Berbagai Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Kuku Kuning

Berbagai Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Kuku Kuning
doktersehat.com

Seruni.id – Memiliki kuku kuning dan rapuh, membuat rasa percaya diri menurun. Kuku yang menguning bisa menjadi salah satu tanda adanya penyakit, loh. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beragam faktor, mulai dari yang sederhana seperti masalah perawatan kuku hingga sindrom langka yang cukup rumit. Namun, jangan takut, biasanya keluhan ini, bisa bersangsur menghilang jika penyebabnya diatasi. Untuk itu, yuk sama-sama kita mencari tahu apa saja penyebab kuku kuniing dan cara mengatasinya berikut ini.

Penyebab Kuku Kuning dan Rapuh

Seiring bertambahnya usia, warna kuku lama-kelamaan akan berubah dan terlihat lebih menguning. Akan tetapi, masalah ini tidak hanya terjadi pada orang yang telah lanjut usia saja, loh. Beberapa hal berikut ini juga bisa menjadi penyebabnya.

1. Kurang Asupan Vitamin dan Mineral

Penyebab kuku kuning yang pertama, bisa diakibatkan karena kurangnya asupan vitamin dan mineral. Biasanya, jika kekurangan vitamin dan mineral, kuku tidak hanya menguning, namun juga terlihat kering, rapuh, serta bentuknya yang tidak beraturan.

2. Penggunaan Cat Kuku

Seberapa sering kamu mengganti-ganti warna kuku? Jika kamu sering menggunakan cat kuku atau kuteks, maka tak heran kalau kukumu lama-kelamaan menguning. Hal ini dikarenakan pigmen warna yang terdapat pada cat kuku mungkin meresap ke dalam sehingga menyebabkan kuku menguning. Untuk cara menghilangkan kuku kuning akibat kutek, kamu harus menghindari cat kuku terlalu sering. Atau istirahatkanlah kuku selama beberapa minggu setelah penggunaan kuteks. Tujuannya agar kuku dapat bernpas sejenak. Kuku kuning juga bisa disebabkan karena penggunaan pembersih cat kuku, apalagi jika pembersih cat kuku yang digunakan mengandung aseton.

3. Infeksi Jamur

Kuku tak boleh luput dari perawatan, ya. Sebab, jika kurang menjaga keberihannya, bukan tidak mungkin akan menyebabkan infeksi jamur. Dari sekian tanda gejala infeksi jamur, ada salah satu gejala yang mungkin tidak kita sadari, yakni kuku menjadi kuning dan kulit pada bagian bawahnya menebal hingga bisa menyebabkan kuku lepas, loh. Agar kukumu tidak menguning, maka jagalah selalu kebersihan kuku secara teratur dan pastikan alat-alat yang digunakan untuk menggunting kuku atau mempercantik kuku benar-benar dalam keadaan bersih.

4. Penyakit Tertentu

Kuku yang menguning dan rapuh, bisa menjadi tanda dari sindrom kuku kuning. Dimana sindrom ini merupakan kondisi langka yang ditandai dengan tiga gejala. Diantaranya, kuku kuning, limfedema, serta gangguan pernapasa.

Cara Mengatasi Kuku Kuning

Tapi tenang saja, meski begitu kuku kuning masih bisa kamu atasi, loh. Namun cara mengatasi kuku berjamur atau kuning harus disesuaikan dengan penyebabnya, ya, agar perawatan yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal. Berikut ini beberapa perawatan yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kuku kuning.

1. Air Lemon
Berbagai Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Kuku Kuning
klikdokter.com

Cara pertama yaitu dengan menggunakan perasan air lemon. Sebelum menggunakannya, potong lemon segar terlebih dahulu menjadi dua bagian, kemudian peras airnya ke dalam wadah bersih. Jika sudah, rendamlah ujung jari alias kuku ke dalam air perasan tersebut, kurang lebih selama 10 sampai 15 menit. Setelah itu, bilah tangan dengan baik dan dilanjut dengan mengoleskan pelembap. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan, ulangi proses ini setiap hari.

2. Hidrogen Peroksida dan Baking Soda

Berbagai Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Kuku Kuning
travel.kompas.com

Baking soda tidak hanya berguna sebagai bahan pembuatan kue saja, tapi juga bisa kamu manfaatkan untuk memutihkan kuku yang menguning. Namun, untuk penggunaannya, kamu harus mengombinasikannya dengan hydrogen peroksida. Caranya, dengan mencampurkan air hangat, baking soda, dan hydrogen ke dalam wadah. Kemudian rendam bagian kuku yang menguning selama lima sampai 10 menit. Nantinya kedua zat tersebut akan meresap ke dalam kuku, sehingga lebih ampuh mengurangi noda cat kuku.

3. Kurangi Penggunaan Kutek
Berbagai Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Kuku Kuning
cewekbanget.grid.id

Seperti yang sudah dijelaskan, untuk mengembalikan warna asli kuku adalah dengan mengurangi penggunaan kuteks bagi kamu yang gemar menghias kuku. Sebab, bahan kimia yang terkandung di dalamnya jika dipakai terlalu sering bisa menyebabkan kuku berubah warna menjadi kuning dan kusam.

4. Minyak Pohon Teh

Berbagai Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Kuku Kuning
doktersehat.com

Permasalahan pada kuku ini, bisa kamu atasi dengan minyak pohon teh atau tree tea oil. Caranya mudah sekali, kamu hanya perlu mencampurkan satu sampai dua tetes minyak pohon the dengan minyak kelapa atau minyak zaitun, lalu dioleskan pada area kuku yang kuning.

5. Pasta Gigi Pemutih

Berbagai Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Kuku Kuning
google.com

Bukan hanya bisa membuat gigi tampak bersih dan putih saja, pasta gigi bisa kamu manfaatkan untuk memutihkan kuku yang kuning juga, loh. Caranya, ambil pasti gigi secukpnya, kemudian gosokkan ke kuku dengan lembut sampai terlihat perubahan warnanya. Jika semua bagian sudah kamu gosokkan, barulah dibilas dengan air bersih dan gunakan pelembap.

6. Vitamin E

Berbagai Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Kuku Kuning
thehealthsite.com

Vitamin E berfungsi untuk mengembalikan kesehatan serta kelembapan kukumu. Dengan mengonsumsi suplemen vitamin E atau mengaplikasikan krim vitamin E ke kuku, akan mampu merangsang pertumbuhan kuku baru yang lebih sehat.

7. Obat Antijamur

Berbagai Penyebab dan Cara Alami Mengatasi Kuku Kuning
republika.co.id

Apabila kuku kuning disebabkan oleh infeksi jamur, cara mengatasi yang paling efektif adalah menggunakan obat antijamur. Biasanya dokter akan meresepkan ciclopirox 8% yang dioleskan pada kuku kaki seperti cat kuku. Selain ciclopirox, Anda juga bisa menggunakan claritromisin dosis 400 mg untuk memutihkan kuku kaki atau obat yang mengandung vitamin E, zink, kortikosteroid, dan vitamin D3.

Baca Juga: Bahayakah Tanda Putih Pada Kuku?

Itulah berbagai cara mengatasi kuku yang kuning yang bisa kamu lakukan. Namun, tidak menutup kemungkinan kuku yang menguning disebabkan oleh kondisi yang kesehatan serius. Terlebih, jika memang ada keluhan lain yang menyertai. Oleh karena itu, jika kuku kuning tidak dapat teratasi dengan cara-cara di atas atau bahkan obat antijamur yang dijual bebas, periksakanlah kondisimu ke dokter.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.