7 Manfaat Memotong Kuku Secara Rutin

7 Manfaat Memotong Kuku Secara Rutin
islami.co

Seruni.id – Memotong kuku termasuk menjaga kebersihan yang perlu kita lakukan secara rutin. Namun, sayangnya, masih banyak orang yang mengabaikannya dan membiarkannya memanjang begitu saja. Padahal, banyak sekali manfaat memotong kuku secara rutin, loh. Islam pun telah mengajarkan kita untuk selalu menjaga kebersihan dan keindahan, termasuk dengan cara memotong kuku.

7 Manfaat Memotong Kuku Secara Rutin
blog.wecare.id

Nah, agar kamu tidak menyepelekan masalah ini, berikut ini Seruni akan sedikit mengulas tentang manfaat memotong kuku secara rutin.

1. Menjaga Pencernaan Agar Tetap Bersih

Beberapa orang mungkin ada yang hobi memanjangkan kuku, lantas mengapa kuku yang panjang harus dipotong? Hal ini untuk menjaga pencernaan agar tetap bersih. Selain itu, memotong kuku secara rutin dapat mencegah masuknya racun ke dalam tubuh. Jadi, penting sekali untuk memastikan kuku selalu dalam keadaan pendek, agar terjaga kebersihannya. Mereka yang tidak memotongnya dengan rutin, kemungkinan akan sering terkena diare.

2. Menghindari Kuku Tumbuh ke Dalam

Ketika kamu malas memotong kuku, maka bisa saja kuku akan tumbuh ke dalam atau sering disebut dengan onychocryptosis. Hal ini terjadi lantaran kuku terlalu besar, maka cenderung untuk menembus kulit yang bisa menyebabkan rasa sakit, bengkak, dan infeksi.

3. Menghindari Cedera

Manfaat memotong kuku secara rutin berikutnya, yakni dapat menghindari cedera. Apabila kuku terlalu panjang dan jarang dipotong, maka akan meningkatkan risiko cedera. Seperti tubuh tergores oleh kuku sehingga menjadi lecet. Kuku yang panjang juga akan menghitam ketika terbentur benda keras. Untuk itu, rajinlah memotongnya, ya.

4. Mencegah Tumbuhnya Jamur

Kuku yang panjang, terutama kuku kaki menjadi tempat jamur bersarang dan berkembang biak. Biasanya hal ini ditandai dengan gatal-gatal pada sela kaki, timbul ruam merah, dan muncul kutu air. Tidak hanya itu, jamur yang berada di kuku yang panjang bisa menyebabkan warnanya menjadi kuning, apalagi jika sering dalam keadaan basah. Solusi mudah untuk mencegahnya adalah dengan memotong kuku secara rutin.

5. Mencegah Kulit Menebal di Sekitar Jari

Infeksi kuku biasanya terjadi karena kulit membengkak, sehingga rasa sakit di sekitarnya tersara. Pada sejumlah kasus, infeksi ini terjadi karena kebiasaan lupa memotong kuku. Siapa sangka kebiasaan sepele bisa menimbulkan akibat yang tidak disangka-sangka.

6. Memudahkan Aktivitas

Banyak sekali kesusahan yang diakibatkan karena kuku yang panjang. Misalnya membuat aktivitas menjadi terhambat. Padahal, kalau kuku yang dimiliki lebih pendek, aktivitas akan lebih mudah dikerjakan. Kuku yang panjang menyulitkan untuk mencuci, memainkan gitar, menggambar, mengetik di laptop dan lain-lain. Sebaiknya, bila memang ingin tampil anggun ketika difoto, gunakan kuku imitasi saja dan jangan menumbuhkan kuku asli, ya.

7. Menjaga Kebersihan Kuku

Manfaat memotong kuku secara rutin berikutnya yakni akan memberikan kesan penampilan yang bersih. Selain itu, memiliki kuku pendek juga mampu menyingkirkan bakteri bernama Tinea. Bakteri tersebut dapat menyebabkan kutu air, ruam merah pada kuku, dan membuat kuku menguning. Sehingga kamu perlu memotong secara teratur untuk menyingkirkan bakteri tersebut.

Waktu yang Tepat Memotong Kuku

Lantas, kapan kamu sebaiknya memotong kuku? Secara umum seseorang dianjurkan untuk memotong kuku ketika sudah terlihat panjang. Karena pertumbuhan kuku antara satu dengan orang lainnya berbeda, maka sebaiknya kita memperhatikan keadaan kuku, serta memotongnya jika sudah tampak panjang.

Dalam Islam, kita harus memperhatikan adab-adab dalam beraktivitas, tak terkecuali saat memotong kuku. Misalnya waktu yang dilarang memotong kuku bagi yang hendak berkurban saat Idual Adha. Cara memotongnya pun harus dilakukan sesuai sunnah, loh. Bagaimana caranya?

  • Siapkan alat pemotong kuku. Sebaiknya gunakan alat pemotong kuku khusus agar lebih mudah dan aman.
  • Mulailah dari bagian kanan, yaitu kaki kanan atau tangan kanan. Kemudian beralih ke bagian kiri.

Dalam kitab Ihya Ulumuddin, Imam Al-Ghazali menyatakan, “Sebaiknya diawali dari jari telunjuk kemudian jari tangah, jari manis, jari kelingking, dan di akhiri dengan ibu jari.

Jika kuku tumbuh panjang kembali, kapan batas waktu harus memotongnya? Berdasarkan hadis yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik, bahwasanya ia berkata,

“Kami memberi batas waktu dalam mencukur kumis, memotong kuku, membersihkan bulu ketiak, dan mencukur bulu kemaluan agar tidak ditinggalkan lebih dari batas waktu 40 malam,” (HR. Muslim).

Selanjutnya, waktu paling utama untuk memotong kuku adalah pada Jumat pagi sebelum berangkat ke majsid, sebagaimana hadis yang diriwayatkan Baihawi dan Thabrani,

“Adalah Rasulullah SAW memotong kuku dan mencukur kumis pada hari Jumat sebelum beliau pergi salat Jumat,” (HR. Baihawi dan Thabrani).

Baca Juga: Berbagai Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Kuku Kuning

Meski terbilang sepele, ternyata memotong kuku mampu memberikan manfaat besar untuk kesehatan sebagaimana yang telah Seruni sebutkan di atas. Oleh karena itu, jangan lupakan kebiasaan ini, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.