8 Keuntungan Tinggal Bersama Orangtua Setelah Menikah

  • Bagikan
8 Keuntungan Tinggal Bersama Orangtua Setelah Menikah
brridestory.com

Seruni.id – Banyak pasangan yang baru menikah ingin secepatnya pindah ke rumah sendiri karena tak ingin tinggal bersama orangtua. Tujuannya mereka ingin lebih mandiri dan tak bergantung pada orangtua.

8 Keuntungan Tinggal Bersama Orangtua Setelah Menikah
popmama.com

Hal ini juga lantaran banyak pendapat yang beredar luas di masyarakat bahwa tinggal seatap dengan orangtua itu tidak enak. Padahal, ada beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan, loh. Yuk simak uraiannya berikut ini:

1. Lebih Mudah untuk Menabung

Keuntungan tinggal bersama orangtua yang pertama, yakni kamu dan pasangan akan lebih mudah untuk menabung. Setidaknya dengan tinggal bersama mereka, kalian tidak terlalu diberatkan oleh biaya sewa, tagihan listrik, internet, dan belanja bulanan. Jadi, kamu dan pasangan bisa menabung untuk membeli rumah suatu saat nanti. Meski demikian, jangan merasa selalu ‘enak’, dan membuatmu pelit terhadap orangtuamu. Tetaplah berikan setengah biaya keperluan rumah agar tidak membebani mereka, walaupun mereka tidak meminta.

2. Pekerjaan Rumah Menjadi Lebih Ringan

Jika tinggal terpisah dengan orangtua, kebayangkan kan lelahnya mencuci baju, setrika dan pekerjaan rumah lainnya? Namun, semua itu akan lebih ringan apabila kamu tinggal bersama orangtua, terlebih jika ada ART. Terutama buat pasangan yang keduanya bekerja. Tapi ingat ya “saling membantu” bukan tugas kamu lantas dikasih ke orangtua atau ART.

3. Tetap Bisa Menikmati Makanan Enak

Permasalahan rumah tangga baru adalah istri yang belum pantai memasak, biasanya hal ini dikarenakan keduanya sibuk bekerja dan tidak punya waktu untuk memasak. Nah saat bersama orangtua, kamu tidak akan keberatan kok memasakan makanan sehat dan nikmat buat kamu dan suami. Kamu juga bisa sambil belajar masak makanan yang enak sama orangtua.

4. Membantu Merawat atau Mengawasi Anak

Bagi pasangan yang sibuk bekerja dan sudah memiliki anak, orangtuamu akan senang jika bisa bermain bersama anakmu. Ini bukan berarti kamu memberikan tugas kepada mereka untuk menjaga anakmu, ya. Melainkan gunakan jasa pengasuh anak yang biasa diawasi oleh orangtuamu. Jadi, kamu dan pasangan tidak khawatir dengan keamanan dan keselamatan si kecil, orangtua kalian kan sudah berpengalaman soal merawat anak.

5. Keakraban Tetap Terjalin

Saat tinggal terpisah dengan orangtua, bisa jadi jarak tempat tinggalmu dengan rumah orangtua terpaut jauh. Waktu berjumpa dengan mereka pun pasti berkurang. Nah, jika tinggal serumah dengan orangtua, kamu tetap bisa merasakan keakraban di tengah keluarga besar.

6. Selalu Ada untuk Orangtua

Tinggal bersama dengan orangtua, bukan kamu saja yang diuntungkan. Namun, saat mereka sakit, kamu akan jadi orang pertama yang mengurus mereka. Menghibur mereka atau membantu saat orangtua membutuhkan akan membuatnya bahagia. Sebagai anak kamu pasti merasa puas bisa membahagiakan orangtua.

7. Belajar Rumah Tangga dari Orangtua

Bagi kamu yang baru menikah, pastinya perlu belajar banyak hal tentang rumah tangga, kan? Nah, kamu bisa belajar dari orangtua kamu dengan memerhatikan sikap mereka memperlakukan pasangan, cara mengatur rumah, dan keuangan rumah tangga. Nantinya kamu dan suami bisa mengaplikasikannya saat tinggal di rumah sendiri bersama anak-anak. Tak ada salahnya kok memilih tinggal bersama orangtua seetelah menikah. Ingat ya, kalian hanya perlu mengikuti peraturan di rumah orangtua, saling membantu dan terbuka secara finansial.

8. Belajar Lebih Disiplin

Tinggal bersama orangtua atau mertua kamu harus siap mematuhi semua peraturan-peraturan tidak tertulis yang telah ditetapkan. Kamu tidak bisa lagi bertindak seenaknya, seperti bangun siang saat hari libur, bermalas-malasan dan lain-lain. Namun, ini lah yang akan membuatmu menjadi pribadi yang lebih disiplin lagi. Nilai tambahannya kamu juga bisa menerapkan hal tersebut dalam mendidik anak-anakmu kelak.

Baca Juga: Ini Alasan Wanita Bahagia Memiliki Penghasilan Sendiri Setelah Menikah

Itulah delapan keuntungan yang akan kamu peroleh saat tinggal bersama orangtua. Setelah melihat keuntungan-keuntungan tersebut, masihkah kamu berpikir bahwa tinggal bersama orang tua selalu tidak enak?

  • Bagikan
seruni.id