7 Tips Memakai Jilbab Instan Tanpa Takut Rambut Terlihat

7 Tips Memakai Jilbab Instan Tanpa Takut Rambut Terlihat
review.bukalapak.com

Seruni.id – Memakai jilbab instan memang akan memudahkan kita, daripada memakai jilbab segi empat atau pashmina. Namun, yang menjadi masalah adalah rambut yang seringkali terlihat. Meski sepele, tapi hal ini cukup menganggu.

7 Tips Memakai Jilbab Instan Tanpa Takut Rambut Terlihat
hipwee.com

Apalagi, bagi kamu yang berponi. Bahan jilbab, khususnya jilbab instan yang memiliki tali di belakang, biasanya agak licin sehingga rambut sering terlihat. Nah, biar kamu tidak repot jika harus bolak-balik merapikannya, lebih baik lakukan beberapa trik berikut ini, yuk!

1. Gunakan Ciput atau Inner

Sebelum memakai jilbab instan, pastikan kamu telah memakai ciput atau inner. Dengan menggunakan ciput, akan membuat rambut tetap terjaga ketika kamu memakai hijab. Terlebih bagi kamu yang berambut panjang, tentunya cukup terbantu dengan ciput. Agar penampilan tetap on point dan nyaman, kamu bisa memilih ciput dengan warna yang sesuai. Jika belum memiliki banyak ciput, memilih warna netral sepertinya menjadi solusi yang baik. Selain itu, pilihlah bahan yang menyerap keringat.

2. Gunakan Bandana untuk Menahan Rambut

Kalau kamu merasa kurang nyaman memakai ciput, kamu bisa menggunakan bandana sebagai alternatif. Bandana cenderung lebih simpel karena tidak menutupi seluruh kepala. Usahakan memilih bandana berwarna senada dengan hijab dan outfit yang kamu kenakan. Bandanya yang sedikit lebar akan lebih nyaman ketika dikenakan. Kamu pun tak perlu khawatir rambut akan keluar-keluar dari bagain depan.

3. Memakai Jepitan Rambut

Mengenakan jepitan rambut ketika memakai jilbab instan juga menjadi solusi yang efektif. Jepit rambut bisa kamu kenakan pada bagian depan kepala juga bagian kanan-kiri di atas telinga. Tujuannya agar rambutmu tidak keluar saat memakai jilbab instan. Dan sebaiknya, pilihlah bobby pins atau jepit lidi agar tidak membuat bentuk hijab tampak aneh. Jepit dari bagian depan kepala, menyamping menuju belakang hingga sampai melewati bagian telinga.

4. Mengikat atau Mengepang Rambut

Agar seluruh bagian rambut masuk semua ke dalam ikatan, maka rambut perlu disisir terlebih dahulu. Jika sudah diikat rapi, tapi masih keluar-keluar, lebih baik rambutmu dikepang saja agar mengingat lebih kuat. Nah, jika rambutmu cukup panjang, ikatannya bisa kamu tekuk agar tidak kelihatan menjuntai dari ujung jilbab instan bagian bawah. Sebab, percuma saja kalau memakai jilbab, tapi ikatan rambutnya terlihat dari belakang.

5. Memakai Gel atau Minyak Rambut Agar Lebih Mudah Diatur

Kalau kamu memiliki rambut yang cukup kering atau model rambut sangat jatuh, tentunya akan sulit diikat dengan rapi. Sebagai solusinya, kamu bisa mengaplikasikan gel atau minyak rambut. Tidak perlu seluruh rambut diaplikasikan, cukup pakaian untuk rambut bagian depan atau rambut pada dahi yang memang sering terlihat saja. Kalau kurang suka memakai gel, kamu bisa menggantinya dengan petroleum jelly. Tidak repot kok, kamu hanya perlu mengoleskan saja pada bagian rambut yang sering keluar, terutama saat memakai jilbab instan.

6. Gunakan Hair Spray

Hair spray bisa kamu gunakan untuk menata rambut agar bentunya rapi ke belakang. Kamu tidak perlu khawatir, karena hair spray bisa bertahan hingga delapan jam mulai dari pakai sampai kamu melepasnya lagi. Namun, kalau ingin yang lebih kuat, rambutmu bisa diikat dulu, baru disemprotkan hair spray. Jika tidak terlalu nyaman, tenang saja, kamu bisa mencari hair spray dengan kandungan soft dan tidak terlalu mencengkram rambutmu terlalu kuat.

7. Hindari Memakai Jilbab Instan Licin

Cara terakhir, untuk menghindari rambut terlihat saat memakai jilbab instan adalah dengan memilih kerudung berbahan katun dan viscose dan hindarilah jilbab instan berbahan sifon atau satin. Kecuali memang dikenakan untuk kebutuhan acara formal atau tubuh penampilan yang agak mencolok. Selain tidak licin, hijab bahan katun dan viscose juga sangat mudah diatur dan dibentuk, sehingga kamu bisa mengkreasikan jilbab sesuai yang diinginkan tanpa khawatir rambut dahimu berantakan.

Baca Juga: 6 Bahan Hijab yang Kurang Nyaman Dipakai Sehari-hari

Itulah beberapa trik memakai jilbab instan agar rambut tidak terlihat. Nah, agar semakin mudah diatur, hindari memotong rambut dengan model poni. Sebab, rambut berponi akan lebih sulit diikat dan tentunya akan sering sering keluar-keluar saat kamu memakai jilbab instan. Apalagi kalau rambutmu cenderung kering, jatuh, dan paling sulit untuk diikar rapi. Semoga tips-tips di atas bisa kamu terapkan sehari-hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.