4 Sifat Ayah yang Diwariskan ke Anak, Apa Saja?

  • Bagikan
4 Sifat Ayah yang Diwariskan ke Anak, Apa Saja?
instagram.com/mputrasetia

Seruni.id – Kamu tahu gak sih, ternyata ada beberapa sifat ayah yang diwariskan ke anak, loh. Hal ini pasti membuat kamu penasaran. Maka dari itu, langsung saja simak ulasannya berikut ini, yuk!

4 Sifat Ayah yang Diwariskan ke Anak, Apa Saja?
instagram.com/mputrasetia

Anak adalah anugerah terbesar dalam sebuah keluarga. Dengan hadirnya seorang anak, pasangan suami istri telah resmi menjadi orangtua. Tentunya kehadiran anak juga membuat mereka merasa begitu bahagia. Apalagi, jika anak mewariskan beberapa kemiripan wajah maupun sifat dari keduanya.

Anak tidak hanya diwariskan soal kemiripan fisik saja, tapi mereka juga diwariskan beberapa sifat dari ayah atau ibunya. Berdasarkan sebuah penelitian, beberapa sifat anak lebih condong diwariskan oleh sang ayah. Nah, berikut ini Seruni telah merangkum beberapa sifat ayah yang diwariskan ke anak.

 

1. Kecerdasan

Salah satu sifat ayah yang diwariskan ke anak adalah kecerdasan. Berdasarkan sebuah penelitian, kecerdasan seorang ayah berperan besar terhadap kecerdasan buah hatinya. Ayah yang cerdas, cerdik, dan teliti akan memungkinkan memiliki anak yang cerdas dan teliti pula.

Begitupun dengan ibu. Sosok ibu yang cerdas tidak menutup kemungkinan untuk melahirkan anak yang cerdas dan mengesankan. Meski demikitan, kecerdasaran yang diwariskan ibu, tidak sebanyak ayah ke anaknya.

 

2. Selera Humor

Apakah ayah dari si kecil adalah orang yang serius atau mungkin memiliki selera humor yang cukup tinggi? Percaya atau tidak, selera humor tampaknya menjadi salah satu sifat ayah yang diwariskan ke anak, loh.

Memiliki selera humor adlaah sifat kepribadian dan cenderung diwarisi oleh ayahnya. Jika sang ayah adalah orang yang lucu dan menyenangkan, maka si buah hati pun tak beda jauh dengan ayahnya.

 

3. Semangat dan Keberanian

Sifat ayah yang diwariskan ke anak berikutnya adalah semangat dan keberanian. Ketika ayah memiliki keberanian yang kuat terhadap segala sesuatu di sekitarnya, maka anak pun akan memiliki keberanian yang serupa. Seorang ayah yang penuh semangat, energi, dan keberanian juga akan membuat anak menjadi pribadi yang semangat.

 

4. Watak

Watak atau karakter anak bisa dipengaruhi oleh susunan gen dalam kromosomnya. Siapa sangka justru watak menjadi salah satu sifat ayah yang diwariskan ke anak. Seperti hasil penelitian yang dirilis dalam jurnal The Psychiatric Quarterly menunjukkan bahwa watak atau karakter yang dimiliki ayah mempengaruhi watak anak.

Penelitian tersebut juga mengungkap, bahwa anak-anak menurun sifat ayahnya seperti yang mereka lihat sehari-hari. Misalnya, ketika ayah memiliki karakter yang mudah bergaul, maka besar kemungkinan anak juga akan demikian. Meski begitu, watak juga bisa dipengaruhi oleh lingkungan sosial, loh.

Baca Juga: 10 Ciri Anak Cerdas, Orangtua Harus Tahu!

Ternyata, itulah beberapa sifat ayah yang diwariska ke anak. Kira-kira, selain yang sudah disebutkan tadi, sifat apa lagi yang diturunkan orangtua ke nakanya, ya?

  • Bagikan