Ingin Gorengan Tidak Terlalu Berminyak Saat Dimakan? Ini Tipsnya!

Ingin Gorengan Tidak Terlalu Berminyak Saat Dimakan? Ini Tipsnya!
hellosehat.com

Seruni.id – Bisa dikatakan gorengan menjadi salah satu camilan yang disukai banyak orang. Apalagi, jika gorengan tidak terlalu berminyak saat dimakan, renyah, dan gurih. Namun sayangnya, banyak gorengan yang dijual cenderung berminyak, sehingga bisa menyebabkan sakit tenggorokan dan radang. Biasanya hal ini disebabkan oleh kualitas minyak yang digunakan.

Ingin Gorengan Tidak Terlalu Berminyak Saat Dimakan? Ini Tipsnya!
mediaindonesia.com

Tak sedikit pedagang yang menggoreng makanan tersebut dengan menggunakan minyak kelapa sawit dengan teknik menggoreng yang tidak tepat. Daripada membeli gorengan yang berminyak di pinggir jalan, bukankah lebih baik membuatnya sendiri di rumah? Jika ingin membuatnya sendiri, kamu perlu memerhatikan beberapa tips membuat gorengan tidak terlalu berminyak saat di makan, berikut ini.

1. Pilih Minyak yang Berkualitas

Agar gorengan tidak terlalu berminyak dan tentunya lebih sehat, pastikan kamu menggunakan minyak goreng yang berkualitas. Seruni sarankan untuk menggunakan minyak kelapa murni (VCO/Virgin Coconut Oil) yang cenderung tidak berminyak saat digunakan untuk menggoreng masakan. Apalagi, kamu bisa mendapatkan minyak kelapa dengan mudah, bisa melalui agen distributor minyak kelapa, minimarket atau online shop.

2. Gunakan Minyak Baru

Untuk membuat gorengan, sebaiknya gunakanlah minyak yang baru, bukan bekas pakai. Karena kalau kamu terlalu sering menggunakan minyak bekas untuk memasak kembali, ini hanya akan menimbulkan aroma yang tidak sedap, membuat makanan cenderung berminyak, dan tentunya tidak sehat.

3. Pastikan Minyak Sudah Benar-benar Panas dan Gunakan Api Kecil

Ketika hendak menggoreng, pastikan kamu sudah memanaskan minyak hingga benar-benar panas. Apabila menggoreng dengan minyak yang kurang panas, makanan cenderun menyerap minyak lebih banyak. Nah, selain itu, setelah mengetahui minyak panas, segeralah kecilkan api dan goreng dengan api sedang cenderung kecil, tujuannya agar menghindari gorengan gosong dan matang sempurna hingga ke dalam.

4. Menggunakan Air Berkarbonasi pada Adonan

Jika kamu ingin membuat camilan gorengan, kamu bisa menambahkan air berkarbonasi atau air soda ke dalam adonan. Tujuannya untuk menghambat penyerapan minyak ke dalam masakan. Sehingga gorengan menjadi lebih kering dan tidak berminyak.

5. Menambahkan Baking Soda

Agar gorengan tidak terlalu berminyak ketika dimakan, selain menambahkan air bersoda, kamu juga bisa menambahkan langsung baking soda ke dalam adonan. Caranya dengan mencampurkan masakan atau adonan yang akan digoreng dengan baking soda secara merata. Hal ini dapat membuat hasil masakan yang digoreng lebih gurih, renyah, dan tidak berminyak.

6. Tiriskan Gorengan dengan Kertas Resap

Saat meniriskan minyak pada gorengan, sebaiknya tidak menggunakan tisu, ya. Untuk meniriskan hasil gorengan, kamu bisa menggunakan kertas resap atau tisu makan (khusus untuk meniriskan masakan). Letakkan gorengan di atas kertas resap, sehingga minyak dapat meresap ke dalam kertas. Setelah itu, pindahkan gorengan ke tempat lain yang bersih.

7. Goreng Makanan Sedikit Demi Sedikit

Selanjutnya, perhatikanlah proses penggorengan agar gorengan tidak terlalu berminyak saat dimakan. Ketika menggorengan makanan terlalu banyak, biasanya makanan tersebut akan berebut panas pada minyak. Pada kondisi inilah suhu minyak menurun, sehingga makanan jadi menyerap minyak dan waktu masaknya pun jadi lama.

8. Jangan Diangkat Sebelum Permukaan Benar-benar Kering

Pastikan kamu mengangkat makanan ketika sudah yakin benar permukaannya kering dan renyah. Makanan yang diangkat ketika masih basah memang akan lebih berminyak.

Baca Juga: Tips Membuat Gorengan Sehat

Mudahkan? Itulah delapan tips menggoreng masakan agar tidak berminyak dan membuat hasil gorengan lebih renyah dan lezat. Sudah siap mencobanya di rumah?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.