Tips Memilih Sunscreen untuk Wajah Berminyak

Tips Memilih Sunscreen untuk Wajah Berminyak
scienceinschool.org

Seruni.id – Memilih sunscreen untuk wajah berminyak tidak boleh dilakukan sembarangan. Karena jika salah memilih, hanya akan membuat wajahmu semakin berminyak dan menimbulkan jerawat.

Tips Memilih Sunscreen untuk Wajah Berminyak
prevention.com

Tentu kamu tidak ingin kan kalau hal ini terjadi? Jadi, sebisa mungkin usakan untuk memilih sunscreen yang sesuai dengan jenis kulitmu, ya. Nah, kali ini Seruni juga akan memberikan tipsnya nih. Bagaimana, ya?

1. Berbahan Dasar Mineral

Sunscreen terdiri dari dua jenis, yakni ada yang memiliki kandungan kimia seperti oxybenzone, octinoxate, dan bahan kimia lain, atau yang terdiri dari kandungan mineral seperti titanium dioksida dan zinc dioksida. Meskipun keduanya aman untuk beragam jenis kulit, akan tetapi sunscreen dengan kandungan mineral lebih cocok bagi pemilik kulit berminyak dan berjerawat. Karena dengan kandungan mineral, akan meminimalisir timbulnya reaksi alergi pada kulit.

2. Pilih Produk Bebas Minyak dan Non-komedogenik

Tips selanjutnya dalam memilih sunscreen untuk wajah berminyak, adalah dengan memastikan bahwa produk yang kamu pilih bebas dari minyak dan nonkomedogenik. Karena produk bebas minyak dapat membantu mencegah wajahmu mengkilap. Sedangkan, bahan non-komedogenik, merupakan produk yang tidak mengandung bahan-bahan penyumbat pori-pori. Jangan sesekali menggunakan sunscreen untuk badan pada wajahmu, ya.

Sebab, hal ini hanya akan memicu timbulnya jerawat. Umumnya jenis sunscreen yang diperuntukan tubuh memiliki tekstur yang lebih kental, lengket, berat, serta berminyak. Jenis sunscreen cair, gel, atau semprotan baik untuk kulit sangat berminyak. Jenis produk tersebut lebih mudah diserap kulit.

3. Tanpa Pewangi

Biasanya sunscreen yang memiliki aroma, mengandung alkohol dan parfum di dalamnya. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, kandungan ini sebaiknya dihindari, ya. Karena akan membuat kulitmu dehidrasi dan memproduksi minyak semakin banyak. Jadi, usahakanlah untuk memilih sunscreen yang bebas pewangi.

4. Tekstur Ringan

Selanjutnya, pilihlah sunscreen untuk wajah berjerawat dengan tekstur ringan atau gel. Tekstur ini dapat membuat formula sunscreen mudah menyerap di kulit. Tak hanya itu saja, tekstur gel juga biasanya berbahan dasar air, sehingga sangat nyaman dipakai.

5. Mengandung SPF 30

Pilih sunscreen dengan SPF 30 yang dapat melindungi kulit dengan baik dan optimal. Bahkan biasanya, SPF 30 memiliki kepekatan yang tepat saat dipakai sehingga tidak memicu minyak berlebih pada kulit.

6. Memberikan Proteksi yang Maksimal

Agar dapat melindungi kulit wajahmu secara maksimal, pastikan kamu memilih sunscreen yang dapat melindungimu dari paparan sinar UVA dan UVB. Paparan sinar UVB berlebihan akan membuat kulit iritasi dan sunburn atau terbakar sinar matahari. Sedangkan paparan UVA berlebihan dapat menyebabkan penuaan sampai kanker kulit.

7. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Selain memerhatikan beberapa tips di atas, kamu juga harus cermat dalam menggunakan produk tabir surya ini. Jika kamu lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan, sebaiknya gunakan produk sunscreen yang tahan air dan keringat. Namun, apabila kamu banyak menghabiskan waktu di dalam ruangan, gunakan sunscreen sekaligus mengandung pelembab. Jika kamu masih ragu memilih sunscreen untuk wajah berminyak dan berjerawat yang paling tepat, tak ada salahnya berkonsultasi ke dokter.

Baca Juga: Rekomendasi 10 Toner yang Cocok untuk Kulit Berjerawat

Sekarang kamu sudah tak bingung lagi dong memilih sunscreen yang bagus untuk kulit berminyak yang tepat dan cocok untuk kulit kalian? Jangan lupa ya untuk lindungi kulit kalian dari sinar matahari agar kulit kalian tetap sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.