6 Persiapan Penting Sebelum Naik Pesawat Saat Adaptasi New Normal

6 Persiapan Penting Sebelum Naik Pesawat Saat Adaptasi New Normal
tiket.com

Seruni.id – Pada masa adaptasi kebiasaan baru (AKB) saat ini, tentunya menjadi angin segar bagi msyarakat. Khususnya bagi mereka yang kerap pebergian menggunakan transportasi udara. Namun, terbang di era new normal akan sedikit berbeda dari biasanya. Sebab, ada beberapa persiapan penting sebelum naik pesawat yang perlu dilakukan, agar tetap memprioritaskan kesehatanmu. Lalu, apa sajakah hal penting tersebut? Yuk simak ulasannya berikut ini!

6 Persiapan Penting Sebelum Naik Pesawat Saat Adaptasi New Normal
kompas.com

1. Memilih Destinasi ‘Zona Aman’

Di tengah pandemi seperti saat ini, sebelum melakukan perjalanan ada baiknya untuk mencari informasi selengkap-lengkapnya, mengenai tempat tujuanmu. Jangan sampai sudah jauh-jauh datang, harapanmu justru pupus karena pintu bagi wisatawan di sebuah destinasi belum dibuka. Jadi, rencanakan perjalannmu sebaik-baiknya, ya. Pastikan tidak salah memilih destinasi, dan yang paling penting tempat tujuanmu itu berada di zona aman. Meski demikian, jangan melupakan protokol kesehatan, ya. Selain itu, pertimbangkan tujuan wisata yang jauh dari keramaian sehingga lebih leluasa menjaga jarak dengan pengunjung lainnya.

2. Persiapkan Barang yang Perlu Dibawa

Ada beberapa persiapan penting sebelum naik pesawat di masa AKB, yang wajib banget kamu bawa. Adapun barang penting yang perlu dibawa, yakni sebagai berikut:

  • Membawa starter pack yang dapat menunjang kesehatanmu selama berlibur. Seperti masker, tisu kering dan basah, hand sanitizer, sarung tangan, dan vitamin C.
  • Pastikan kamu dalam kondisi sehat, ya. Namun, agar lebih tenang lagi bila kamu melakukan rapid test atau polymerase chain reaction (PCR) untuk meyakinkan diri kamu terbebas dari COVID-19. Tak usah bingung cari lokasi tes COVID-19, cek saja di Traveloka.
  • Mulailah mengonsumsi buah, sayur, dan makanan yang mengandung protein untuk menunjang kesehatanmu. Setidaknya beberapa minggu sebelum keberangkatan.
  • Agar lebih yakin, aman, dan terlindungi ketika berlibur, tidak ada salahnya jika kamu telah melengkapi diri dengan asuransi kesehatan maupun perjalanan.

3. Pastikan Kondisi Fisik Tetap Prima

Seperti yang sudah disinggung di atas, sebelum berangkat ke mana pun itu, pastikan tubuh dalam kondisi yang benar-benar fit. Akan lebih baik, jika kamu sudah menyiapkan surat keterangan sehat atau melakukan rapid test maupun PCR (Polymerase Chain Reaction) sebagai bukti terbebas dari COVID-19.

4. Membawa Peralatan Makan Sendiri

Meski di sejumlah tempat, seperti maskapai penerbangan sudah menyiapkan protokol kesehatan secara ketat, dan telah menyediakan peralatan makan dan minum sekali pakai. Namun, jika kamu ingin merasa lebih tenang, sebaiknya bawa peralatan makan dan minum sendiri. Kini, makin banyak perlengkapan traveling yang praktis disimpan dalam tas, seperti alat makan lipat, portable cup, hingga sedotan silikon dalam kemasan compact.

5. Perjalanan Menuju Bandara

Setelah membekali diri dengan baik untuk berlibur, persiapan penting sebelum naik pesawat berikutnya adalah mempersiapkan diri menuju ke bandara. Pastikan kamu tidak lupa untuk selalu menerapkan protokol kesehatan sepanjang perjalanan menuju bandara. Nah, Seruni juga mau kasih tips aman perjalanan menuju bandara nih.

  • Selama perjalanan, pastikan kamu selalu memakai masker.
  • Hindari memegang permukaan benda yang ada selama di perjalanan.
  • Usahakan untuk berbicara seminimal mungkin selama berada di kendaraan. Ingat, virus COVID-19 mudah sekali menular, bisa melalui droplet atau percikan air yang keluar dari mulut saat kita berbicara, bersin, maupun batuk.

6. Saat Tiba di Bandara

Ketika telah sampai di bandara, pastikan terlebih dahulu tidak ada barang yang tertinggal di kendaraan yang kamu gunakan. Setelah itu, waktunya memasuki bandara dan bersiap untuk terbang ke destinasi tujuanmu. Agar aman dari potensi penularan COVID-19, ini dia sejumlah hal yang bisa kamu lakukan:

  • Segera bersihkan tangan dengan hand sanitizer maupun dengan sabun dan air mengalir selama lebih kurang 20 detik.
  • Simpan terlebih dahulu barang yang mengandung metal, seperti ikat pinggang, dompet, maupun smartphone ke dalam tas sehingga mengurangi potensi memegang baki saat pemeriksaan keamanan.
  • Pakai selalu maskermu, dan hanya boleh dilepas saat ingin makan atau minum.
  • Usahakan untuk check-in online, guna mengurangi potensi interaksi dengan petugas maupun penumpang lain. Bila memang harus check in di counter, selalu jaga jarak dengan orang lain minimal satu meter.
  • Jika ingin berbelanja di toko maupun restoran, sebisa mungkin gunakan uang non-tunai.
  • Saat proses naik pesawat (boarding), pastikan kamu tetap duduk menjaga jarak dengan penumpang lainnya. Selalu ikuti arahan maupun pengaturan yang dilakukan oleh petugas bandara sehingga antrean boarding menjadi tertib dan tidak berdesakan.
  • Tidak mengabaikan protokol kesehatan yang diterapkan oleh pihak maskapai saat berada di dalam pesawat sehingga perjalananmu menuju destinasi tujuan terasa aman dan nyaman.

Baca Juga: 6 Trik Mudah Berburu Tiket Pesawat Domestik yang Murah Tanpa Menunggu Promo

Nah, itulah sejumlah persiapan penting sebelum naik pesawat. Dengan senantiasa mematuhi protokol kesehatan yang ada, kamu tak perlu cemas lagi untuk tertular virus COVID-19. Semoga informasi ini bermanfaat, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.