10 Kebiasan yang Bisa Membakar Kalori

10 Kebiasan yang Bisa Membakar Kalori
blog.rumahdewi.com

Seruni.id – Olahraga merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh serta bisa membakar kalori demi menurunkan lemak tubuh. Faktanya, cara ini juga sangat efektif untuk membentuk tubuh yang ideal.

10 Kebiasan yang Bisa Membakar Kalori
mediacerita.com

Namun sayangnya, tidak semua orang suka olahraga. Tapi jangan khawatir, bagi kamu yang malas berolaharaga dan ingin mendapatkan tubuh yang ideal, ada beberapa kebiasaan yang tak terasa seperti olahraga tapi cukup efektif untuk bisa membakar kalori. Apa saja, ya?

1. Membersihkan Rumah

Meski kegiatan ini tampak sepele, namun kegiatan membersihkan rumah juga baik untuk kesehatan mental dan juga bisa membakar kalori. Karena kegiatan ini akan mendorong tubuh untuk berkeringat yang kerap tidak disaradi jika itu sama saja seperti berolahraga. Pada wanita, membersihkan rumah bisa membakar kalori hampir 200 per jam dan lebih dari 200 pada pria.

2. Belanja

Berada di pusat perbelanjaan tidak hanya menyenangkan, tapi tanpa disadari juga membantu untuk membakar kalori. Sebab, kamu cenderung banyak berjalan hingga ratusan langkah. Bahkan, berjalan di pusat perbelanjaan sambil membawa beban seperti tas atau barang belanjaan. Karena itu, pergilah belanja ke pusat perbelanjaan daripada memakai layanan online.

3. Menari

Kamu suka menari? Beruntunglah, karena dengan cara ini kalori akan terbakar dengan baik ketika kamu menggerakkan tubuh. Aktivitas ini tak hanya baik untuk tubuh, tetapi juga pikiran dan jiwa. Secara umum, menari bisa membakar kalori hingga 240 pada pria dan 209 pada wanita selama setengah jam.

4. Tidur

Tahukah kamu, bahwa kurang tidur bisa menjadi penghambat penurunan berat badan? Nah, kondisi seperti ini akan meningkatkan hormone lapar. Akibarnya, tubuh akan terus menerus merasa membutuhkan gula. Sehingga, makanan yang disantap keesokan harinya menjadi lebih banyak. Jadi, matikan televisi, ponsel, dan lampu sebelum larut malam. Cobalah untuk tidur lebih awal dan bangun 7-9 jam kemudian.

5. Banyak Bergerak

Semakin canggihnya teknologi memang membawa keuntungan bagi kita, semua jadi serba praktis. Namun, gerakan tubuh pun menjadi ikut berkurang. Padahal, banyak bergerak akan meningkatkan metabolisme tubuh. Jadi, kebiasaan yang bisa membuat lebih banyak bergerak harus terus dilakukan. Sementara, bagi kalian yang kerja “kantoran”, mungkin bisa memilih kamar kecil di lantai yang berbeda agar punya waktu bergerak yang lebih lama. Bersepeda ke tujuan-tujuan yang tidak jauh dari rumah juga bisa menjadi opsi. Kamu juga bisa menambahkan olahraga ringan dan singkat ketika kamu pergi ke kamar kecil. Kuncinya, lakukan gerakan sebanyak mungkin.

6. Minum Kopi

Kafein yang terdapat pada kopi ternyata dapat meningkatkan metabolisme tubuh ketika beristirahat (kalori yang dibakar dalam posisi istirahat). Angkanya bisa mencapai 3-11 persen lebih tinggi. Semakin tinggi rasio tersebut, maka akan semakin mudah pula proses penurunan berat badan. Sebuah studi bahkan menemukan kafein mampu mempercepat pembakaran lemak pada perempuan kurus, sebanyak 29 persen. Akan tetapi, tidak semua kafein memberi dampak sama. Pilihlah teh hijau atau teh hitam, kopi hitam, atau kopi dalam protein smoothie.

7. Jalan Cepat

Meningkatkan NEAT (non exercise activity thermogenesis) akan meningkatkan metabolisme tubuh. Sehingga, kalori akan terbakar lebih banyak dan berat tubuh lebih mudah turun. Jadi, luangkanlah waktu untuk berjalan cepat secara rutin. Apalagi, hal ini bisa kamu lakukan di banyak tempat. Seperti saat pergi kerja, pergi makan siang, atau saat pergi makan malam.

8. Hindari Duduk Sepanjang Hari

Untuk dapat membakar kalori, pastikan kamu tidak duduk sepanjang hari, ya. Meski berdiri hanya akan membakar kalori sedikit, namun ini akan lebih baik daripada kamu duduk dalam waktu lama. Namun, berdiri bisa menguatkan otot inti, dan meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, berdiri membuat kita lebih terpacu untuk melakukan banyak gerakan, seperti berjalan di sekitar. Sebaliknya, duduk sepanjang hari tidak hanya akan meningkatkan risiko sakit punggung dan urat mengencang, tapi juga buruk bagi otak. Duduk sepanjang hari pun meningkatkan risiko penyakit jantung, diabetes, dan kematian dini.

9. Minum 8 Gelas Per Hari

Mungkin kamu sudah sering mendengar tips yang satu ini. Namun, sebuah studi di Jerman telah membuktikan bahwa minum delapan gelas air, atau 2 liter memang dapat membantu membakar kurnag lebih 100 kalori ekstra dalam sehari. Meski kedengarannya tidak terlalu banyak, tetapi bisa menambah 700 kalori per minggu atau 2.800 kalori per bulan. Di lain sisi, minum air mineral dalam jumlah yang cukup juga berfungsi untuk menjaga usus dan ginjal, serta dapat membantu mencegah rasa lapar lebih lama. Kendati demikian, perlu diingat bahwa segala sesuatu tidak akan bermanfaat baik jika terlalu berlebihan, begitu juga dalam hal minum air mineral.

Baca Juga: Hilangkan Lemak di Pipi dengan 5 Cara Ini!

10. Pilih Produk Susu Rendah Lemak

Kalsium dari produk susu rendah lemak tidak secara khusus dapat membantu membakar kalori lebih banyak, tetapi mungkin melakukan beberapa hal untuk membantu mencegah penimbunan lemak tubuh. Hasil dari penelitian Denmark baru-baru ini menunjukkan bahwa tubuh mungkin menyerap lebih sedikit kalori lemak dari makanan saat sedang mengonsumsi kalsium dari produk susu rendah lemak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.