7 Renungan yang Perlu Diingat Ketika Merasa Usaha yang Dilakukan Sia-sia

7 Renungan yang Perlu Diingat Ketika Merasa Usaha yang Dilakukan Sia-sia
muslim.okezone.com

Seruni.id – Setiap orang memiliki impiannya masing-masing dalam menjalani hidup. Untuk mencapai hal tersebut, tentu harus ada perjuangan. Namun sayangnya, banyak yang merasa jenuh dan gagal, hingga merasa usahanya selama ini hanya sia-sia. Alhasil, mereka akan menganggap bahwa dirinya tidaklah berguna.

7 Renungan yang Perlu Diingat Ketika Merasa Usaha yang Dilakukan Sia-sia
hipwee.com

Jika terus dibiarkan, nantinya justru akan menjadi bumerang. Nah, bagi kamu yang saat ini berada di fase tersebut, ada beberapa renungan yang perlu diingat. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai hal apa saja yang harus direnungkan, simak ulasannya berikut ini!

1. Hidup itu Berproses

Sejatinya kegagalan menjadi bagian proses dari kehidupan. Anggaplah kegagalan yang kamu alami itu, sebagai salah satu fase yang harus dilewati sebelum mencapai keberhasilan. Jadi, sebisa mungkin, nikmatilah segala prosesnya meskipun kamu perlu mengalami hal-hal yang menyakitkan. Sebab, kamu tak akan tahu akhir dari perjuanganmu, jika kamu berhenti di tengah jalan hanya karena merasa telah melakukan hal yang sia-sia.

2. Selalu Ingat Bahwa Kebersahilan Tidak Ada yang Instan

Selayaknya memasak mie instan, tentu membutuhkan proses hingga benar-benar matang dan dapat disantap dengan nikmat. Begitupun proses menuju kesuksesan. Tak ada keberhasilan yang sifatnya instan. Tekadang, kamu hanya perlu memperjuangkannya sekuat tenaga, agar kesuksesan tersebut dapat terealisasi. Jika perasaan ingin menyerah itu muncul, cobalah untk berhentik sejenak dan pikirkan dengan bijak. Ingatlah, bahwa hukum timbal balik itu berlaku. Ketika kamu melakukan perjuangan dengan baik, maka hasilnya pun akan baik pula. Maka dari itu, mulai sekarang cobalah untuk menenamkan sifat dan sikap yang konsisten, meskipun beban yang dipikul akan semakin berat.

3. Berhenti Membandingkan Dirimu dengan Orang Lain

Renungan yang perlu diingat selanjutnya adalah dengan tidak membandingkan dirimu dengan orang lain. Daripada kamu terus-menerus menuntut diri sendiri untuk menjadi sama dengan orang lain, alangkah lebih baiknya jika kamu menjadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk terus maju dan menyesuaikan dengan kemampuan yang kamu miliki.

4. Ingatlah Tak Ada Hasil yang Mengkhianati Usaha

Kamu tentunya setuju, bahwa tak ada hasil yang mengkhianati usaha, kan? Semakin banyak perjuangkan yang kamu lakukan, maka keberhasilan yang akan diperoleh pun akan lebih spesial. Pada kenyataannya, hal tersebut tidaklah mudah direalisasikan. Tapi, mau tidak mau kamu harus melakukannya. Cobalah senantiasa berpatokan pada kebahagiaan yang akan didapat setelah kesuksesan itu diraih. Betapa bahagianya dirimu ketika melihat kesuksesan tersebut dapat membawamu pada kehidupan yang lebih baik. Jangan lupa bersabar, berdoa, dan bersyukur, sekalipun bebannya sangat berat.

5. Perlu Bersabar Agar Keberhasilan Bisa Diraih

Sabar menjadi kunci utama serta renungan yang perlu diingat. Dengan memiliki kesabaran yang lebih, akan memberikan dampak yang cukup baik terhadap perasaan resahmu karena datangnya banyak beban. Bersabarlah, karena buah dari kesabaran pasti indah. Dan ingat, jangan tergesa-gesa mengucap kata menyerah, karena kamu hanya perlu menunggu beberapa saat saja. Tenangkan pikiran dan jangan sampai amarah menguasai dirimu. Mulai sekarang, cobalah untuk hadapi semuanya dengan penuh kesabarn meskipun susah dilakukan.

6. Memberi Jeda untuk Dirimu Sendiri

Berjuang memang melelahkan, berhenti bukanlah solusi, tapi beristirahatlah sejenak, hingga kamu benar-benar mampu melanjutkan perjuangan. Tidak adalah salahnya untuk beristirahat sejenak dan mencari sedikit hiburan di luar rutinitas. Kurangnya hiburan mungkin menjadi salah satu solusi dari kejenuhan yang kamu alami.

7. Percaya Bahwa Kamu Memiliki Jalan Sendiri untuk Berhasil

Dalam memperjuangkan keberhasilan, kamu hanya perlu maju di jalanmu sendiri. Berhenti menoleh atau berpindah ke jalan orang lain. Jangan pernah pula berbalik arah karena merasa jalan yang kamu lalui tidak memiliki titik akhir. Percayalah bahwa setiap individu memiliki jalur dan waktu masing-masing untuk mencapai kesuksesan selama ia mau terus berusaha mencapainya.

Baca Juga: Perjuangan Ibu Para Ulama Besar Muslim

Sekian renungan yang perlu diingat, agar kamu berhenti menganggap usaha kamu kamu lakukan sia-sia. Tetaplah bertahan meskipun keadaan sungguh memberatkan hati dan pikiran. Tetap tenang dan hadapi semua beban itu dengan senyuman. Dan yakinlah, semua usaha yang kamu lakukan, pasti akan membuahkan hasil terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.