5 Tips Aman Memotong Bawang Merah Agar Tidak Menangis

5 Tips Aman Memotong Bawang Merah Agar Tidak Menangis

Seruni.id – Memotong bawang merah adalah salah satu kegiatan yang banyak tidak disukai. Bukan saja baunya yang menganggu, tapi ketika memotongnya tak jarang justru membuat mata perih hingga mengeluarkan air mata. Untuk mengatasi hal tersebut, tentunya kamu harus menggunakan tips yang tepat.

5 Tips Aman Memotong Bawang Merah Agar Tidak Menangis

Untukmu yang penasaran bagaimana cara mengatasi masalah tangisan saat memotong bawang merah, simak informasi yang Seruni berikan berikut ini, ya. Tapi sebelumnya simak dulu penyebabnya, yuk!

Penyebab Menangis Saat Memotong Bawang Merah

Banyak dari kita pasti mengalami hal ini kan? Mengiris bawang hinga menangis. Apa sih yang menjadi faktor tersebut? Ternyata bawang merah mengandung bahan kimia, yang apabila digabungkan akan menghasilkan gas yang membuat mata terasa pedas. Komponen kimia dalam bawang yang bernama sulfoksida dan sintase ini, saling mengikat setelah diiris. Gas yang dihasilkan, syn-propanethial S-oxide dapat mengiritasi kelenjar di mata kita dan membuatnya berair.

Bagaimana Caranya Agar Mata Tidak Perih?

Untuk mengatasi masalah ini atau mencegahnya agar tidak terjadi, sebelum memotong bawang merah, kamu bisa melakukan beberapa persiapan. Persiapan ini nantinya akan mengurangi jumlah syn-propanethial S-oxide yang dilepaskan oleh bawang dan menjauhkan gas dari mata.

1. Gunakan Pisau Tajam

Pisau ternyata sangat berpengaruh terhadap efek pedas dari bawang merah ke mata, loh. Agar tidak mata tidak perih saat memotong bawang merah, hindarilah penggunaan pisau tumpul, ya. Karena hal ini akan menimbulkan gesekan yang lebih sering pada bawang. Sehingga akan membuat zat di dalamnya jadi lebih sering mengenai mata. Jadi, sebaiknya gunakanlah pisau tajam untuk meminimalisir kemungkinan gesekan antara pisang ke bawang berkali-kali.

2. Gunakan Semprotan Cuka

Tips berikutnya untuk mengurangi sakit mata akibat potongan bawang adalah dengan menggunakan semprotan cuka. Cara menggunakannya sangatlah sederhana, cukup menyemprotkan larutan cuka pada area talenan, lalu kamu bisa mengiris bawang tanpa menangis. Larutan cuka mampu mencegah reaksi belerang pada bawang.

3. Rendam Bawang dengan Air Es

Opsi lain yang dapat kamu lakukan dengan mudah adalah dengan cara merendam bawang di dalam air es. Namun, pastikan bawang merah telah dikupas bersih dan siap diiris, ya. Kemudian rendamlah bawang tersebut selama kurang lebih 5 menit. Biarkan dan kamu dapat mengirisnya seperti biasa.

4. Biarkan Bagian Ujung Bawang Tidak Terpotong

Kalau kamu tidak ingin memotong bawang sambil menangis karena efek perih, kamu bisa hindari memotong bagian ujung bawang. Cara lainnya adalah dengan memotong bagian ujung bawang pada bagian akhir saja. Hal ini karena terdapat lebih banyak zat di ujung bawang yang membuat mata iritasi.

5. Gunakan Kipas Angin

Zat belerang yang terkandung di dalam bawang merah memang dapat menyebabkan mata perih selama proses pengirisan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka kamu dapat memanfaatkan kipas angin untuk menghalau zat belerang tersebut. Cara ini dapat memimalisir kemungkinan mata perih saat mengiris bawang merah.

Cara Memotong Bawang Merah Tanpa Menangis

Langkah awal, mulailah dengan memotong bagian bawang yang paling atas. Biarkan akarnya dipotong terakhir. Kemudian, potong bagian tengah bawang dan sesuaikan ketebalannya. Ini akan membantu menghindari pelepasan gas dalam jumlah besar, yang menyebabkan air mata.

Setelah memotong bagian tengah menjadi irisan tipis, barulah potong akarnya, lalu mulailah potongan baru di atas bawang. Sebelum merajangnya, masukkan bawang yang sudah dipotong ke dalam wadah dan jauhkan dari mata.

Cara ini dapat membantu beberapa gas masuk ke kap mesin dan menjauh dari mata. Atau kamu juga bisa menyalakan lilin besar sambil memotong bawang dan meletakkannya di dekat talenan. Nyala api tersebut akan membakar senyawa belerang, sehingga mengurangi gas yang masuk ke mata. Seruni sarankan juga untuk menggigit sepotong roti saat memotong bawang.

Baca Juga: Agar Tidak Mudah Busuk, Ini 10 Cara Menyimpan Bawang Merah di Rumah

Nah, beberapa cara di atas dapat menjadi informasi menarik bagimu agar matamu tak lagi perih ketika mengiris bawang. Yuk, coba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.