8 Jenis Pewarna Rambut Alami yang Aman Digunakan

8 Jenis Pewarna Rambut Alami yang Aman dan Mudah Ditemukan

Seruni.id – Menggunakan pewarna rambut terlalu sering akan berisiko menyebabakan rambut rusak. Jika kamu ingin mengganti warna rambut, tapi tidak ingin rambut rusak, salah satunya adalah beralih dengan pewarna yang lebih alami. Melansir dari berbagai sumber, berikut sejumlah bahan alami yang bisa digunakan sebagai pewarna.

1. Madu Mentah Sebagai Bleaching

8 Jenis Pewarna Rambut Alami yang Aman dan Mudah Ditemukan

Sudah bukan rahasia lagi kalau madu merupakan bahan alami dengan segudang manfaat, tak terkecuali sebagai bleaching rambut. Organic raw honey alias madu organik mengandung pemutih alami yakni hidrogen peroksida yang kerap digunakan untuk bleaching rambut.

Produk ini biasanya dijual di supermarket besar atau toko online. Untuk menggunakannya, kamu hanya perlu menambahkan air dalam kemasan ke dalam beberapa sendok madu. Setelah itu, usapkan larutan madu tersebut ke rambut mu. Kemudian, bungkus dengan handuk, lalu tunggu sekitar satu jam sebelum dibilas.

2. Teh Hitam

8 Jenis Pewarna Rambut Alami yang Aman dan Mudah Ditemukan

Biasanya teh hitam dikonsumsi sebagai minuman yang menemani saat kita bersantai. Dan ternyata bukan hanya untuk diminum saja, loh. Teh hitam bisa kamu manfaatkan sebagai pewarna rambut alami. Sesuai dengan namanya, teh ini akan menghasilkan warna yang gelap pada rambut. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam teh akan melindungi rambut dari bahaya sinar matahari, sehingga rambut lebih sehat dan berkilau.

Cara mengaplikasikannya tidaklah sulit, kamu hanya perlu menyeduhnya tiga sampai enam kantong teh hitam dengan air panas, dan tunggu hingga dingin. Balurkan di seluruh rambut secara merata dan diamkan selama kurang lebih satu jam. Kemudian keramas dengan sampo seperti biasa.

3. Kopi

8 Jenis Pewarna Rambut Alami yang Aman dan Mudah Ditemukan

Selain teh, kopi bubuk juga bisa dijadikan pewarna rambut alami dan aman jika digunakan. Sama seperti teh hitam, kopi juga akan menghasilkan warna gelap terhadap rambutmu. Untuk menggunakannya sangat simpel sekali. Cukup siapkan bubuk kopi dan kondisioner rambut secukupnya saja. Kemudian keduanya dicampurkan dalam satu wadah dan aduk hingga merata.

Setelah bahan tercampur sempurna, kamu bisa segera mengaplikasikannya ke rambut secara perlahan dan merata. Jangan langsung dibilasm ya. Biarkan terlebih dahulu kurang lebih selama satu jam dan tutup dengan shower cup atau handuk. Jika sudah satu jam, barulah bilas rambut dengan air dan sampo hingga bersih. Lihatlah perbedaan rambut yang sudah di cat. Kalau belum sesuai keinginan, kamu bisa mengulang cara tersebut sampai warna yang kamu inginkan.

4. Wortel

8 Jenis Pewarna Rambut Alami yang Aman dan Mudah Ditemukan

Sayuran yang bermanfaat untuk kesehatan mata ini, ternyata juga bisa kamu jadikan pewarna rambut alami, loh. Dengan menggunakan wortel, akan menghasilkan warna oranye kemerahan pada rambutmu. Kamu hanya perlu membuat beberapa buah wortel menjadi jus, kemudian mencampurkannya dengan minyak kelapa atau minyak zaitun hingga merata.

Kalau sudah merata, kamu bisa langsung mengaplikasikan campuran tersebut ke rambut secara keseluruhan atau sesuai selera beberapa bagian rambutmu saja. Kalau sudah, jangan lupa bungkus rambut dengan plastic shower cup selama satu jam atau lebih. Setelah itu, lanjut dengan membilas rambut menggunakan cuka apel. Pada tahapan ini kamu perlu hati-hati. Jika dirasa rambut sudah bersih, keringkan dan lihatlah rambut yang sudah berwarna, apabila belum, kamu bisa mengulangi cara tersebut sampai benar-benar menghasilkan warna yang sempurna.

5. Buah Lemon

8 Jenis Pewarna Rambut Alami yang Aman dan Mudah Ditemukan

Sama halnya seperti madu organik, kandungan asam sitrat yang terdapat pada buah lemon dapat menjadi zat pemutih alami dan beraksi dengan ultra-violet serta oksigen untuk mencerahkan rambut. Jika kamu ingin menggunakan jus lemon untuk pencerah alami warna rambut, kamu hanya perlu memeras lemon ke dalam botol semprot dan tambahkan sedikit air. Setelah itu, semprotkan larutan tersebut ke helai rambut yang ingin kamu warnai lebih cerah. Keringkan rambut yang sudah kamu semprotkan dengan jus lemon di bawah paparan sinar matahari untuk mengubah komposisi melanin di rambut secara alami.

6. Daun Sage

8 Jenis Pewarna Rambut Alami yang Aman dan Mudah Ditemukan

Pewarna rambut alami berikutnya bisa kamu dapatkan dari daun sage, biasanya banyak orang yang memanfaatkan sebagai bumbu penyedap dalam masakan. Meski daunnya berwarna hijau muda, tapi sage mengandung yang bisa menggelapkan rambut secara alami. Jadi, daun sage cocok bagi kamu yang mulai beruban.

Untuk membuatnya, kamu hanya perlu mencampurkan satu sendok makan daun sage kering dengan secangkir air matang. Biarkan campuran tersebut terendam selama sekitar dua jam. Setelah itu, peras daunnya dan tuangkan campuran tersebut ke rambut, biarkan meresap selama 30 menit. Setelah itu, bilas rambut dan ulangi proses tersebut setiap hari sampai rambut menjadi gelap.

7. Buah Bit

8 Jenis Pewarna Rambut Alami yang Aman dan Mudah Ditemukan

Pewarna rambut berbahan alami selanjutnya adalah jus buah bit. Sebagai alternatif, kalau kamu ingin memberi warna kemerahan yang lebih pekat pada rambut, maka pilihlah jus buah bit yang kamu campurkan dengan minyak rambut alami. Biarkan pewarna selama sekitar satu jam sebelum membilasnya.

8. Henna

8 Jenis Pewarna Rambut Alami yang Aman dan Mudah Ditemukan

Mungkin sebagain dari kita sudah tahu, bahwa henna adalah salah satu pewarna rambut alami. Henna akan menghasilkan warna yang berbeda-beda pada setiap orang. Untuk ketahanannya, warna henna akan bertahan selama kurang lebih empat sampai enam minggu.

Baca Juga: Tips Memilih Catokan Rambut Sesuai dengan Kebutuhan

Nah, itulah delapan pewarna rambut berbahan alami yang aman untuk kamu gunakan. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.