6 Cara Mengapresiasi Diri Atas Kerja Keras yang Dilakukan

6 Cara Mengapresiasi Diri Atas Kerja Keras yang Dilakukan
beautynesia.id

Seruni.id – Mungkin kita menganggap kalau apresiasi atas kerja keras yang telah kita lakukan itu datangnya dari orang lain. Apapun bentuknya, mulai dari pujian atau saran. Padahal, mengapresiasi diri sangat penting dilakukan, loh. Tak lain, agar kita selalu bisa menghargai diri sendiri.

6 Cara Mengapresiasi Diri Atas Kerja Keras yang Dilakukan
longer.tistory.com

Namun, tak sedikit dari kita yang lupa untuk mengapresiasi kerja keras yang selama ini dilakukan. Tak melulu dengan hal-hal yang berbau kemewahan. Karena terkadang, kemewahan tak menjamin kebahagiaan. Kamu bisa melakukannya dengan hal-hal sederhana, seperti beberapa cara berikut ini misalnya.

1. Beritahu Orang Terdekat

Kerja keras yang kamu lakukan serta pencapaian yang telah diraih saat ini, tak lepas dari kendala yang muncul. Jangan pendam keluh kesahmu sendiri. Sampaikan pada orang terdekat yang memang kamu percaya. Seperti keluarga, sahabat, atau pasangan. Namun, kebanyakan orang tidak membagikan momen saat meraih pencapaiannya. Oleh sebab itu, beritahu orang terdekat mengenao hal ini. Tak perlu keseluruhan, cukup sampaikan garis besarnya saja dan mereka pasti akan memuji atas segala pencapaian yang kamu raih. Sebab, dengan pujian akan menjadikan motivasi untuk lebih baik lagi ke depannya.

2. Memanjakan Diri

Cara mengapresiasi diri sendiri bisa dilakukan dengan melakukan me time. Dengan meluangkan waktu untuk diri sendiri, kamu bisa melakukan banyak hal. Mulai dari treatment, spa, atau hanya sekadar memakai masker wajah. Karena kesempatan ini tidak bisa dilakukan ketika pekerjaan sedang menumpuk dan dikejar deadline. Meski hal ini tampak sepele, namun akan memberikan efek rileksasi tersendiri untuk tubuh dan otak.

3. Jalan-jalan

Untuk melakukan perjalan jauh, memang membutuhkan biaya yang tak sedikit. Pasalnya, kamu harus merogoh kocek dalam-dalam, demi mengapresiasi diri sendiri. Menikmati suasana baru dan melupakan pekerjaan sejenak, adalah keputusan yang tepat. Namun terkadang, kamu tak sempat untuk melakukannya. Jangan khawatir. Kamu bisa berperan menjadi turis di kota yang kamu tinggali saat ini.

Padatnya aktivitas pekerjaan membuatmu terpaksa harus melewatkan beberapa hal yang baru di sana. Berjalan-jalan dan menikmati suasana kota yang sering kali kamu lewatkan itu juga bisa membuat pikiran segar. Mencoba tempat makan baru? Ide yang bagus. Nikmati suasana hujan dan senja di kotamu saat ini juga hal yang luar biasa.

4. Beli Makanan atau Barang yang Kamu Inginkan

Selama bekerja mungkin kamu lupa akan keinginan dirimu sendiri. Jadi, untuk mengapresiasi diri, tak ada salahnya loh membeli barang-barang yang kamu inginkan. Atau hanya sekadar membeli makanan di restoran. Hal tersebut bisa kamu lakukan demi mencapai kepuasan diri setelah apa yang menjadi tanggung jawabmu selesai kamu kerjaan dengan baik.

5. Beli Peralatan yang Ada Kaitannya dengan Hobi

Pekerjaan yang padat dan melelahkan, akan memungkinkan kamu untuk meninggalkan hobi dan kegiatan favorit lainnya. Namun, bukan berarti kamu kehilangan kemampuan untuk itu. Saat mencapai target atau suatu proyek telah selesai, jangan ragu untuk melakukan hobi. Sebelum proyek selanjutnya.

Tapi, dengan bonus atau tunjangan prestasi yang diterima, tak ada salahnya menggunakan untuk hobi. Tanpa kamu sadari, tidak ada hobi tanpa biaya. Oleh karena itu, sebagai bentuk apresiasi diri, belilah barang yang selama ini kamu incar sebagai fasilitas menjalankan hobi. Jangan pikirkan masalah harga kalau itu tujuannya untuk apresiasi diri.

6. Renungkan Pencapaian Selama Setahun Terakhir

Dan jangan lupa pikirkan dan renungkan bagaimana kamu bisa meraih segala pencapaian saat ini. Seperti naik jabatan, mendapat bonus atau pindah kantor dekat rumah. Masing-masing orang memiliki strategi dan cara yang berbeda dalam mencapai tujuan. Mengambil proyek lebih besar, menemukan mentor baik, dan menjadi lebih percaya diri merupakan pencapaian yang tidak semua orang bisa alami. Atau mungkin bermimpi untuk mempunyai keinginan lebih besar lagi untuk masa depan lebih baik.

Baca Juga: 7 Cara Sederhana Menjaga Keseimbangan Antara Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi

Jadi, itulah cara sederhana mengapresiasi diri atas kerja keras yang dilakukan selama ini. Akan tetapi, hal ini tergantung apa pilihan kamu sebagai bentuk apresiasi diri. Setelah itu, tantang dirimu untuk lebih kreatif, inspiratif, dan positif. Jangan ragu untuk menerima tantangan baru.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.