8 Kesalahan Saat Keramas yang Perlu Dihindari

8 Kesalahan Saat Keramas yang Perlu Dihindari

Seruni.id – Rambut adalah bagian penting pada tubuh yang keberadaannya harus selalu diperhatikan. Agar rambut tetap indah, kita harus selalu merawatnya dari hal kecil, seperti keramas atau mencuci rambut.

8 Kesalahan Saat Keramas yang Perlu Dihindari

Namun, terkadang cara keramas yang kita lakukan tak menutup kemungkinan dapat merusak rambut dan membuatnya tidak indah, loh. Tapi tenang saja, di sini kamu akan memahami di mana letak kesalahan saat keramas yang sering tidak kita sadari. Oleh karena itu, yuk simak ulasan selengkapnya berikut ini:

1. Keliru Menggunakan Sampo

Apakh kamu biasa membeli sampo satu produk untuk semua anggota keluarga di rumah? Jika iya, sebaiknya kebiasaan ini coba dipertimbangkan kembali, ya. Sebab, seperti yang kita tahu, jenis kulit kepala setiap orang pasti berbeda-beda. Kalau kamu menggunakan sampo yang tidak sesuai dengan kebutuhan rambut, justru akan membuatnya semakin kering dan kehilangan kilaunya.

2. Tidak Menyisir Rambut Sebelum Keramas

Banyak dari kita yang mungkin mengabaikan hal ini ketika hendak keramas. Ternyata menyisir rambut sebelum keramas penting loh dilakukan. Dengan menyisirnya sebelum keramas, akan membuat residu produk yang tersisa di rambut lebih mudah terangkat. Selain itu, cara ini juga mampu mengurangi rambut kusu saat proses keramas.

3. Tidak Memperhatikan Cara Keramas yang Tepat

Keramas yang tepat adalah dengan cara menuangkan sampo pada telapak tangan kemudian mulai kenakan pada ujung rambut kemudian pijat perlahan hingga sampai ke bagian akar rambut. Cara seperti ini dapat meminimalisir terjadinya rambut rusak dan juga kering.

4. Terlalu Sering Mencuci Rambut

Terlalu sering keramas ternyata tidak baik untuk rambut, loh. Bahkan, hanya akan membuatnya mudah rapuh dan rusak. Jadi, untuk menghindari hal tersebut, cucilah rambut sesuai dengan jenisnya, ya. Jika kamu memiliki kulit kepala ang berminyak, maka cucilah setiap hari, ini tidak akan menjadi masalah. Namun, kalau jenis rambutmu kering dan rusak, disarankan untuk keramas hanya dua kali dalam seminggu.

5. Menggunakan Air Panas

Saat mencuci rambut, sebaiknya hindarilah penggunaan air panas, ya. Sebab, air panas atau hangat hanya akan membuat minyak alami rambut mengelupas, serta memudarkan warna alminya. Bagi kamu yang mewarnai rambut, sangat disarankan sekali untuk menghindari penggunaan air panas. Semakin panas air yang untuk keramas, maka semakin banyak nutrisi dan warna rambut yang terganggu. Air panas juga bisa merusak kutikula dan folikel rambut.

Lantas, kapan waktu yang tepat untuk menggunakan air panas? Yakni ketika kamu mengaplikasikan sampo, namun membilasnya tetap menggunakan air dingin. Hal ini sangat kita butuhkan untuk mengunci kelembapan dan kilau rambut. Atau kamu juga masih punya pilihan lain untuk menggunakan air hangat ketika mencuci rambut.

6. Tidak Menggunakan Kondisioner

Sebaiknya jangan melewatkan penggunaan kondisioner saat keramas. Karena peran kondisioner sangat dibutuhkan untuk rambut, loh. Yakni untuk melembapkan rambut setelah dicuci dengan kandungan sampo yang mungkin cukup keras.

7. Menggosok Rambut Terlalu Kuat

Ketika dalam kondisi basah, rambut sangat mudah rapuh. Tanpa kita sadari, saat mengaplikasikan sampo, kita cenderung menggosok-gosoknya. Sebaiknya hindarilah menggosok rambut terlalu kuat, ya. Karena ini hanya akan merusaknya. Adapun langkah yang tepat adalah memijatnya.

8. Membilas dengan Cara yang Salah

Tahukah kamu rahasia dalam membilas rambut setelah keramas? Sampo harus dibilas hingga bersih, karena fungsinya adalah mengangkat kotoran yang menumpuk di kulit kepala. Sedangkan kondisioner tidak boleh dicuci bersih, cukup bilas, namun jangan heran apabila produk kondisioner masih terasa tersisa di rambut. Fungsi dari kondisioner adalah melembapkan dan melindungi rambut.

Baca Juga: 5 Warna Rambut yang Akan Hits di Tahun 2021

Wah, tak kita sangka ternyata beberapa kesalahan keramas di atas dengan sengaja atau tidak, sering kali kita lakukan. Agar kesehatan dan keindahan rambut tetap terjaga, yuk mulai sekarang lebih memerhatikan langkah-langkah mencuci rambut yang baik agar rambut dan kulit kepala lebih sehat dan terlindungi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.