6 Tanda Covid-19 Menyebar ke Jantung

5 Tanda Covid-19 Menyebar ke Jantung
yukk.co.id

Seruni.id – Virus Corona bukan hanya penyakit yang menyerang organ pernapasan saja. Namun, juga bisa menyerang organ lain, seperti jantung. Maka dari itu, kita perlu mengenali tanda Covid-19 menyebar ke jantung.

5 Tanda Covid-19 Menyebar ke Jantung
nationalgeographic.grid.id

Sebuah studi dari JAMA Internal Medicine menyatakan, bahwa hampir 78 persen pasien Covid-19 yang sudah sembuh masih mengalami gejala-gejala komplikasi, termasuk kerusakan jantung. Pasien dengan penyakit jantung sebagai penyerta juga perlu diperhatikan kesehatannya, karena hal ini dapat meningkatkan risiko kematian.

Jika kamu ingin mengetahui gejala Covid-19 menyebar ke jantung, berikut ini Seruni akan mengulasnya. Simak dengan baik ya, sebagai sebuah pengetahuan yang baru.

1. Kelelahan Ekstrem

Tanda Covid-19 menyebar ke jantung yang pertama adalah kelelahan yang ekstrem. Rasa lelah ini sering dilaporkan sebagai gejala di antara orang-orang yang didiagnosis dengan kerusakan jantung pasca infeksi. Jantung yang bekerja lebih keras mengalirkan darah ke seluruh tubuh, bisa membuatmu merasa lelah. Biasanya gejala ini bersamaan dengan detak jantung yang cepat cenderung tidak teratur.

2. Miokarditis atau Peradangan Jantung

Miokardities atau peradangan otot jantung salah satu hal yang perlu diwaspadai. Bisa jadi ini merupakan salah satu tanda Covid-19 menyebar ke jantung. Perlu kita tahu, bahwa peradangan jantung bisa terjadi karena disebabkan oleh infeksi virus.

Sebagai komplikasi jantung yang paling ditakuti, radang jantung bisa membuat kinerja organ melemah sewaktu-waktu. Jika dibiarkan kondisi jantung akan melemah, detak jantung abnormal bahkan menyebabkan gagal jantung dan kematian mendadak. Selain itu, peradangan jantung bisa menyebabkan kondisi organ membesar dan mengganggu aliran darah.

3. Saturasi Oksigen Rendah

Saturasi oksigen yang rendah menjadi salah satu tanda Covid-19 menyebar ke jantung, sehingga menyebabkan gangguan. Kondisi ini umumnya memperlihatkan bibir atau wajah yang kebiruan hingga kebingungan. Namun, saturasi oksigen ini bisa terbilang normal, apabila berada pada angka 95-100 persen.

4. Nyeri Dada

Nyeri pada bagian dada atau dikenal dengan istilah angain menjadi tanda Covid-19 menyebar ke jantung. Saat rasa nyeri tersebut muncul, maka kamu perlu waspada. Karena hal ini kemungkinan akan terjadinya kerusakan jantung.

Secara tidak langsung, kondisi ini akan membuat kesehatan kurang nyaman, sehingga menyebabkan kurangnya aliran darh ke jantung. Jika nyeri dada terasa begitu hebat dan detak jantung tidak stabil, maka bukan tidak mungkin akan menyebabkan seseorang pingsan.

5. Detak Jantung Tidak Teratur

Sejumlah penelitian menemukan bahwa infeksi virus Corona bisa menyebabkan sindrom takikardia ortostatik postural (POTS) atau detak jantung yang tidak beraturan. Bahkan, kondisi ini bisa merusak sistem saraf, menyebabkan ketidak seimbangan detak jantung, hingga tekanan darah yang tidak biasa.

Takikardia juga dapat bermanifestasi menjadi gejala seperti pusing, sirkulasi darah menurun, jantung berdebar, dan kekebalan tubuh terganggu. Kondisi ini umumnya terjadi pada penyintas Covid-19 dan menjadi tanda Covid-19 menyebar ke jantung.

6. Adanya Komplikasi Jantung

Berbagai gejala Covid-19 menyebar ke jantung yang sudah Seruni di atas bisa menjadi tanda bahwa adanya komplikasi pada organ jantung. Bahkan, menurut studi CDC China Weekly menyatakan bahwa telah ada 22 persen pasien meninggal akibat Covid-19 dengan kondisi permasalahan pada organ jantung. Perlu kita pahami, bahwa pasien dengan penyakit jantung memiliki kerentanan terinfeksi Covid-19, bahkan dapat berpotensi mengalami komplikasi.

Baca Juga: Sempat Kontak dengan Orang Positif Covid-19 dan Tidak Terinfeksi, Mengapa?

Itulah sejumlah gejala Covid-19 menyebar ke jantung yang bisa mempengaruhi kesehatan. Gejala di atas perlu sekali untuk kita perhatikan selama pandemi Covid-19 ini yang belum juga kunjung mereda. Semoga informasi ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.