7 Tempat Liburan Edukasi untuk Anak di Jabodetabek

bisniswisata.co.id

Seruni.id – Waktu liburan sekolah telah tiba, sudah punya rencara ingin mengajak anak berlibur? Atau masih bingung ingin membawanya ke mana? Tak perlu khawatir, karena kali ini Seruni akan merekomendasikan beberapa tempat wisata di Jabodetabek.

Tempat berikut ini tidak sekedar tempat bermain biasa, loh. Karena, lokasi wisata ini menyajikan konsep antara edukasi dan hiburan. Jadi, ketika datang ke sana, anak tidak hanya bermain saja, tapi juga sambil belajar. Di mana saja sih tempatnya? Yuk, simak baik-baik.

Alam Sutera Family Park

abaouttng.com

Alam Sutera Family Park memiliki tempat yang luas, sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga. Tak hanya itu, Alam Sutera Family Park juga memiliki area khusus yang disebut dengan Kampoeng Maen, yaitu sebuah atau arena yang memang diciptakan untuk anak dan keluarga. Di sini anak-anak bisa bermain sepuasnya sambil belajar.

Tidak hanya bermain, anak-anak juga bisa mendapatkan pendidikan dasar serta pengetahuan mulai dari memasak, menganyam, hingga menjadi presenter. Mereka bisa mengasah kecerdasan, melatih mental dan fisik serta kegiatan sosial lainnya dalam kehidupan. Disinilah peran Kampoeng Maen sebagai tempat anak untuk bermain sekaligus menggali bakat mereka. Banyak banget kegiatan yang bisa dilakuin di tempat ini.

Selain itu, terdapat kolam dengan berbagai ukuran, bahkan untuk anak-anak usia balita sekalipun, sehingga Anda tidak perlu cemas ketika membiarkan mereka menikmati liburannya bersama dengan anak-anak lainnya.

Lokasi: Kawasan Alam Sutera, Serpong, Tangerang Selatan.

Godong Ijo

jakarta.panduanwisata.com

Lokasi berikutnya yang bisa dijadikan tempat wisata untuk anak-anak adalah Godong Ijo. Di tempat ini memiliki beragam fasilitas pendukung yang sangat lengkap dan dijamin akan membuat liburan Anda dan keluarga menjadi begitu nyaman dan menyenangkan. Godong Ijo memiliki sejumlah sarana, sepeti green house, vertical garden, beragam wahan permainan, restoran, dan berbagai fasilitas lainnya.

Godong Ijo juga memiliki beragam sarana permainan edukatif dan tentunya sangat tepat jika dinikmati oleh anak-anak. Di sini mereka bisa belajar mengenai banyak hal yang akan membuat wawasan mereka bertambah dan liburan mereka berlalu dengan menyenangkan.

Lokasi: Jl. Cinangka Raya Km 10 No. 60, Serua, Kec. Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat.

D’Kandang Amazing Farm

triptrus.com

Sesuai dengan namanya, anak akan mengalami pengalaman bersama alam. Banyak hal yang dapat dipelajari di sini. Tempat ini menyediakan fasilitas wahana yang berhubungan dengan hewan peternakan, ada wahana permainan, serta wahana rekreasi. Objek wisata ini mengambil konsep wisata edukatif yang diperuntukkan untuk keluarga Indonesia. Kalau mau belajar memerah susu sapi juga bisa loh di tempat ini.

Anda dan anak juga bisa mencoba membuat karya dari tanah liat hingga belajar membuat kaos dengan design sendiri, pastinya kegiatan ini akan mengembangkan kreatifitas si kecil.

Masalah harga, tak perlu khkawatir. Tempat wisata edukasi ini tidak menguras kantong kok. D’Kandang Amazing Farm menawarkan harga yang sangat terjangkau. Tempat ini mulai buka pukul 09:00 s/d pukul 16:00 dari hari Senin-Sabtu, sedangkan di hari Minggu buka pukul 06:00 s/d 16:00 WIB.

Lokasi: Jl. Penarikan RT 07/02, Pasir Putih, Kec. Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat.

Planetarium

salidalibrary.org

Salah satu lokasi wisata edukatif untuk anak adalah Planetarium. Meskipun tempat ini terbilang jadul, namun sangat sayang jika dilewatkan. Di bangun tahun 1969 tepatnya di Cikini, Planetarium bisa Anda sambangi bersama anak-anak untuk mengenalkan mereka tentang pengetahuan astronomi.

Di sana, terdapat teater bintang, dengan berbagai macam cerita tentang tata surga serta pembentukan alam semesta. Selain itu, anak-anak juga bisa melihat berbagai macam rasi bintang, bagaima meteor bisa jatuh dan lain-lain.

Lokasi: Jl. Cikini Raya No. 73, RT 08/02, Cikini, Kec. Mentang, Kota Jakarta Pusat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Taman Budaya

google.com

Tempat wisata yang satu ini telah berdiri sejak 1994 di atas lahan seluas lebih dari 6 hektar. Taman budaya ini sangat pas dijadikan tempat liburan keluarga. Ketika datang ke tempat ini, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan hijau, yang dikelilingi empat gunung serta serta ada bukit Hambalang juga.

Terdapat lapangan luas yang dikenal dengan nama Green Centrum, yang umumnya dipakai untuk family gathreing, bazzar hingga entertaiment event. Tak hanya itu, anak juga bisa mencoba wahana outbonf berupa high dan flying fox.

Lokasi: Jl. Siliwangi No. 1, Sumur Batu, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

Kampung Dongeng Indonesia

ihatgreenjello.com

Kampung Dongeng Indonesia adalah tempat bermain anak-anak yang menyenangkan yang terdapat wilayah Tangerang Selatan. Di Kampung Dongeng Indonesia ini anak-anak bisa mendapatkan aktifitas yang cukup seru dimana mereka bisa duduk manis dan bergembira mendengarkan dongeng-dongeng nusantara oleh para tutor disini.

Selain mendengarkan dongeng mereka juga akan merasa senang karena aktifitas bermain dan belajar dilakukan di tempat ini. Kampung Dongeng Indonesia merupakan salah satu tempat dimana kita mengajarkan warisan budaya dan kearifan lokal khas Indonesia untuk generasi penerus yaitu anak-anak kita.

Lokasi: Jl. Musyawrah No. 99, RT 04/01, Kelurahan Sawah, Kec. Ciputat, Sawah Lama, Kota Tangerang Selatan, Banten.

Rumah Pohon

wisataterdekat.com

Tempat wisata ini akan membuat si kecil lepas sejenak dari gadget dan mainan kesukaannya. Area pepohonan ini akan membuat si kecil punya banyak aktivitas fisik. Fasilitas outbond yang lengkap akan membuat si kecil bergerak dan melatih kekuatan otot dan tulangnya. Flying fox hingga menyebrangi jembatan gantung bisa dilakukan oleh si kecil. Mama dan keluarga juga bisa menyantap makanan tradisional sambil merasakan sensasi bearada di rumah pohon.

Lokasi: Jl. Raya Parpostel, Jatiasih, Bekasi, Jawa Barat.

Pelita Desa Ciseeng

pelitadesa.com

Pelita Desa Ciseeng merupakan tempat wisata alam untuk anak-anak yang memperkenalkan banyak variasi kegiatan alam pedesaan. Dengan luas 2,5 hektar, anak-anak akan merasakan sensasi membajak sawah, naik kerbau, menanam padi, hingga cara mengolah pupuk kompos, dan masih banyak lainnya.

Tidak hanya itu, mereka pun dapat mencoba 25 jenis permainan outbound. Seperti melayang sejauh 100 meter diatas danau dengan flying fox atau menyusuri sungai dengan menggunakan rakit. Untuk dewasa, tempat wisata ini juga menyediakan berbagai permainan outbound khusus dewasa.

Lokasi: Jl. H. Miing, RT 01/ 03, Putat Nutug, Ciseeng, Bogor, Jawa Barat.

Saat mengisi waktu libur ini, jangan ragu untuk mengajaknya ke aneka rekomendasi tempat di atas. Bermain di luar ruangan juga dapat meningkatkan daya imajinasi serta ikatan antara Mama dan si kecil. Selamat berlibur!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.