Cara Membersihkan Masker Berdasarkan Jenisnya

Cara Membersihkan Masker Berdasarkan Jenisnya
bobobox.co.id

Seruni.id – Masker menjadi barang wajib yang perlu kita pakai saat keluar rumah demi menghalang debu atau virus berbahaya. Jika seseorang menyentuh masker yang terkontaminasi, kemudian menyentuh mulut atau hidung, dapat berpotensi terkena infeksi. Oleh karena itu, masker harus selalu dalam keadaan bersih dan steril. Namun, cara membersihkan masker perlu diperhatikan dengan baik.

Sebab, setiap jenisnya memiliki cara yang berbeda saat membersihkannya. Agar tidak merusak bahan masker dan mempertahankan kegunaannya. Yuk ikuti cara membersihkan masker wajah berdasarkan jenisnya seperti berikut ini.

1. Maske Medis

Cara Membersihkan Masker Berdasarkan Jenisnya
bangka.sorona.id

Masker medis seperti masker N95, sebenarnya dirancang untuk sekali pakai saja. Jadi, setelah dipakai kamu harus segera membuangnya dan hindari penggunaan secara berulang, ya. Namun, untuk melepasnya tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Setelah memakainya, buang masker dengan melepas ikatan earloop alias tali yang berada di bagian telinga, kemudian barulang buang ke tempat sampah. Hindari memegang bagian depan masker, ya. Karena pada bagian tersebut cenderung lebih mudah terkontaminasi. Masker medis sebaiknya diganti setiap empat jam sekali. Namun, jika masker masker kotor, sobek hingga basah, kamu harus segara menggantinya.

2. Masker Kain

Cara Membersihkan Masker Berdasarkan Jenisnya
tirto.id

Di awal masa pandemi, masker medis sempat langa. Kalaupun ada, harganya pun sangat tinggi. Sehingga, pemerintah menyarankan kita untuk menggunakan masker kain. Berbeda dengan masker medis, masker berbahan kain ini bisa kamu gunakan berulang, loh. Tapi setelah digunakan, masker harus dicuci hingga benar-benar bersih. Lantas, bagaimanakah cara membersihkan masker kain?

Gampang banget, kok. Pertama-tama kamu harus mencuci tangan terlebih dahulu. Kemudian lepaskan masker secara hati-hati agar tidak menyentuh mata, hidung, maupun mulut. Barulah masukkan masker ke mesin cuci dan setelahnya langsung mencuci tangan kembali. Untuk mencucinya sangat disarankan menggunakan deterjen biasa bersama dengan pemutih dan air hangat berdasarkan jenis kain tertentu. Setelah dicuci, segera keringkan masker di bawah sinar matahari.

3. Face Shield

Cara Membersihkan Masker Berdasarkan Jenisnya
tirto.id

Berbeda dengan masker pada umumnya, face shield memiliki bagian yang terbuka di samping, sehingga kurang efektif dalam memberikan perlindungan. Namun, face shield bisa memberikan perlindungan mata secara efektif. Cara membersihkannya adalah dengan membersihkan bagian dalam terlebih dahulu menggunakan kain bersih yang dibasahi dengan larutan deterjen netral atau lap pembersih. Lalu bersihkan bagian luar dengan lap disinfektan dan alkohol untuk menghilangkan residu.

Jadi, itulah cara membersihkan masker berdasarkan jenisnya. Pada intinya, hanya masker kain saja yang dapat dibersihkan dan digunakan secara berulang. Untuk masker medis, tidak dirancang untuk digunakan kembali dan harus segera dibuang ke tempat sampah. Kecuali dapat menanganinya dengan memiliki akses ke peralatan yang tepat mendisinfeksi. Sedangkan face shield perlu khususnya bagi yang tidak memakai kacamata untuk perlindungan tambahan.

Baca Juga: 7 Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Memakai Masker

Pastikan kamu selalu mematuhi protokol kesehatan di mana pun kamu berada. Mulai dari mencuci tangan, menjaga jarak, tidak berada dalam kerumunan, dan pastinya memakai masker. Selain itu, jangan lupa tetap menjaga imun agar tidak mudah sakit dengan cara mengonsumsi makanan sehat, perbanyak minum air putih, vitamin, dan berolahraga. Semoga artikel ini dapat membantu kalian semua.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.