alami, sensasinya yang dingin membuat kita merasa rileks dan nyaman. Selain memanfaatkanya sebagai masker, timun ternyata juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas luka gatal, terutama bagi yang memiliki kulit sensitif. Luka akan hilang dengan cepat ditambah lagi kulitmu akan lebih cerah.

6. Minyak Zaitun

Minyak zaitun kaya akan vitamin K dan E yang baik untuk kulit. Dan juga dilengkapi dengan antioksidan dan asam tinggi yang efektif dalam menghilangkan bekas luka gatal. Selain itu, teradapat pula kandungan zat linoleic acid yang berguna untuk memudarkan bekas luka hitam. Untuk menggunakannya, cukup mencampurkan minyak zaitun dengan baking soda. Kemudian gosokkan perlahan pada area yang terdapat bekas luka. Agar hasil lebih maksimal, lakukan cara ini serutin mungkin, ya.

7. Lidah Buaya

Tanaman yang terkenal karena segudang manfaat ini, memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu mengurangi iritaasi kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati pada bekas luka. Bukan hanya itu saja, lidah buaya juga dapat mengurangi pembengkakan, membantu memperbaiki kerusakan kulit, serta meregenerasi kulit.

Kamu cukup mengoleskannya secara merata pada kulit yang terdapat bekas luka, dan biarkan selama kurang lebih 15 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, kamu dapat melakukan cara ini di pagi setelah bangun tidur dan malam hari sebelum tidur.

8. Air Kelapa

Buah kelapa mengandung banyak sekali nutrisi penting yang baik untuk tubuh. Mulai dari vitamin C, serat, protein, kalium, hingga magnesium. Vitamin C di dalamnya bermanfaat untuk menghilangkan bekas luka gatal pada kulit.

dengan membasuh air kelapa ke bekas luka, ternyata cukup efektif untuk menghilangkan bekas luka tersebut. Ingat ya, kamu hanya perlu membasuhnya pada bagian yang terdapat bekas luka saja. Jika sudah, biarkan hingga mengering dan bilas dengan air bersih.

9. Mengompres dengan Handuk Hangat

Dengan mengompres bekas luka gatal menggunakan handuk hangat, akan meningkatkan aliran darah ke bekas luka. Jika aliran darah meningkat, pasokan oksigen juga akan semakin bertambah. Asupan oksigen yang cukup dalam darah bisa merangsang sel-sel yang berada pada sekitar luka akan pulih lebih cepat. Semakin cepat luka sembuh, semakin cepat pula luka terkelupas dan bekasnya bisa hilang dalam waktu yang tidak terlalu lama.

10. Vitamin E

Cara menghilangkan bekas luka gatal yang menghitam selanjutnya adalah dengan vitamin E. Menurut penelitian, menggunakan vitamin E sebelum dan sesudah operasi dapat mempercepat proses penyembuhan dan mencegah munculnya keloid atau jaringan parut pada kulit. Kamu bisa menggunakan krim, salep, atau suplemen yang mengandung vitamin E. Selain itu, kamu juga bisa mengonsumsi makanan sehat yang mengandung cukup vitamin E, seperti biji-bijian, kacang, dan sayuran hijau.

Baca Juga: Hilangkan Luka Memar Lebih Cepat dengan 5 Cara ini!

Itulah 10 cara menghilangkan bekas luka gatal yang menghitam dengan bahan-bahan alami. Semoga salah satu cara yang telah Seruni sebutkan dapat membantumu, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.