6 Cara Mengatasi Kulit Tangan Belang, Bikin Kamu Lebih Percaya Diri

  • Bagikan
6 Cara Mengatasi Kulit Tangan Belang, Bikin Kamu Lebih Percaya Diri
indozone.com

Seruni.id – Panasnya matahari ditambah tidak memakai sunscreen, bisa membuat kulit kita menjadi belang, loh. Apalagi, bagi para pengendara motor yang kerap kali lupa menggunakan sarung tangan. Alhasil, membuat kulit tangan belang. Belum lagi debu dan polusi di jalanan, semakin membuat kulit tampak kusam.

Nah, untuk membuat kulit tangan belang menjadi lebih bersih dan putih, tentu saja diperlukan perawatan ekstra. Tapi tenang saja, perawatannya tidaklah sulit kok, apalagi sampai menguras kantong. Buat kamu yang punya permasalahan serupa, langsung saja simak beberapa caranya berikut ini, ya. Semoga bermanfaat!

 

1. Masker Kulit Jeruk

6 Cara Mengatasi Kulit Tangan Belang, Bikin Kamu Lebih Percaya Diri
gonaturecare.blogspot.com

Jangan buang dulu kulit jeruk yang tersisa, ya. Kulit yang kerap kita anggap sebagai sampah, ternyata bisa dimanfaatkan kembali, loh. Terutama untuk mengatasi kulit tangan belang.

Sebab, di dalam kulit jeruk terkandung vitamin C yang dapat membantu untuk mencerahkan kulit dan memutihkan kulit tangan belang akibat paparan sianr matahari. Kandungan asam sitrat juga bisa berguna untuk mengeksfoliasi kulit sehingga tampak cerah dan bersih.

Cara membuat:

  • Campurkan kulit jeruk yang telah dikeringkan dan menjadi bubuk dengan yogurt hingga berbentuk pasta.
  • Setelah itu, barulah aplikasikan ke kulit tangan dan biarkan selama 15-20 menit.
  • Bilas dengan air bersih.

Agar hasil yang didapat lebih maksimal, kamu bisa menggunakan masker kulit jeruk secara rutin, 1-2 kali seminggu.

 

2. Masker Oatmeal dan Tomat

6 Cara Mengatasi Kulit Tangan Belang, Bikin Kamu Lebih Percaya Diri
fimela.com

Terlalu sering terkena paparan sinar matahari, biasa membuat kulit tampak kusam dan rusak. Untuk memperbaikinya, manfaatkanlah oatmeal dan tomat sebagai bahan masker tangan. Selain sebagai pengganti karbohidrat, rupanya oatmeal bisa dijadikan sebagai scrub alami yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati.

Sedangkan tomat mengandung likopen yang dapat mencegah kerusakan akibat sinar matahari, sehingga kombinasi keduanya sangat baik untuk membantu mengangkat sel kulit mati dan membuat tangan putih alami.

Cara membuat:

  • Campurkan 2 sendok makan perasan tomat, 2 sendok makan yogurt, dan 4 sendok makan oatmeal.
  • Aduk sampai campuran tersebut bertekstur seperti pasta.
  • Oleskan campuran tersebut pada kulit tangan, biarkan selama 15 menit.
  • Terkahir, bilas dengan air dingin.

 

3. Menggunakan Scrub Garam

6 Cara Mengatasi Kulit Tangan Belang, Bikin Kamu Lebih Percaya Diri
cewekbanget.grid.id

Buat kamu yang memiliki kulit tangan belang, cobalah manfaatkan garam untuk mengembalikan warna kulitmu menjadi lebih cerah. Selain mudah, cara ini juga diketahui sangat ampuh, loh.

Cara membuat:

  • Campurkan garam laut mati dengan 1/4 minyak zaitun, atau bisa diganti dengan minyak jojoba.
  • Tambahkan 10-20 tetes minyak stiri eukaliptus atau lavender.
  • Aplikasikan campurkan tersebut ke area kulit tangan belang.
  • Pijat secara lembut dengan gerakan memutar selama 15 menit.
  • Bilas dengan air suam-suam kuku.

 

4. Gosokkan Kulit Tangan dengan Mentimun

6 Cara Mengatasi Kulit Tangan Belang, Bikin Kamu Lebih Percaya Diri
eatthis.com

Mentimun mengandung vitamin A yang dapat membantu mengontrol produksi melanin. Selain itu, mentimun dipercaya dapat menghidrasi kulit serta membuat kulit tangan menjadi lebih lembut dan awet muda tanpa kerutan. Selain digunakan untuk masker mata, timun juga bisa digunakan untuk membersihkan kotoran yang ada di kulit tangan sehingga kulit tangan akan tampak putih.

Agar kulit tangan putih dan terhidrasi, kamu hanya perlu memotong mentimun menjadi irisan tipis, kemudian gosokkan ke kulit tangan selama 5 menit. Lalu letakkan irisan mentimun di kulit selama 15 menit dan bilas dengan air. Kamu bisa mendapatkan hasil maksimal apabila kamu rutin melakukan perawatan ini 2-3 kali dalam sehari.

5. Masker dari Campuran Pisang, Gula, dan Madu

6 Cara Mengatasi Kulit Tangan Belang, Bikin Kamu Lebih Percaya Diri
doktersehat.com

Kulit tangan belang menjadi masalah umum yang kerap dirasakan oleh para pengendara motor. Tapi tenang saja, kamu bisa mengatasinya dengan mudah. Pisang, gula, dan madu bisa kamu manfaatkan untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara membuat:

  • Siapkan pisang, madu, dan gula secukupnya.
  • Lalu, campurkan ketiga bahan tersebut sampai membentuk pasta.
  • Kemudian, oleskan secara merata ke kulit tangan yang belang, biarkan selama 30 menit.
  • Setelah 30 menit, kamu bisa langsung membilasnya dengan air bersih.

 

6. Jangan Lupa Gunakan Tabir Surya

6 Cara Mengatasi Kulit Tangan Belang, Bikin Kamu Lebih Percaya Diri
cnnindonesia.com

Tabir surya tidak hanya penting untuk digunakan sebelum berjemur saja, tapi kamu juga perlu menggunakannya untuk mengatasi kulit tangan belang. Produk perawatan kulit tersebut bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari dan mempercepat proses regenerasi warna kulit.

Untuk jenisnya, pilihlah tabir surya dengan Sun Protector Factor (SPF) minimal 30. Gunakan 15-30 menit sebelum beraktivitas di luar rumah dan oleskan secara merata setiap 2 jam sekali. Bila perlu, kamu bisa menggunakan topi, baju lengan panjang, dan sarung tangan (jika mengendarai motor) agar kulit semakin terlindungi dari paparan sinar UV matahari.

Baca Juga: 6 Masalah Kulit yang Menandakan Adanya Gangguan pada Hati

Ternyata untuk mengatasi kulit tangan belang sangat mudah kok. Namun, meski demikian, kamu juga harus membiasakan untuk mengenakan sarung tangan ketika berkendara, ya. Agar tanganmu tidak kembali belang dan kusam.

  • Bagikan