10 Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah untuk Kesehatan

10 Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah untuk Kesehatan
indonesia.go.id

Seruni.id – Manfaat daun sirih sangat banyak sekali. Entah untuk kecantikan, kesehatan, hingga keperluan rumah tangga. Tentunya ini akan menjadi hal yang sangat menguntungkan, mengingat banyaknya khasiat yang bisa kita dapatkan.

10 Manfaat Daun Sirih Hijau dan Merah untuk Kesehatan
popmama.com

Daun sirih memiliki dua jenis yang berbeda, yakni sirih merah dan sirih hijau. Keduanya sudah terbukti mengandung banyak sekali kandungan baik yang berguna untuk kesehatan tubuh. Di antaranya:

  • Vitamin A: 1,9-2,9 mg per 100 gram
  • Protein: 3 persen per 100 gram
  • Iodin: 3,4 mcg per 100 gram
  • Sodium: 1,1-4,6% per 100 gram
  • Vitamin B1: 13-70 mcg per 100 gram
  • Vitamin B2: 1,9-30 mcg per 100 gram
  • Asam nikotinat: 0,63-0,89 mg per 100 gram

Nah, tak perlu lama-lama, langsung saja disimak beberapa manfaat daun sirih merah dan hijau untuk kesehatan yang Seruni kutip dari berbagai sumber.

1. Menurunkan Gula Darah

Menurut sebuah penelitian, minum air rebusan daun siring atau daun sirih yang telah dikeringkan kemudian dihaluskan menjadi bubuk, dapat membantu menurunkan kadar gula darah pada orang yang terdiagnosis diabetes tipe 2. Daun sirih juga melindungi kesehatan hati. Khasiat daun sirih untuk mengatasi diabetes ini diperoleh dari kandungan antioksidan yang bisa mengurangi stress oksidatif penyebab kerusakan sel di dalam tubuh, yang menjadi pemicu ketidakseimbangan hormon insulin. Penelitian yang serupa juga melaporkan, bahwa daun sirih tidak mempunyai efek samping apapun yang perlu dikhawatirkan.

Kendati demikian, bukan berarti daun sirih menjadi satu-satunya pengobatan untuk mengatasi diabetes, ya. Apabila kamu sudah diresepkan obat diabetes, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter, sebelum mengonsumsi air rebusan daun sirih. Hal ini bertujuan untuk memastikan agar tidak ada efe samping atau interaksi yang berbenturan dengan kerja obat. Dauh sirih hanya dipakai sebagai pengobatan pendamping obat medis untuk mengendalikan gejalanya, bersama dengan mengubah pola makan dan rajin olahraga.

2. Mempecepat Penyembuhan Luka

Luka yang lama sembuhnya bisa terjadi karena stress oksidatif yang tinggi, hal ini disebabkan karena radikal bebas di dalam tubuh. Untuk mempercepat penyembuhan luka tersebut, kamu dapat memanfaatkan daun sirih merah, yang mengandung polifenol serta memiliki sifat antioksidan dan meningkatkan aktivitas enzim dalam pengambilan radikal bebas dalam tubuh seperti superoksida dismutase dan katalase.

3. Dapat Mengatasi Keputihan

Pernah mendengar manfaat daun sirih bagi wanita? Daun sirih dipercaya mampu mengatasi keputihan yang dialami wanita, loh. Hal ini karena kandungan karvakrolnya. Senyawa tersebut juga bersifat disinfektan dan antijamur sehingga dapat dijadikan sebagai obat antiseptik untuk keputihan. Cara penggunaannya adalah dengan meminum air rebusan sirih merah atau dibasuh pada area organ intim ketika mengalami keputihan.

4. Mencegah Bau Mulut dan Badan

Bau mulut dan bau badan adalah dua hal yang membuat orang di sekitar kita menjadi tidak nyaman. Agar masalah tersebut dapat diatasi, tentunya memerlukan cara yang efektif. Nah, caranya adalah dengan mamanfaatkan daun sirih merah yang mengandung eugenol dan capitol yang berguna untuk mengusir penyebab bau mulut. Kandungan estradiol dan klavikula juga mampu atasi bau badan karena berfungsi untuk mengatur produksi hormon kelenjar keringat dalam tubuh.

5. Penangkal Kanker

Antioksidan eugenol yang terkandung dalam rebusan dauh sirih hijau dan merah dapat membantu memerangi radikal bebas pemicu kanker pada penderita diabetes tipe 2.

6. Menurunkan Depresi

Sejumlah peneliti yang melakukan riset menyebutkan, bahwa daun sirih dapat membantu mengendalikan gejala depresi pada orang-orang yang memilikinya. Salah satu penelitian melaporkan, mengunyah dauh sirih atau meminum air rebusan daun sirih dapat memicu otak untuk memproduksi hormon bahagia serotonin yang lebih banyak.

7. Menjaga Kesehatan Mulut dan Gigi

Mulut merupakan salah satu bagian tubuh yang rentan akan pertumbuhan bakteri dari apa yang kita konsumsi. Dengan mengunyah atau berkumur dengan air rebusan daun sirih, dipercaya dapat mengambat pertumbuhan bakteri tersebut, loh. Ternyata selain itu, daun sirih juga bermanfaat untuk mencegah gigi berlubang dengan melawan asam yang dihasilkan bakteri.

Mengunyah daun sirih dan biji pinang bisa memicu produksi air liur. Air liur mengandung beragam jenis protein dan mineral yang baik untuk menjaga kekuatan gigi serta mencegah penyakit gusi. Selain itu, air liur juga membantu membersihkan gigi dan gusi dari sisa-sisa makanan atau kotoran yang menempel.

8. Menjaga Saluran Pencernaan

Daun sirih merah maupun hijau diketahui memiliki khasiat untuk meningkatkan produksi lendir yang melindungi kesehatan saluran cerna. Produksi lendir berperan dalam mencegah luka pada dinding usus dan lambung yang dapat terjadi karena berbagai hal. Daun sirih juga sangat efektif untuk mengurangi nyeri lambung serta meredakan gejala GERD. Manfaat daun sirih lainnya terhadap kesehatan saluran cerna adalah menormalkan kembali tingkat pH lambung untuk meredakan maag, refluks asam lambung (asam lambung naik), dan rasa sakit yang timbul karena perut kembung.

9. Mengobati Mimisan

Kalian pasti sudah tahu akan manfaat daun sirih yang satu ini. Yakni dapat mengobati mimisan. Cara kerja daun sirih menyembuhkan mimisan hampir sama dengan bagaimana daun ini menyembuhkan luka bakar. Antioksidan tannin dalam sirih mempercepat respon tubuh untuk menyembuhkan luka, dengan membekukan darah lebih cepat dan menutup sobekan pada pembuluh darah dalam hidung. Selain itu, sebuah penelitian yang dirilis oleh Phyto Journal menyenutkan, bahwa daun sirih juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Semakin kuat daya tubuhmu, maka akan semakin cepat luka atau peradangan bisa sembuh.

10. Redakan Batuk

Bagi kamu yang memiliki masalah gusi sensitif bisa memanfaatkan daun sirih merah. Daun sirih merah mengandung saponin, tanin, kalsium dan fosfor. Jika gusimu sering berdarah, kamu bisa mengatasinya dengan cara merebus beberapa lembar daun sirih lalu gunakan sebagai obat kumur.

Baca Juga: Jenis-jenis Tanaman Herbal

Semoga bermanfaat, selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.