7 Jenis Bumbu Rahasia Masakan Khas Korea

7 Jenis Bumbu Rahasia Masakan Khas Korea

Seruni.id – Kimchi dan tteokbokki adalah makanan khas Korea yang cukup terkenal. Kedua makanan ini memiliki aroma dan cita rasa tersendiri yang unik dan asing di lidah kita, apalagi kalau belum pernah mencicipi makanan Korea. Ternyata keunikan tersebut terletak pada penggunaan bumbu rahasia masakan khas Korea, loh. Jika kamu selama ini hanya tahu jenis makanannya saja, berikut Seruni ingin mengenalkanmu pada beberapa jenis bumbu rahasia masakan khas Kora yang hampir selalu ada dalam pengolahan makanan Korea. Apa saja, ya?

1. Gochujang

7 Jenis Bumbu Rahasia Masakan Khas Korea

Bumbu rahasia hidangan khas Korea yang pertama ada gochujang, pasta cabai yang terbuat dari cabai kering, fermentasi kacang kedelai, tepung beras ketan, dan air. Bumbu merah dengan rasa pedas, manis, dan asin ini menjadi bumbu wajib yang harus selalu ada jika ingin mengolah makanan Korea. Biasanya bumbu rahasia masakan khas Korea ini sering kali ditemui pada hidangan bibimbap, tteaokbboki, dan budae jjigae.

2. Doenjang

7 Jenis Bumbu Rahasia Masakan Khas Korea

Dari tampilannya bumbu khas Korea yang satu ini, sekilas mirip seperti tauco. Pasta kedelai yang disebut sebagai doenjang ini, terbuat dari fermentasi kacang kedelai. Doenjang memiliki warna kecokelatan serta aroma yang sedikit menyengat. Biasanya doenjang sering kali dipadukan bersama ssmjang (saus cocol daging panggang) atau sup kedelai.

3. Chunjang

7 Jenis Bumbu Rahasia Masakan Khas Korea

Selain gochujang dan doenjang, bumbu masakan khas Korea berikutnya ada chunjang. Bumbu yang satu ini memiliki warna hitam pekat dan terbuat dari campuran kacang kedelai, tepung, dan karemel yang difermentasikan. Untuk rasanya, chunjang memiliki rasa asin dan manis yang pas, sangat cocok jika dipadukan dengan mie yang hambar.

4. Chamgireum

7 Jenis Bumbu Rahasia Masakan Khas Korea

Meski rasa dan aroma kacangnya cukup menyengat, tapi chamgireum (minyak wijen) yang satu ini, memiliki peran penting dalam setiap masakan khas Korea, terutama untuk masakan tradisionalnya. Biasanya bumbu rahasia masakan khas Korea yang satu ini sering kali dipadukan bersama lauk, sup, bubur, saus cocolan, hingga makanan penutup. Selain itu, chamgireum juga digunakan untuk mencelupkan daging sebelum dipanggang.

5. Samjang

7 Jenis Bumbu Rahasia Masakan Khas Korea

Bagi kalian yang gemar Korean Barbeque pasti sudah familier dengan bumbu rahasian masakan khas Korea yang satu ini. Samjang merupakan sambal khas Korea yang terbuat dari beberapa campuran, seperti gochujang, doenjang, minyak wijen, bawang bombay, bawang putih, gula, hingga daun bawang.

Biasanya samjang digunakan sebagai sambal untuk ssam atau daging dibungkus dengan sayuran. Untuk membuat ssam, kamu tinggal mengambil satu buah selada, kemudian taruh daging BBQ, nasi, dan samjang di atasnya. Tutup hingga semua bahan terbungkus selada kemudian makan dalam satu suapan.

6. Gochugaru

7 Jenis Bumbu Rahasia Masakan Khas Korea

Masakan Korea sangat terkenal dengan cita rasanya yang pedas. Tak heran kalau bumbu rahasia masakan khas Korea yang satu ini menjadi bahan paling penting untuk membuat berbagai hidangan makanan. Gochugaru terbuat dari cabai kering kemudian dihancurkan hingga teksturnya menjadi serpihan atau bubuk. Biasanya gochugaru digunakan sebagai bumbu untuk membuat kimchi.

7. Kecap Ikan atau Aekjeot

7 Jenis Bumbu Rahasia Masakan Khas Korea

Aekjeot yang sering digunakan biasanya terbuat dari ikan teri atau myeolchi aekjeot, meski ada juga aekjeot yang terbuat dari belut pasir. Selain kimchi, aekjeot juga digunakan dalam campuran sup, aneka side dish, dan dumpling.

Baca Juga: 10 Resep Masakan Khas Korea Halal dan Bisa Dibuat Sendiri di Rumah, Loh!

Itulah tujuh bumbu rahasia masakan khas Korea yang biasa digunakan untuk mengolah berbagai hidangan. Sebenarnya bumbu yang digunakan tidak jauh berbeda dengan di Indonesia. Namun, kebanyakan bumbunya melalui proses fermentasi, di mana dalam pembuatannya lebih banyak menggunakan prbiotik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.