Ini Alasan Wanita Bahagia Memiliki Penghasilan Sendiri Setelah Menikah

Ini Alasan Wanita Bahagia Memiliki Penghasilan Sendiri Setelah Menikah

Seruni.id – Menikah atau belum, perempuan yang memiliki penghasilan sendiri bisa menciptakan kebahagiaan-kebahagiaannya sendiri. Namun, banyak orang bilang, wanita yang telah menikah tidak perlu bekerja karena mereka akan dihidupi oleh suaminya. Pernyataan tersebut tidak sepenuhnya salah pun benar. Seorang suami yang berperan sebagai kepala keluarga memang wajib untuk menafkahi anak dan istrinya. Hal ini bukan berarti istri tidak boleh memiliki penghasilan sendiri.

Ini Alasan Wanita Bahagia Memiliki Penghasilan Sendiri Setelah Menikah

Ibu rumah tangga ataupun ibu bekerja sama-sama sangat luar biasa. Pekerjaan rumah tangga bukan merupakan pekerjaan yang mudah apalagi telah memiliki anak. Memiliki penghasilan sendiri sebagai perempuan juga memiliki banyak manfaat untuk keluarga dan lebih bahagia. Mengapa? Simak jawaban selangkapnya berikut ini, ya.

1. Memudahkan Kita Dalam Mengontrol Banyak Aspek Kehidupan

Dengan memiliki penghasilan sendiri, seorang istri akan terdorong untuk membuat perencanaan keuangan sendiri. Antara lain, bisa membuat pos-pos pengeluaran, membagi prioritas-prioritas kehidupan yang ada, dan lainnya. Sehingga ketika sudah menikah, kita tak melulu menggantungkan diri pada penghasilan suami, meskipun tugas suami memang menafkahi istrinya. Setidaknya jika ada hal-hal darurat, kita masih memiliki dana cadangan dari penghasilan tersebut. Hal ini pun menghadirkan lebih banyak ketenangan dan membuat kita bsia lebih bahagia.

2. Memberi Kepuasan Batin

Alasan seorang wanita atau istri yang memilih untuk bekerja, bukanlah karena uang semata. Melainkan, dengan bekerja ia mendapatkan kepuasan batin, apalagi apa yang dilakukan dan kerjakan bisa menghasilkan sesuatu dan dihargai. Saat kita bisa mengaktualisasikan diri dengan baik, ada kebahagiaan tersendiri yang bisa kita dapatkan dan miliki.

3. Bisa Lebih Leluasa Membeli Barang yang Diinginkan

Sudah bukan rahasia lagi, dengan memiliki penghasilan sendiri akan membuat kita lebih leluasa untuk membeli apa pun yang diinginkan, tanpa perlu meminta kepada suami. Meskipun suami diwajibkan untuk memenuhi kebutuhan seorang istri tetapi ada kepuasan sendiri saat dapat membeli barang yang kita inginkan dengan uang yang kita hasilkan.

4. Perawatan Tanpa Perlu Minta Suami

Setujukah kalian, bahwa setelah menikah banyak sekali kebutuhan yang tak terduga? Sepertinya kondisi ini dialami oleh banyak wanita. Dengan begitu, menabung menjadi hal yang wajib dilakukan, apalagi jika sudah memiliki anak, kebutuhan pasti akan bertambah. Mulai dari biaya pendidikan, uang jajan, hingga simpanan jika salah satu anggota keluarga ada yang sakit.

Karena banyaknya kebutuhan yang harus terpenuhi, tak jarang istri harus mengalah, hingga membuat mereka segan meminta uang perawatan kecantikan. Padahal perawatan kecantikan tak hanya bermanfaat untuk istri saja tetapi juga dapat menyenangkan suami. Namun, beda cerita jika istri memiliki penghasilan sendiri, maka akan sangat mudah untuk melakukan apapun yang diinginkan, termasuk melakukan perawatan wajah.

5. Dapat Membantu Perekonomian Keluarga

Sebagaimana yang telah Seruni jelaskan sebelumnya, setelah menikah pasti ada kebutuhan yang tak terduga. Keuangan suami pun tak selamanya baik. Inilah salah satu alasan membuat wanita memilih untuk bekerja setelah menikah, karena ketika memiliki penghasilan sendiri, sedikit banyaknya kita bisa membantu perekonomian keluarga saat sedang sulit. Untuk mengatasi hal yang tak terduga dan adanya gangguan terhadap penghasilan suami. Istri harus pintar untuk menabung agar perekonomian keluarga selalu lancar.

6. Bisa Membantu Orangtua

Sekalipun sudah menikah, bukan berarti kita bisa bebas dan melupakan orangtua. Sebagai seorang anak, terkadang kita ingin sekali membahagiakan orangtua, meski pun kebahagiaan tak melulu tercipta karena uang. Namun, dengan memiliki penghasilan sendiri kita bisa memberikan kepada orangtua dan membelikan apa yang mereka inginkan.

Meminta uang kepada suami untuk orang tua membuat kita segan dan tak enak. Dengan memiliki penghasilan sendiri kita dapat dengan bebas memberikan uang ataupun barang untuk orang tua kita tanpa mengganggu keuangan rumah tangga yang suami berikan.

7. Tidak Bosan Hanya dengan Pekerjaan Rumah

Pekerjaan rumah memang bukan hal mudah untuk dikerjakan, tetapi kadang hanya diam di rumah saja membuat kita bosan. Dengan adanya kegiatan seperti bekerja atau berjualan, membuat kita memiliki kegiatan lain selain mengerjakan pekerjaan rumah. Sehingga, meski lebih lelah, tetapi kita tidak bosan hanya mengerjakan pekerjaan itu-itu saja setiap harinya.

Baca Juga: 5 Kebiasaan yang Membuat Kondisi Keuangan Krisis

Bekerja dan menghasilkan uang sendiri memang tidak mudah. Meski begitu, bukan berarti hidup kita akan merana. Semoga apa pun pekerjaan atau usaha yang kamu lakukan saat ini bisa terus mengalirkan kebahagiaan dalam hidupmu, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.