7 Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Memakai Masker

7 Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Memakai Masker
kids.grid.id

Seruni.id – Selama masa pandemi ini, kita diharuskan menerapkan beberapa protokol kesehatan. Mulai dari mencuci tangan hingga menggunakan masker ketika beraktivitas di luar rumah. Ketika memakai masker, tentu kita menghirup aroma napas sendiri, dan lama-kelamaan akan menimbulkan aroma yang tidak sedap. Agar tetap nyaman saat menjalani protokol kesehatan kita perlu mengetahui cara mengatasi bau mulut saat memakai masker.

7 Cara Mengatasi Bau Mulut Saat Memakai Masker
viva.co.id

Bau mulut atau halitosis memang dapat menjadi gejala penyakit seperti GERD, diabetes, sinus, gigi berlubang, dan lainnya. Namun, dalam kondisi normal, aroma mulut yang tak sedap bisa menjadi masalah umum yang kerap terjadi bagi siapa saja yang menggunakan masker. Jika kamu mengalami hal ini, tak perlu cemas karena kamu dapat mengatasinya dengan cara-cara berikut ini.

1. Kurangi Konsumsi Makanan Bergula dan Tinggi Asam

Makanan yang mengandung gula serta tinggi asam, menjadi salah satu penyebab bau mulut. Hal ini dikarenakan makanan tersebut akan meninggalkan bakteri di dalam mulut sehingga aromanya menjadi tak sedap. Untuk mengurangi bau mulut, terlebih ketika memakai amsker, sebaiknya kurangilah mengonsumsi jenis makanan dan minuman yang tinggi gula dan asam. Dan pastikan kamu selalu menyikat gigi setiap kali selesai makan.

2. Minum Lebih Banyak Air Putih

Cara paling mudah mengatasi bau mulut saat memakai masker adalah dengan lebih banyak minum air putih. Sebab, air liur memiliki fungsi yang sangat penting, yakni untuk menjaga kesehatan biofilm atau kumpulan sel mikroorganisme, khususnya bakteri yang melekat di suatu permukaan biologis maupun benda mati dan diselimuti oleh pelekat karbohidrat yang diproduksi oleh bakteri). Ketika kamu kurang minum air putih, bukan hanya konsentrasi saja yang terganggu, namun mulut pun akan semakin kering, sehingga membuat bau mulut semakin tak sedap. Jadi, usahakan untuk selalu minum air putih dengan cukup setiap harinya, ya.

3. Sikat Gigi dan Flossing

Menjaga kebersihan gigi dan mulut menjadi salah satu cara untuk mengatasi bau mulut saat memakai masker. Untuk menghindari hal tersebut, setidaknya sikatlah gigimu secara rutin, setidaknyadua kali sehari, yakni saat pagi dan malam hari. Pilihlah pasta gigi berglouride agar gigi dapat bersih secara optimal, serta mengusir bakteri penyebab bau mulut. Setelah itu, jangan lupa untuk flossing atau membersihkan gigi dengan benang. Flossing penting dilakukan untuk menjangkau area di sela-sela gigi yang tidak dapat dijangkau oleh sikat gigi.

4. Berkumur dengan Mouthwash

Selain menyikat gigi secara rutin, untuk membantu memaksimalkannya, penting sekali untuk berkumur dengan menggunakan mouthwash. Pilihlah obat kumur dengan kandungan antiseptik, agar kesehatan gigi dan mulut mendapatkan perlindungan optimal. Obat kumur yang kamu pilih juga sebaiknya mengandung empat essential oil yang dapat membantu mengurangi 99.9% kuman menyebab masalah bau mulut. Sifat antimikroba dalam mouthwash/obat kumur dapat membilas bakteri penyebab aroma mulut. Selain itu, mouthwash/obat kumur juga membantu mencegah penumpukan plak gigi. Untuk memastikan penggunaan obat kumur sesudah atau sebelum sikat gigi, cobalah membaca label produk obat kumur yang kamu beli.

5. Menyikat Permukaan Lidah

Bukan hanya gigi saja yang harus disikat, menyikat permukaan lidah pun cukup penting untuk mengatasi bau mulut saat memakai masker. Sikatlah permukaan lidahmu dengan menggunakan lat khusus atau bisa dengan menggunakan sikat gigi yang bisa untuk menghilangkan bakteri menumpuk dan sulfur di lidah.

6. Jangan Terlalu Sering Bernapas Lewat Mulut

Tanpa kita sadari, bernapas melalui mulut ketika sedang menggunakan masker bisa membuat mulut lebih kering, sehingga napas pun akan lebih bau. Sebab, ketika kita bernapas, terutama dengan mulut, udara lembap yang dihasilkan oleh bakteri terjebak di dalam masker. Sehingga, ketika tetesan mongering, mereka akan meninggalkan bau pada masker. Oleh sebab itu, mulai saat ini hindarilah bernapas melalui mulut ketika mengenakan masker, ya.

7. Makan Sesuatu yang Bernuansa Mint

Solusi yang terakhir ini terbilang paling mudah. Untuk mengatasi bau mulut saat memakai masker, kamu bisa mengonsumsi sesuatu yang bernuansa mint, bisa dengan permen mint misalnya. Permen mint tersebut sangat berguna untuk menyegarkan napasmu setiap kali bau mulut naik ke hidung.

Baca Juga: 9 Kesalahan Memakai Masker yang Sering Dilakukan dan Memiliki Efek Membahayakan!

Lakukan tujuh langkah di atas agar kesegaran napas terjaga setiap saat. Jika kamu menggunakan masker dalam waktu yang lama, jangan lupa mengganti masker jika sudah dipenuhi keringat agar tak menjadi sarang kuman atau bakteri. Kini, protokol new normal dapat dijalankan dengan nyaman dan produktivitas jadi lebih baik. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.