8 Kiat Sukes Melamar Pekerjaan

8 Kiat Sukes Melamar Pekerjaan
google.com

Seruni.id – Di zaman sekarang, melamar pekerjaan bukanlah yang yang mudah. Jilakalau pun ada, untuk mendapatkannya harus iringi dengan upaya ekstra dan strategi yang baik. Apalagi, jika pekerjaan yang dituju memiliki peminat yang cukup banyak. Tentu akan memperkecil peluang seseorang untuk diterima di pekerjaan tersebut.

8 Kiat Sukes Melamar Pekerjaan
google.com

Dan terkadang, para pelamar perlu melakukan beberapa wawancara sebelum akhirnya diterima di satu perusahaan yang ia tuju. Hal ini tentu menyita waktu dan membuat mental sedikit down. Apalagi, kebanyakan perusahaan menginginkan pekerja yang bermutu, agar tanggung jawab yang akan diemban nantinya bisa berjalan dengan baik.

Mengingat banyaknya pesaing yang berlomba-lomba agar bisa diterima, tentunya kamu harus bisa menyiasatinya. Kamu pasti ingin kan perusahaan yang kamu tuju menerimamu? Sebelum melamar pekerjaan, ada beberapa hal penting yang harus kamu pertimbangkan, loh. Apa saja? Berikut ulasannya.

1. Lakukan Riset

Sebelum melamar pekerjaan di sebuah perusahaan. Ada baiknya, kamu melakukan riset terlebih dahulu. Ini sangat penting untuk dilakukan. Menurut penelitian, 47% manajer akan mengeliminasi pelamar yang tidak memiliki banyak pengetahuan mengenai perusahaannya. Paling tidak, ketahui apa yang dikerjakan kantor tersebut dan latar belakangnya.

2. Perbarui Resume

Setelah itu, hindarilah melamar sebuah pekerjaan dengan resume yang tidak menarik atau sudah lama tidak diperbarui. Sebelum mengirimnya, cobalah cari terlebih dahulu referensi surat lamaran serta CV yang disukai perekrut sekarang ini. Jangan lupa pastikan, dokumen yang kamu kirimkan singkat, jelas, informatif, namun berkesan. Berdasarkan riset, CV yang kurang baik hanya mendapat 25% kesempatan untuk mengikuti wawancara kerja.

3. Gunakan Busana yang Rapi dan Sopan

Pakaian yang nantinya akan kamu kenakan saat melemar pekerjaan, menjadi hal yang harus diperhatikan. Pastikan kamu memakai busana yang rapi dan sopan, dan tentunya tidak berkesan negatif bagi pewawancara. Kemudian sesuaikan busana dengan perusahaan yang kamu lamar. Untuk wanita, penting sekali untuk mengaplikasikan sedikit makeup agar terlihat lebih segar.

4. Tunjukan Pengalamanmu Sesuai dengan Pekerjaan Tersebut

Biasanya perusahaan akan memilih pelamar yang memang dibutuhkan dengan posisi yang dicari dan yang terpenting adalah pengalaman. Jadi, jika kamu memenuhi persyarat tersebut, jangan sungkan untuk menunjukkan pengalamanmu. Namun, bagi kalian yang masih fresh graduate, atau belum memiliki pengalaman dalam bidang tersebut, jangan khwatir, ya.

Karena masih ada kesempatan untuk diterima. Kamu bisa menunjukkan kemampuan melalui kegiatan apa saja yang dulu pernah kamu lakukan semasa kuliah pun sekolah. Seperti pelatihan, seminar, ataupun pernah memenangkan suatu kompetisi. Setidaknya perusahaan tersebut tahu, bahwa kamu sudah mengetahui gambaran pekerjaan apa yang akan diterima.

5. Perhatikan Bahasa Tubuh

Ketika tengah melakukan wawancara kerja, perhatian bahasa tubuhmu. Karena itu menjadi pertemuan pertamamu dan perekrut atau manajer, segala gerak-gerikmu menjadi penilaian tersendiri bagi mereka. Agar kamu berpeluang diterima, pastikan kamu tidak terlihat kurang kompeten atau minder.

Menurut penelitian, 38% manajer akan mengeliminasi kanidat yang kurang senyum atau tidak tertarik dalam percakapan saat wawancara. Hindari pula menyilangkan tangan atau membungkuk. Jangan lupa untuk memperbanyak senyum, agak memajukan tubuh ke arah pewawancara, dan mengangguklah tiga kali.

6. Berkata dengan Jujur dan Tidak Melebih-lebihkan

Saat wawancara kerja, jawablah setiap pertanyaan yang diajukan dengan jujur sesuai kepribadianmu. Hindari mengada-ngada, atau menciptakan jawaban bohong, karena pastinya nanti akan merugikan dirimu sendiri. Sebab, tentunya kamu harus mengingat jawaban sebelumnya, dikarenakan pertanyaan selanjutnya harus memiliki jawaban yang sejalan. Karena jika tidak, dikhawatirkan kamu justru dicap sebagai pembohong.

7. Persiapkan Pertanyaan

Di sesi akhir interview kerja, biasanya pewawancara akan menyakan, apakah pelamar ingin mengajukan pertanyaan atau tidak. Agar terlihat antusias dan serius dalam melamar pekerjaan tersebut, sebaiknya kamu sudah menyiapkan beberapa pertanyaan. Tidak perlu mengajukan pertanyaan yang terlalu sulit, namun juga jangan terlalu dasar. Kamu bisa mengajukan pertanyaan mengenai ekspetasi manajer terhadapmu jika diterima.

8. Hindari Menunjukkan Antusiasme pada Gaji yang Diharapkan

Kebanyakan orang, hanya mempertimbangkan gaji dibandingkan memikirkan seberapa berat sebuah tanggung jawab yang akan ia emban nantinya. Parahnya lagi, jika mereka tidak menyadari seberapa besar kapasitasnya untuk melakukan perkerjaan tersebut. Padahal, selain gaji, juga harus memperhatikan beban pekerjaan dan tunjangan-tunjuangan yang disediakan. Jadi, gaji bukanlah satus-satunya yang menjadi pertimbangan saat melamar pekerjaan.

Baca Juga: Berbagai Contoh Surat Lamaran Kerja Segala Posisi. Pasti Dilirik HRD!

Sebaiknya, jika ingin sukses melamar pekerjaan, jadilah seorang pelamar yang bijak, yang jujur menjawab semua pertanyaan saat wawancara. Jangan mengada-ada jawaban karena saat kamu diterima dan ternyata tidak sesuai denganmu, tentu malah akan memberatkan dirimu sendiri, bukan? Jadilah pekerja berdedikasi tinggi yang setia, serta dapat mempertanggungjawabkan apa yang kamu kerjakan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.