Contoh Desain Rumah Minimalis 2020

Contoh Desain Rumah Minimalis 2020
Hipwee.com

Seruni.id – Rumah minimalis, merupakan hunian yang mengedepankan fungsi sebuah ruang yang maksimal. Dan biasanya, rumah minimalis terdiri dari 2 hingga 3 kamar dengan penataan yang rapi. Rumah seperti ini sangat cocok sekali untuk kamu yang baru menikah. Karena hanya terdiri dari bagian yang ringkas, maka biayanya pun cukup murah, dan memberi kesempatan untuk dikembangkan lagi.

Kamu tentu ingin memilikinya, kan? Maka, berikut ini, Seruni akan memberikan beberapa desain berserta denah rumah yang bisa kamu jadikan inspirasi ketika ingin membangun sebuah hunian. Simak baik-baik, yuk!

Contoh Gambar rumah minimalis

1. Desain Rumah Minimalis 1 Lantai
Contoh Desain Rumah Minimalis 2020
seumber gambar: rumah.com
Contoh Desain Rumah Minimalis 2020
Sumber gambar: rumah.com

Meski rumahmu tidak bertingkat, yakni hanya satu lantai, kamu bisa mendesainnya dengan konsep modern minimalis. Nyatanya, akan lebih mudah. Dengan rumah yang cukup besar, setidaknya kamu bisa memiliki dua kamar. Namun, jika kamu hanya menginginkan satu kamar, tidak masalah.

Berdasarkan denah di atas, ruangan depan berada di dekat pintu masuk dan bisa dijadikan sebagai ruang tamu. Tapi, itu juga bisa digunakan sebagai ruang makan dan dapur. Pada bagian belakang bisa digunakan sebagai kamar tidur dan kamar mandi, serta ruang tamu. Sedangkan jika ukuran rumah hanya memungkinkan satu ruangan, tidak masalah. Kamu bisa mengubah ruang tamu menjadi kamar mandi, atau taman belakang menjadi kamar mandi, atau memindahkan dapur ke sana. Sangat sederhana dan cukup masuk akal, bukan?

2. Desain Rumah Minimalis 2 Lantai
Contoh Desain Rumah Minimalis 2020
rumah.com

Memiliki rumah dua lantai memang menyenangkan. Kamu bisa memiliki banyak ruang untuk menempatkan barang-barang. Namun, jika kamu ingin hunian dengan konsep minimalis, Seruni sarankan untuk membagi dua “tingkat” rumahmu secara tepat. Untuk lantai dasar, dapat difungsikan sebagai dapur, ruang tamu, dan kamar mandi seperti yang terlihat pada denah. Sedangkan di lantai dua digunakan untuk kamar tidur dan kamar mandi. Rumah dapat dibagi menjadi tiga kamar, satu toilet atau dua kamar tidur dan dua kamar mandi.

3. Desain Rumah Minimalis 1 Lantai dan 1 Kamar
Contoh Desain Rumah Minimalis 2020
rumah.com
Contoh Desain Rumah Minimalis 2020
rumah.com
Contoh Desain Rumah Minimalis 2020
rumah.com

Apakah kamu hanya ingin memiliki satu kamar saja? Bisa kok. Konsep minimalis yang satu ini, diperuntukkan bagi kamu yang memiliki rumah hanya satu lantai. Dengan satu kamar, kamu bisa memanfaatkan bagian lain dari rumah sebagai ruangan serbaguna. Bisa dengan desain rumah minimalis modern satu lantai dan punya satu kamar tidur saja, seperti denah di bawah ini.

Rumah satu lantai dan satu kamar ini, justru akan membuat rumah terkesan lebih luas dan nyaman, loh. Mengapa demikian? Ini mungkin karena kamu memiliki dapur terbuka, ruang tamu cukup luas, ruang mencuci, toilet, ruang bekerja, bahkan ruang santai.

4. Desain Rumah Minimalis 2 Kamar
Contoh Desain Rumah Minimalis 2020
rumah.com
Contoh Desain Rumah Minimalis 2020
rumah.com

Rumahmu hanya bisa terbagi menjadi dua kamar saja? Jangan khawatir. Desain rumah minimalis berikut ini, dijamin akan membuat hunianmu terasa nyaman dan selalu dirindukan. Untuk rumah dengan dua kamar, intinya manfaatkan ruang terluas untuk membaginya dalam dua kamar. Melansir Athayasimple, ukuran kedua kamar bisa sama, atau berbeda dari segi lebar atau panjang pun tidak masalah. Namun pastikan, kamar tersebut dapat menapung ranjang, lemari, serta furniture lainnya, ya.

5. Desain Rumah Minimalis 3 Lantai 2 Kamar
Contoh Desain Rumah Minimalis 2020
rumah.com
Contoh Desain Rumah Minimalis 2020
rumah.com

Desain rumah yang berikut ini, sangat cocok bagi pasangan baru. Karena tidak hanya berfungsi rumah saja, tapi sekaligus tempat untuk bekerja. Terlebih saat ini, rumah bisa menjadi lokasi kreatif orang untuk mendapat inspirasi saat bekerja. Rumah berlantai tiga ini, sebagian ruangannya bisa dimanfaatkan sebagai ruangan kerja, ruang meeting, bahkan sebagai usaha start-up juga bisa, loh.

Pasangan baru yang mencoba memulai perusahaan kecil mereka sangatlah cocok dengan rumah ini. Lantai dasar sebagai ruang tamu dan ruang meeting atau kantor kecil. Kemudian, pada lantai pertama (atau dua), sudah menjadi milik pribadimu. Sebagai dapur ataupun ruang bersantai. Untuk lantai paling atas, adalah tempat beristirahat. Dua kamar lainnya bisa difungsikan sebagai kamar utama dan atau, menjadi kamar anak ketika telah memiliki momongan.

6. Rumah 1 Lantai 2 Kamar
Contoh Desain Rumah Minimalis 2020
rumah.com
Contoh Desain Rumah Minimalis 2020
rumah.com

Desain yang berikut ini terbilang cukup masuk akal dan tentunya minimalis. Yakni, jika satu lantai memiliki dua kamar tidur. Kamu bisa memanfaatkan desain rumah minimalis modern ini sebagai referensi. Selain itu ruangan seperti dapur, ruang makan, kamar mandi, kamu juga bisa memiliki sedikit ruangan terbuka di belakang rumah.

7. Desain Rumah Berkonsep Minimalis 3 Kamar
Contoh Desain Rumah Minimalis 2020
rumah.com
Contoh Desain Rumah Minimalis 2020
rumah.com

Jika ingin memiliki tiga kamar, apakah harus memiliki lahan yang luas? Rasanya tidak juga. Kamu bisa membagi-bagi ruangan kamar di titik berbeda. Karena tak melulu kamar harus saling bersampingan. Walaupun kamar tidur menjadi lebih kecil, namun kalau kamu bisa menempatkan furniture dan tata ruangan yang tepat, maka rumah tetap nyaman. Desain rumah minimalis tiga kamar ini dapat kamu lihat pada denah di atas.

8. Desain Rumah Minimalis dengan Mushola
Contoh Desain Rumah Minimalis 2020
santif.com

Rumah berkonsep minimalis berikut ini, sangat cocok sekali bagi kamu, terutama untuk kamu umat Muslim. Karena di sini terdapat mushola yang bisa dijadikan tempat shalat berjamaah.

9. Desain Rumah dengan Carport
Contoh Desain Rumah Minimalis 2020
santif.com

Denah rumah minimalis dengan carport di atas sangat cocok diterapkan untuk rumah berukuran lebar antara 8,5 – 9 meter. Dengan demikian, kamu dapat menambahkan carport di bagian belakang rumah.

10. Rumah Tipe 60 Minimalis
Contoh Desain Rumah Minimalis 2020
santif.com

Denah rumah minimalis di atas, bisa digunakan untuk tipe rumah 60. Kamu bisa memiliki 2 kamar yang bersampingan dengan 1 kamar tidur di belakang rumah. Gaya pada denah ini juga menunnjukkan halaman luas di kedua sisi rumah.

Manfaat Menggunakan Konsep Rumah Minimalis

Rumah mungil nan minimalis selain memberikan kesan elegan, juga menyimpan sejumlah manfaat, loh. Apa saja?

1. Ekonomis

Rumah berdesain minimalis alias sederhana, tentu membutuhkan biaya untuk merancang, membangun, dan merawatnya. Namun, biaya tersebut lebih murah dibandingkan dengan rumah besar.

2. Efektif dan Efisien

Pada rumah berkonsep minimalis, setiap bagian interior akan mudah mendapatkan sinar matahari, suasana alami, serta cenderung ramah lingkungan karena hanya sedikit menggunakan konsumsi listrik.

3. Fleksibel

Pada rumah yang berkonsep minimalis, kamu memiliki kesempatan secara fleksibel untuk melakukan pengembangan lagi sesuai seleramu.

Tips Memilih Rumah dengan Tipe Minimalis

Kalau kamu lebih memilih untuk membelinya langsung tanpa harus mendesainnya lebih dulu, sebaiknya ketahui dulu beberapa tips memilih rumah yang benar berikut ini, ya.

1. Memahami Kebutuhan Sendiri

Sebelum membeli rumah bertipe minimalis, pikirkanlah seberapa berapa banguan dari rumah tersebut. Seperti keluarga kecil yang beranggotakan 3 orang, misalkan. Membeli rumah dengan tipe 36 atau 45 akan terasa lebih nyaman dibandingkan dengan tipe 21 atau 120. Tipe rumah 21 akan terasa terlalu sempit sementara 120 terlalu luas. Sebab, kenyamanan keluarga menjadi prioritas ketika hendak membeli sebuah hunian. Agar pengalaman tinggal di rumah pun tidak terasa bosan atau resah.

2. Memahami Tujuan Pembelian Rumah

Pada dasarnya, kita membeli rumah untuk berbagai macam alasan. Kebanyakan orang membeli rumah sebagai tempat berlindung dan beristirahat. Namun, ada pula yang membeli hanya untuk investasi. Seperti yang kita tahu, harga rumah semakin lama semakin meningkat. Membeli rumah tipi 24 atau 36 merupakan ide yang tepat untuk memulai di bidang investasi. Harganya masih terjangkau dan bangunannya mudah dijual sehingga keuntungan yang kamu dapat nanti pun akan lebih banyak.

3. Memikirkan Lokasi Rumah

Setelah mantap dengan dua poin sebelumnya, kini saatnya memikirkan lokasinya. Banyak hal yang harus kamu tanggapi. Pertama-tama, periksa keadaan lingkungan sekitar rumah tersebut, apakah terlalu ramai atau terlalu sepi. Kedua, perhatikan tempat-tempat di sekitaran rumah, apakah dekat dengan bangunan-bangunan penting seperti jalan besar, rumah sakit, kantor polisi, atau toserba. Rumah yang lokasinya dekat dengan beberapa tempat di atas (strategis) akan terasa lebih nyaman dan aman. Selain itu, harganya pun akan lebih mahal seiring berjalannya waktu sehingga dapat menjadi tabungan di masa depan.

4. Memikirkan Masa Depan Rumah

Apa yang perlu kamu pikirkan untuk masa depan rumah? Proses pengembangannya.Pertama-tama, tanyakan dulu pada developer rumah apakah hunianmu bisa dikembangkan atau tidak. Jangan sampai ketika keluarga atau jumlah orang di rumah semakin banyak, bangunan masih harus kecil. Jika memungkinkan, pikirkan sejauh apa kamu bisa mengembangkan rumah. Desain tipe rumah minimalis kecil seperti 24 dan 36 kebanyakan tidak bisa dibangun lebih dari 2 tingkat. Selain faktor keamanan, tampilan rumah pun tidak akan sedap dipandang.

Baca Juga: Ingin Memiliki Rumah Hanya dalam 5 Tahun? Ini Strateginya!

Nah, rumah minimalis modern bukan lagi sekadar impian, kok. Kamu bisa mencoba untuk konsultasi dengan para desainer interior kepercayaan, atau bisa mencoba-coba sendiri tips yang telah Seruni berikan. Semoga bermanfaat!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.