8 Aturan Penting Dalam Mencatok Rambut Agar Tidak Rusak

  • Bagikan
8 Aturan Penting Dalam Mencatok Rambut Agar Tidak Rusak

Seruni.id – Selain wajah, bagian penting dari tubuh yang perlu dirawat adalah rambut. Demi menunjang penampilan, mencatok rambut sering kali dilakukan. Entah membuat rambut menjadi lurus, bergelombang, atau keriting.

8 Aturan Penting Dalam Mencatok Rambut Agar Tidak Rusak

Meski bisa membuat rambut lebih mudah ditaur, mencatok rambut ternyata juga bisa membuat rambutmu rontok hingga rusak. Bagi kalian yang sehari-harinya tidak bisa lepas dari catokan, penting sekali untuk memerhatikan aturannya nih. Agar lebih memahami, perhatikan artikel berikut ini, ya!

1. Perhatikan Ritual Sebelum Mencatok

Sebelum mencatok rambut, apakah kamu telah membersihkan rambutmu terlebih dahulu? Jika iya, mungkinkah kamu keramas dengan air panas dengan mengeringkannya menggunakan hairdryer? Kalau sebelumnya kebiasaan ini sering kamu lakuakn, sebaiknya segera tinggalkan, ya. Sebab, terlalu banyak panas haya akan membuat rambut semakin rusak.

Cara mencatok rambut bagi pemula yang harus kamu lakukan adalah keramaslah dengan air dingin dan keringkan rambut secara alami sebelum mencatiknya. Karena panas yang dihasilkan dari alat catok cukup tinggi. Hal inilah yang nantinya akan membuat rambut rusak parah. Tentunya kamu tak ingin hal ini terjadi, ‘kan?

2. Pilih Alat Catok dengan Kualitas Baik

Kalau kamu tidak ingin rambut cepat rusak, usahakan pilihlah cantokan dengan kualitas baik, ya. Meski harganya mahal, tak mengapa, yang penting rambutmu tetap terawat. Catokan rambut yang bagus biasanya terbuat dari keramik, turmalin, atau titanium.

Selain itu, pilihlah alat catok dengan beberapa pilihan temperatur agar bisa kamu sesuaikan dengan tekstur dan ketebalan rambut. Berikutnya, pilihlah catokan yang lebarnya sekitar 4 cm atau lebih kecil dari itu, agar mudah mencapai bagian rambut yang dekat dengan kulit kepala.

3. Pastikan Rambut Sudah Kering

Cara mencatok rambut agar tidak mengembang dan rusak adalah dengan memastikan bahwa rambut dalam keadaan benar-benar kering. Karena meski setengah kering, akan lebih rentan mengalami kerusakan, terutama saat bersenturan dengan pemanas atau catokan. Meski dalam keadaan terburu-buru, biasakan membiarkan rambut benar-benar kering secara alami atau menggunakan handuk sebagai alat bantu.

4. Selalu Pakai Serum

Banyak para pemula yang bertanya-tanya “Sebelum catok rambut pakai apa?” Seruni sarankan, gunakanlah serum rambut sebelum mencatoknya, ya. Cara ini untuk menjaga agar rambut tetap sehat dan lembut meski sering memakai catokan rammbut. Jadi, pastikan kamu memakai serum khusus rambut sebelum dan sesudah melakukan proses pencatokan. Serum berfungsi sebagai pelindung setiap helai rambut dan mencegah kerusakan karena terpaan alat pelurus rambut tersebut.

5. Setel Catokan Rambut dengan Suhu Rendah

Untuk menghindari kerusakan parah pada lapisan rambut, maka aturlah suhu catokan serendah mungkin dan biarkan beberapa saat hingga panas maksimal sebelum menggunakannya. Cukup posisikan pada suhu low antara 120-150 derajat celcius untuk rambut tipis. Sedangkan untuk rambut yang medium atau rata-rata, gunakan suhu yang lebih tinggi sekitar 150-280 derajat celcius. Jika rambutmu tergolong tebal dan kasar, sebaiknya gunakan suhu antara 180-200 derajat celcius.

6. Bagilah Rambut Menjadi Beberapa Bagian

Sebagian wanita ada yang melakukan berapa kali sehari mencatok rambut, tujuannya agar rambut mereka menjadi lebih mudah diatur. Tapi proses mencatok rambut ini haruslah benar, ya. Agar nantinya tidak membuat rusak. Baiknya bagi-bagi rambut terlebih dahulu, lalu mulailah dari rambut paling bawah dari atas ke ujung rambut.

Jangan biarkan catokan berada pada satu bagian rambut lebih dari 3-4 detik karena bisa merusak atau bikin rambut jadi hangus. Juga jangan mencatok rambut dengan mengambil bagian rambut secara acak karena bikin prosesnya justru lebih lama dan nggak sama teksturnya. Teknik ini juga menghindari pencatokan berulang di tempat yang sama.

7. Bersihkan Catokan Rambut Setelah Menggunakannya

Demi menjaga kualitasnya, biasakan untuk segera membersihkannya, ya. Sebab, akan banyak sekali kotoran atau residu yang menempel pada catokan setelah digunakan. Agar tidak menganggu proses mencatok rambut selanjutnya, selalu lap catokan rambut dengan kain basah saat catokan dalam keadaan mati. Selanjutnya simpan baik-baik ke dalam pouch khusus alat catok agar aman nggak tidak mudah kotor.

8. Lakukan Perawatan Secara Rutin

Untuk menjaga rambut tetap sehat dan lembut, jangan lupa lakukan perawatan secara rutin, setidaknya seminggu sekali. Kamu bisa melakukan creambath, masker atau spa rambut setiap seminggu sekali. Tak perlu pergi ke salon, kamu bisa melakukannya sendiri di rumah kok.

Apalagi, saat ini sudah banyak tersedia produk perawatan rambut yang bisa disesuaikan dengan kondisi rambutmu. Atau kalau kamu cukup telaten, gunakan saja bahan-bahan alami yang bisa kamu gunakan untuk merawat rambutmu tiap minggunya.

Baca Juga: 8 Jenis Pewarna Rambut Alami yang Aman Digunakan

Meski mencatok rambut sudah jadi kebutuhanmu sehari-hari, sebaiknya kamu tidak melakukannya terlalu sering untuk menghindari kerusakan rambut. Sebaliknya, lebih teratur saja melakukan perawatan rambut dan menerapkan aturan-aturan di atas saat pakai catokan, ya! Semoga membantu

  • Bagikan
seruni.id