Hindari 7 Makanan dan Minuman Penyebab Mata Panda

Hindari 7 Makanan dan Minuman Penyebab Mata Panda
suara.com

Seruni.id – Masalah yang kerap merusak penampilan ialah ketika muncul lingkaran hitam di bawah mata, atau biasa disebut dengan mata panda. Ada banyak sekali penyebab mata panda yang sering tidak disadari. Salah satunya disebabkan oleh makanan dan minuman tertentu, sehingga muncullah mata panda.

Hindari 7 Makanan dan Minuman Penyebab Mata Panda
grid.id

Adanya mata panda, tentu membuat kita tampak lebih lelah dan kusam. Jika ingin terbebas dari masalah yang cukup menganggu ini, maka solusinya adalah dengan menghindari makanan dan minuman yang menjadi penyebab mata panda. Kalau begitu, apa saja sih jenis makanannya?

1. Kopi dan Tah

Bukan hanya kopi saja, ternyata teh juga bisa membuatmu sulit tidur, loh. Sebab, keduanya memang mengandung kafein yang mungkin baik untuk menjadi teman memulai hari, tapi tidaklah baik untuk menutup hari. Perlu kita ketahui, bahwa kafein dapat menstimulasi pergerakan saraf, sehingga menimbulkan peningkatan energi ekstra.

Apalagi, pada beberapa orang, kafein tidak dapat dicerna secara efisien dan membuat mereka merasakan dampaknya, bahkan lebih lama setelah dikonsumsi. Namun, kalau kamu perlu mengonsumsi kafein, pastikan dikonsumsi minimal 4 jam sebelum waktu tidur.

2. Ubi Jalar

Salah satu makanan yang dapat dijadikan sebagai pengganti nasi ini, menyimpan banyak sekali manfaat. Di antaranya baik untuk kesehatan usus, meningkatkan fungsi otak, hingga membantu memperbaiki sistem kekebalan tubuh.

Namun, meski memiliki manfaat, ternyata ubi jalar menjadi salah satu penyebab mata panda, jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Jadi, untuk menghindari hal ini, usahakan untuk mengonsumsinya secukupnya saja.

3. Dark Chocolate

Meski dianggap bisa menghilangkan bad mood dan berfungsi sebagai sumber antioksidan yang tinggi. Namun, dark chocolate ternyata mengandung kadar kafein yang cukup tinggi yang bisa membuat matamu terjaga sepanjang malam.

Selain itu, dark chocolate juga mengandung senyawa teobromin, fenitilamin, dan anadamin yang dapat memicu jantung berdenyut lebih kuat, sehingga kamu perlu menghindarnya sebelum tidur.

4. Makanan yang Asin

Makanan yang memiliki rasa asin, kaya akan natrium yang dapat menyebabkan kantong mata membengkak dan terlihat lelah. Jika kamu mengonsumsi makanan yang tinggi garam, maka hal ini juga bisa menyebabkan masalah mata panda.

5. Makanan Berlemak Tinggi

Sebelum tidur, usahakan untuk tidak mengonsumsi makanan berlemak tinggi, ya. Sebab, makanan jenis ini hanya akan membuat pencernaan bekerja ekstra sebelum tidur. Jika kamu memaksakan diri untuk tidur setelah mengonsumsi makanan ini, maka akan terjadi peningkatan risiko heartburn, yaitu asam lambung yang naik kembali ke kerongkongan.

6. Makanan Pedas

Bukan hanya makanan berlemak tinggi, makanan pedas juga dapat meningkatan metabolisme tubuh yang membuatmu lebih mudah terjaga di malam hari. Selain itu, makanan pedas juga dapat membuat perut terasa panas. Sehingga kondisi tersebut bisa menyebabkan kamu sulit tidur. Hal ini kerap kali dikaitkan dengan adanya capasaicin, bahan aktif dalam cabai yang memengaruhi tidur dengan perubahan suhu tubuh.

7. Alkohol

Banyak yang menganggap, bahwa alkohol dapat membuat tidur lebih cepat. Namun, menurut sebuah penelitian, mengsonsumsi alkohol dapat menganggu tidur dan menyebabkan kamu terbangun di antara jam tidur. Konsekuesnsi yang akan kamu dapatkan dari mengonsumsi alkohol adalah tidur menjadi tidak berkualitas dan membuatmu merasa kurang beristirahat di pagi hari. Sehingga terbentuklah mata panda.

Baca Juga: 11 Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami

Jadi, agar tidak muncul mata panda atau ingin mengatasinya, ada baiknya untuk menghindari makanan-makanan di atas, ya. Cara tersebut tidak hanya membuat mata panda hilang saja, tapi juga membuat tubuhmu menjadi lebih sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.