Banyak Dicari, Ini 7 Jenis Tanaman Aglonema dan Cara Merawatnya

Banyak Dicari, Ini 7 Jenis Tanaman Aglonema dan Cara Merawatnya
artikel.rumah123.com

Seruni.id – Ada beragam jenis tanaman hias yang siap mempercantik halaman rumah. Salah satunya tanaman aglonema. Jenis tanaman hias yang satu ini kerap disebut sebagai tanaman eksotis dan “Ratu Daun”. Setidaknya ada 30 spesies aglonema yang ada di Indonesia. Namun, Seruni tidak membahas semuanya, ya. Hanya beberapa saja yang memang paling banyak dicari dan harganya pun bervariasi. Tapi, kebanyakan harganya dibanderol cukup tinggi, sudah pasti karena warna daun yang cantik dan bentuknya yang memanjakan mata. Nah, mungkin kamu juga tertarik untuk memiliki beberapa di antaranya.

1. Aglonema Pride of Sumatera

Banyak Dicari, Ini 7 Jenis Tanaman Aglonema dan Cara Merawatnya
lazada.co.id

Tanaman aglonema yang pertama ini memiliki ciri khas yang cukup unik. Yakni daunnya yang memanjang dengan perpaduan warna merah dan hijau gelap. Banyak yang bilang, bahwa ini merupakan aglonema pertama yang berwarna merah, loh. Tanaman ini pertama kai ditemukan oleh Gregori Garnadi Hambali. Pertumbuhan tanaman aglonema, baik pertumbuhan tunas, daun, batang dan akar tidak hanya ditentukan oleh faktor genertik tetapi juga iklim dan pemeliharaan. Untuk harganya pun cukup mahal, tergantung dari besar kecilnya tanaman. Biasanya untuk satu pot kecil aglonema dibanderol dengan harga sekitar Rp50 ribu hingga Rp100 ribuan.

2. Aglonema Bidadari

Banyak Dicari, Ini 7 Jenis Tanaman Aglonema dan Cara Merawatnya
tokopedia.com

Karena warnanya yang unik dan cantik, aglonema bidadari ini paling banyak dicari, loh. Tanaman aglonema memiliki perpaduan warna antara kuning, jingga, merah muda, dan hijau pada setiap daunnya. Sedangkan, pada bagian tangkai terdapat bercak merah mudah dan hijau yang membuat tanaman ini semakin indah. Karena kecantikan inilah, aglonema jenis ini dinamakan bidadari. Siapa pun yang melihat akan dibuatnya terpeseona. Harga tanaman hias ini biasanya berada pada angka Rp100 ribuan.

3. Aglonema Legacy

Banyak Dicari, Ini 7 Jenis Tanaman Aglonema dan Cara Merawatnya
blibli.com

Setiap jenis tanaman algonema memang memiliki warna khasnya masing-masing, yang menambah kecantikan tanaman itu sendiri. Seperti aglonema legacy misalnya, jenis yang satu ini memiliki daun dnegan warna bercak hijau dan sebaran warna merah mudah yang begitu menawan.mDaunnya berukuran besar dengan bagian ujung yang lancip, tentunya ini menjadi ciri khas dari aglonema legacy. Harga tanaman hias ini umumnya dibandrol dengan harga di atas Rp 50 ribuan.

4. Aglonema Lipstik

Banyak Dicari, Ini 7 Jenis Tanaman Aglonema dan Cara Merawatnya
shopee.co.id

Siam Aurora, itulah nama lain dari jenis tanamna aglonema yang satu ini. Namun, orang lebih senang menyebutnya dengan aglonema lipstik. Bukan tanpa alasan, hal ini dikarenakan pada bagian pinggir daunnya terdapat warna merah layaknya lipstik. Daunnya yang meruncing di bagian ujungnya juga menambah kecantikannya apalagi batangnya pun menghasilkan warna merah muda. Untuk menghasilkan warna merah yang optimal, sebaiknya sinari aglonema dengan sinar matahari yang cukup, tidak terpapar langsung. Namun, pastikan ditaruh di tempat yang teduh.

5. Aglonema Red Kochin

Banyak Dicari, Ini 7 Jenis Tanaman Aglonema dan Cara Merawatnya
youtube.com

Aglonema red kochin, menjadi salah satu jenis tanaman aglonema yang paling banyak dicari. Warna merahnya yang sangat menyala dan sedikit warna hijau di bagian tepi daun, membuatnya tampak begitu cantik. Aglonema ini juga memiliki batang yang panjang sehingga terlihat makin cantik. Harga kisaran Aglonema Red Kochin ini dibanderol mulai dari Rp 80 ribuan.

6. Aglonema Tiara

Banyak Dicari, Ini 7 Jenis Tanaman Aglonema dan Cara Merawatnya
bibitbunga.com

Bagi pecinta warna hijau, kamu bisa memilih aglonema hijau dengan jenis Tiara. Meskipun kombinasi warnanya merah muda, namun warna hijaunya sangat pekat. Tanaman aglonema Tiara bisa di taruh di dalam ruangan, teras ataupun balkon atas. Sehingga rumah terlihat semakin asri.

7. Aglonema Red Ruby

Banyak Dicari, Ini 7 Jenis Tanaman Aglonema dan Cara Merawatnya
bibitbunga.com

Aglonema red ruby memiliki ukuran daun yang tidak terlalu besar. Bertekstur tipis, namun warna hijau yang mengelilingi tepi daun dan batang tengahnya terlihat cantik dengan warna merah yang menawan. Gradasi merah dan hijau menjadikan aglonema ini dibandrol dengan harga yang lumayan mahal yakni sekitar Rp 90 ribuan hingga Rp100 ribu.

Itulah beberapa jenis tanaman aglonema yang paling banyak dicari orang. Kalau kamu tertarik untuk memilikinya, pastikan kamu sudah tahu bagaimana cara merawatnya, ya. Sebenarnya untuk merawatnya tidaklah sulit.

Namun, agar pertumbuhannya cepat dan optimal, kamu bisa memberikan pupuk setidaknya setiap dua minggu sekali. Penyiraman aglonema juga dapat dilakukan satu hari sekali agar daunnya tidak kering dan tanahnya lebih gembur.

Baca Juga: Menganal Tanaman Lidah Mertua, Mulai dari Manfaat, Cara Merawat Hingga Bahayanya

Daya tarik aglonema juga terletak pada daunnya. Menjaga daun tanaman hias ini agar tetap mengilap, kamu dapat menggunakan campuran susu, ampas kelapa dan air kemudian lap pada bagian daun secara perlahan dengan spons.

Mudah, kan? Selamat mencoba, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.