7 Tanaman Pengusir Tikus yang Harus Ada di Rumah

7 Tanaman Pengusir Tikus yang Harus Ada di Rumah

Seruni.id – Keberadaan tikus di dalam rumah sungguh meresahkan. Apalagi, tikus merupakan salah satu binatang hama yang bisa menjadi sumber penyakit. Seperti pes, leptospirosis, serta penyakit berbahaya lainnya. Jika kamu tidak tega memberikan perangkap lem atau racun, salah satu alternatif lainnya, yaitu kamu harus memiliki tanaman pengusir tikus di rumahmu.

Kamu bisa menanam sejumlah tanaman pengusir tikus ini di sekeliling rumah untuk mencegah tikus masuk. Menaruh tanaman ini di dalam rumah juga merupakan opsi yang bagus sekaligus menjadi dekorasi ruangan. Berikut jenis tanaman pengusir tikus yang bisa kamu pilih:

1. Lavender

7 Tanaman Pengusir Tikus yang Harus Ada di Rumah
lavendertrails.com

Lavender dikenal sebagai tanaman untuk mengusir segala hama kebun, seperti ngengat, kutu hingga tikus. Aroma yang harum serta bunganya yang indah, tidak hanya cocok untuk menghiasi pekarangan rumahmu. Tapi, tanaman ini juga bisa kamu manfaatkan untuk mengusir tikus, loh. Untuk mengusir tikus, kamu hanya perlu memotong tangkainya saja, kemudian biarkan di berbagai sudut dalam ruangan, agar tikus di dalam rumah hilang seketika.

2. Daun Mint

7 Tanaman Pengusir Tikus yang Harus Ada di Rumah
hellosehat.com

Tanaman pengusir tikus berikutnya yakni daun mint. Aroma dari tanaman ini dapat mencegah tikus dan serangga lainnya untuk memasuki rumah. Apalagi, cara menanamnya pun cukup mudah, kamu hanya perlu tempat yang terkena banyak sinar matahari.

3. Sage

7 Tanaman Pengusir Tikus yang Harus Ada di Rumah
pixabay.com

Tanaman ini sering kali dijadikan sebagai tanaman hias yang mempercantik pekarangan rumah. Sage memiliki aroma menyengat yang tak disukai tikus. Menanam sage di sekitar rumah akan menjauhkan tikus masuk ke dalam rumah. Sage putih atau hijau dapat ditanam untuk mengusir tikus karena aroma yang kuat dari kedua varietas.

Sage bukan tanaman pilih-pilih dan akan tumbuh dengan baik di semua jenis tanah selama ada drainase yang layak, dan harus ada sinar matahari hampir sepanjang hari. Daun sage juga dapat dikonsumsi dan memberi berbagai manfaat kesehatan.

4. Tanaman Berduri Tajam

7 Tanaman Pengusir Tikus yang Harus Ada di Rumah
popbela.com

Tanaman berduri tajam sangat tidak disukai oleh tikus. Adapun tanaman tersebut seperti, durian, nangka, dan salak. Untuk mengusir tikus, kamu cukup meletakkan tanaman tajam di area yang sering dilalui tikus dan mereka pun akan segera pergi dari tempat tersebut.

5. Pohon Bintaro

7 Tanaman Pengusir Tikus yang Harus Ada di Rumah
tokopedia.com

Tanaman pengusir tikus berikutnya ada pohon bintaro. Tumbuhan pantai ini bisa tumbuh hingga mencapai 12 meter, loh. Tanaman pengusir tikus ini memiliki daun berbentuk bulat telur dan bunga yang harum berbentuk terompet. Buahnya sendiri memiliki bentuk seperti telur, panjang 5-10 cm, dengan warna merah cerah saat matang. Pohon bintaro dikenal dapat menangkal tikus karena kandungan racun dalam buahnya.

Tikus cenderung takut dan akan menghindari buah ini karena bintaro mengandung racun yang aromanya hanya tercium oleh tikus. Letakkan buah bintaro di beberapa sudut rumah, misalnya halaman, garasi, dapur, dan area samping rumah untuk mencegah masuknya tikus. Namun, hati-hati ya, jika kamu ingin menanam pohon ini karena buahnya juga bisa beracun bagi manusia.

6. Sirsak

7 Tanaman Pengusir Tikus yang Harus Ada di Rumah
pinterest.com

Tanaman sirsak memiliki segudang manfaat, tak hanya untuk kesehatan, tapi juga berfungsi sebagai pengusir tikus. Bagian dari tanaman ini yang digunakan untuk mengusir tikus adalah daunnya. Daun sirsak menebarkan aroma menyengat yang kurang disukai tikus. Sobek beberapa daun sirsak dan sebarkan di tempat-tempat yang disinggahi tikus.

7. Cengkeh

7 Tanaman Pengusir Tikus yang Harus Ada di Rumah
jogjagarden.com

Aroma harum dari cengkeh, sangat disukai manusia dan ditakuti oleh tikus. Manfaatkan hal ini dengan membungkus biji cengkeh yang sudah kering dengan kain kasa lalu letakkan di sudut yang sering dilewati tikus.

Baca Juga: 7 Cara Alami Membasmi Hama pada Tanaman

Demikianlah tujug tanaman pengusir tikus yang bisa kamu tanam di rumah. Jangan lupa bagikan artikel ini pada mereka yang membutuhkan informasi ini, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.