6 Tips Membersihkan Rumah Setelah Anggota Keluarga Sakit

6 Tips Membersihkan Rumah Setelah Anggota Keluarga Sakit
bobobox.co.id

Seruni.id – Ketika imun menurun, virus dan penyakit pun akan mudah menyerang. Apalagi di masa pandemi seperti ini, penting sekali menjaga kesehatan. Mengingat begitu cepat penyebarannya, maka tak heran jika kamu atau bahkan anggota keluargamu mengalami sakit akibat penyebaran virus. Nah, jika salah satu anggota keluarga ada yang menderita flu, batuk, atau penyakit menular lainnya, penting sekali membersihkan rumah setelahnya, agar virus tersebut tidak menyebar ke anggota keluarga lainnya.

6 Tips Membersihkan Rumah Setelah Anggota Keluarga Sakit
kabartangsel.co.id

Untuk mencegah penyebaran, kamu perlu memperhatikan kebersihan diri dan kesehatan tubuh. Selain itu, kamu juga perlu membersihkan beberapa bagian rumah pasca anggota keluargamu sakit. Lantas, bagian rumah mana yang perlu kamu bersihkan? Tak perlu bingung, Seruni akan memberikan informasi mengenai enam tempat yang perlu dibersihkan pasca anggota keluarga ada yang jatuh sakit serta tips membersihkannya dengan efektif.

1. Bersihkan Rumah Secara Keseluruhan dengan Produk yang Mengandung Antiseptik

Membersihkan rumah dengan air biasa tidaklah cukup untuk membunuh kuman, bakteri, maupun virus berbahaya. Maka dari itu diperlukannya produk yang mengandung disinfektan atau antiseptik. Tapi, jika kamu tidak memiliki keduanya, kamu bisa kok membuatnya sendiri dengan menggunakan pemutih klorin. Pembuatannya pun mudah sekali, kamu hanya perlu mencampurkan dua sendok makan pemutih klorin serta enpat cangkir air bersih. Kemudian campuran tersebut diaduk rata baru bisa digunakan untuk membersihkan beberapa bagian di rumah, seperti lantai atau jendela.

2. Kamar Tidur

Kamar menjadi ruangan yang seringkali disinggahi. Saat tubuh terasa tidak enak, tempat tidur menjadi spot ternyaman untuk melepas lelah dan memulihkan tubuh yang sakit. Namun, menghabiskan waktu di tempat tidur ketika sedang sakit, akan membuat virus menempel pada bantal, guling, pun seperai.Kamar tidur. Guna mencegah penyebaran penyakit, maka kamu perlu mendisinfeksi seprei yang telah digunakan.

Seprai dan sarung bantal penting sekali diperhatikan, karena keduanya berada dalam kontak terdekat dengan tubuh. Cara terbaik untuk membersihkan rumah dan melindungi diri dari virus dan penyakit berbahaya yakni dengan menggunakan sarung tangan. Setidakanya kamu dapat menjauhkan seprai dari wajah dan tubuhmu. Selalu cuci barang sesegera mungkin, dan bersihkan keranjang untuk mencegah kontaminasi silang dengan pakaian lain.

3. Kamar Mandi

Selain kamar tidur, kamar mandi pun menjadi tempat penting yang wajib dibersihkan. Apalagi, ketika ada salah satu anggota keluarga yang sakit. Sekalipun kamar mandi tampak bersih karena selalu tersiram air, namun tetap harus dibersihkan, ya. Muntah dan diare yang telah ditinggalkan oleh orang yang mengidap penyakit dapat menimbulkan partikel kecil di mana-mana. Maka dari itu, kamu perlu membersihkannya dengan disinfektan. Adapun bagian yang perlu dibersihkan adalah toilet flushing handle, kursi dan tutup toilet, wastafel dan gagang shower, sakelar lampu, kenop pintu, tempat sampah, hingga lantai toilet.

4. Ruang Keluarga

Pastinya sulit sekali bagi kita untuk membatasi orang sakit untuk tidak bercengkrama atau sekadar berkumpul bersama. Oleh karena itu, demi mencegah tertular penyakit, ada baiknya segala furnitur dan benda lainnya ditutup dengan menggunakan seprai atau selimut yang bisa dicuci. Lalu, sering-seringlah membersihkan permukaan benda yang sering ia gunakan seperti telepon, remot kontrol, sakelar lampu dan kenop pintu.

5. Dapur

Segala peralatan makan, mulai dari sendok, gelas, garpu, hingga piring yang telah digunakan oleh anggota keluarga yang sakit, perlu dicuci menggunakan air panas yang dilarutkan dengan cairan disinfektan. Selain itu, kamu juga perlu membersihkan meja, sandaran kursi, gagang lemari es, laci dan perangkat kabinet lainnya. Untuk mempermudahnya, kamu dapat menggunakan spons yang sudah dicelup kedalam larutan disinfektan.

6. Mobil

Saat kamu sedang mengantarkan salah satu anggota keluargamu ke rumah sakit, pastinya ia akan meninggalkan virus di dalam mobil. Oleh karena itu, untuk mencegah penyebarannya, kamu dapat meluangkan beberapa menit untuk membersihkan area kemudi, pegangan pintu luar dan dalam, dasbor, pembuka pintu garasi, serta kunci mobil. Pastikan semuanya sudah bersih, agar tak ada lagi virus yang menyebar.

Baca Juga: Contoh Desain Rumah Minimalis 2020

Itulah enam tips membersihkan rumah ketika salah satu anggota keluargamu jatuh sakit. Jangan sampai anggota keluarga lainnya tertular hanya karena tidak membersihkan enam ruangan di atas. Bukankah mencegah lebih baik daripada mengobati?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.