Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Segala Posisi, Pasti Dilirik HRD!

  • Bagikan
surat lamaran pekerjaan dalam bahasa inggris

Contoh surat lamaran kerja berikut akan kita bahas satu persatu, alangkah baiknya kita bahas secara singkat definisinya, surat lamaran kerja adalah surat yang ditujukan untuk seseorang yang mewakili sebuah perusahaan atau instansi, isi dari surat tersebut tak lain dan tak bukan dengan tujuan memperkenalkan diri dan memberitahu posisi apa yang diminati oleh pelamar atau si pembuat surat.

Surat menjadi satu dokumen penting bagi kamu yang ingin melamar kerja. Para pencari kerja selalu mencari pekerjaan dengan membawa surat lamaran pekerjaan, namun banyak orang yang menyepelekan akan pentingnya surat lamaran pekerjaan. Padahal surat lamaran menjadi awal perusahaan untuk melihat potensi dari si pelamar.

Sudah cukup banyak contoh surat lamaran kerja yang terdapat di internet, dan surat lamaran pekerjaan selalu digunakan berulang-ulang oleh para pencari kerja lainnya. Salah satu agar lamaran kerja kamu di lirik cepat oleh perusahaan, kamu harus membuat contoh surat lamaran yang berbeda dengan para pekerja lainnya.

Sulit memang, tapi dengan memiliki surat lamaran yang berbeda dengan kandidat pekerja lainnya akan membuat perusahaan lebih memilih kamu dahulu untuk di rekrut dibandingkan dengan kandidat pelamar lain yang surat lamarannya dianggap kurang menarik oleh perusahaan.

surat lamaran pekerjaan dalam bahasa inggris
ilustrasi mencari pekerjaan

Daftar Isi

Cara Melamar Kerja untuk Posisi Umum

Melamar kerja menjadi satu kebutuhan bagi setiap orang untuk mendapatkan penghasilan setelah menyelesaikan pendidikannya. Setelah lulus SMA atau kuliah, biasanya banyak orang yang ingin melamar kerja, namun mereka kadang bingung dengan cara dan format menuliskan surat lamaran kerja yang baik.

1. Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Posisi Umum

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum
cara membuat surat lamaran kerja – Surat Lamaran Umum

 

Surat lamaran seperti di atas biasanya digunakan untuk melamar posisi yang umum. Dimana pelamar ingin mendapatkan pekerjaan sesuai dengan pilihan yang diberikan oleh pihak perusahaan, sesuai dengan latar belakang pendidikan dan pengalaman si pelamar kerja.

Surat lamaran kerja tersebut biasanya dipakai,  untuk mengajukan lamaran saat pihak perusahaan sedang tidak membuka lowongan kerja. Saat perusahaan sudah membuka lowongan kembali, biasanya perusahaan akan memilih surat lamaran yang sudah masuk ke perusahaan mereka.

Di surat lamaran tersebut, pelamar juga memberikan dokumen-dokumen yang dilampirkan untuk melengkapi berkas lamaran mereka. Maka kamu juga bisa memberikan berkas-berkas lain untuk menambah nilai jual kamu kepada pihak perusahaan.

 

Cara Melamar Kerja untuk Posisi Marketing

Definisi Pekerjaan Posisi Marketing

Seorang marketing merupakan posisi inti disuatu perusahaan. Maju dan pesatnya suatu perusahaan akan dilihat dari tim marketing dari perusahaan tersebut. Suatu perusahaan yang memiliki tim marketing yang baik, maka sudah pasti perusahaan tersebut akan mendapatkan provit yang baik dan tinggi. Karena marketing merupakan ujung tombak dari perusahaan.

Skill Menjadi Seorang Marketing

Seorang marketing memiliki tugas untuk menghubungkan produsen dengan konsumen. Tim marketing atau posisi marketing merupakan bagian yang memiliki tugas untuk memperkenalkan secara langsung produk milik perusahaan kepada konsumen.

Tanpa adanya peran marketing yang baik dari suatu perusahaan, maka tidak dipungkiri jika perusahaan tersebut tidak akan maju atau sulit dikenal oleh masyarakat. Seorang marketing yang tangguh, akan mampu membantu perusahaan menambah pundi-pundi kas mereka. Dimana seorang marketing harus bisa memberikan provit lebih kepada perusahaan.

2. Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Posisi Marketing

Contoh Surat Lamaran Kerja Marketing
cara membuat surat lamaran kerja – Surat Lamaran Kerja Marketing

 

Menulis surat lamaran di paragraf awal, biasanya banyak orang yang menuliskan dengan informasi dari mana pelamar mendapatkan informasi lowongan disuatu perusahaan. Contoh surat lamaran di atas, mungkin si pelamar sudah kenal dengan kepala divisinya, sehingga langsung menuju kepala divisi dari perusahaan.

Lalu, di paragraf kedua seseorang akan menuliskan informasi mengenai sedikit tentang kontribusi kamu di perusahaan sebelumnya. Surat lamaran kedua merupakan surat lamaran yang ditujukan untuk posisi marketing. Selain menyebutkan posisi, diparagraf selanjutnya kamu bisa menjelaskan kemampuan yang kamu miliki , serta menggambarkan sedikit tentang kemampuan diri.

Dalam melamar posisi marketing, kamu wajib memberikan sedikit sentuhan mengenai sesuatu yang akan kamu berikan kepada perusahaan. Cara seperti itu akan sangat baik untuk membuat diri kamu menjadi kandidat yang patut dipertimbangkan oleh perusahaan.

 

Cara Melamar Posisi IT Di Perusahaan

Definisi Pekerjaan IT Di Perusahaan

Di era teknologi saat ini semua perusahaan sangat membutuhkan posisi IT. Mereka dibutuhkan untuk mengurusi jaringan komputer di satu perusahaan agar bisa terhubung satu sama lain. Posisi pekerjaan sebagai IT saat ini memang banyak dicari perusahaan. Para tim IT ini akan bekerja untuk terus memastikan jaringan, komputer, software, dan hardware perusahaan agar bekerja dengan baik saat digunakan dan tidak ditemukan kendala.

Jika sistem komputer di Perusahaan rusak, maka tim IT harus bergerak cepat untuk memperbaiki sistem. Jika tidak, maka karyawan lainnya mungkin tidak akan bisa bekerja secara optimal.

Skill yang harus Dimiliki untuk Melamar Di Posisi IT

Ketika kamu ingin bekerja di posisi IT, sudah tentu kamu harus mengerti dengan sistem jaringan komputer, software, dan hardware komputer. Pada umumnya perusahaan akan mencari orang-orang IT yang memiliki latar belakang pendidikan seperti teknik Informatika, dan ilmu komputer. Tetapi, tidak menutup kemungkinan mengambil orang dengan latar belakang pendidikan lain. Karena saat ini banyak orang yang mengerti dan memahami persoalan sistem komputer, tanpa mereka kuliah di bidang IT.

3. Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Posisi IT

Contoh Surat Lamaran Kerja IT
cara membuat surat lamaran kerja – Surat lamaran kerja IT

 

Contoh diatas merupakan surat lamaran kerja yang diperuntukan untuk posisi IT (Informasi & Teknologi). Lamaran yang satu ini sangat lengkap, dengan format yang hampir sama dengan surat lamaran sebelumnya.

Pelamar kerja juga menuliskan bahwa ia masih menjadi pekerja di perusahaan lain, dan menjelaskan tentang posisi dirinya di perusahaan tersebut.

Hampir semua posisi pekerjaan memang memiliki cara tersendiri dalam menjelaskan berbagai kemampuan yang kamu miliki. Kamu juga bisa menuliskan kemampuan dan kemahiran kamu dalam menggunakan software komputer. Cara ini digunakan agar pihak perusahaan menganggap kamu layak dipilih oleh mereka.

Semakin banyak software dan masalah komputerisasi yang bisa kamu kuasai, akan menjadi penilaian perusahaan terhadap diri kamu dan sesuai atau tidak dengan SDM yang dibutuhkan oleh pihak perusahaan.

 

4. Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Melalui Email Dengan Bahasa Inggris

surat lamaran pekerjaan dalam bahasa inggris
cara membuat surat lamaran kerja – Surat lamaran kerja via email dalam bahasa Inggris

 

Saat ini melamar kerja melalui email menjadi hal yang lumrah. Dimana di era digital sangat jarang perusahaan yang mau menerima surat lamaran kerja calon pegawai melalui surat lewat pos. Banyak perusahaan kini yang menginginkan surat lamaran di kirim melalui alamat email. Dengan melampirkan beberapa berkas yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Contoh surat lamaran kerja di atas merupakan gambaran untuk melamar kerja melalui email dalam bahasa Inggris. Sangat mudah juga jika kamu lebih memilih untuk mengirimkan surat lamaran kerja melalui email. Dibandingkan kamu harus mengirim menggunakan surat lamaran dalam bentuk surat lamaran resmi.

 

Cara Melamar Kerja untuk Posisi Customer Service

Definisi Pekerjaan Seorang Customer Service

Seorang Customer Service atau CS adalah seorang penghubung dan seorang yang melayani para pelanggan atau customer dari perusahaan. Seorang CS akan menjadi informan yang akan dan harus menghadapi keluhan, dan kritikan dari setiap pelanggan yang merasa dirugikan oleh perusahaan. Maka seorang CS lah yang pertama kali harus menghadapi keluhan dari pelanggan ini. Diharuskan juga CS bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh si customer.

Skill yang harus Dimiliki Seorang Customer Service

Setiap perusahaan tentunya memiliki kriteria tersendiri untuk memilih calon pegawainya, terutama bagi para pelamar baru. Jika kamu tertarik untuk melamar di posisi Customer Service, maka kamu wajib memiliki keterampilan dasar dalam menghadapi setiap konsumen yang memiliki latar belakang dan karakter yang berbeda-beda.

Namun untuk menjadi seorang CS harus memiliki empat keterampilan dasar, pertama seorang CS harus bisa cepat tanggap dalam menghadapi setiap keluhan dari pelanggan, bersifat empati terhadap apa yang disampaikan oleh customer, harus bisa menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh customer, dan seorang CS harus bisa bersifat handal terhadap apa yang dialami oleh pelanggan.

Setiap pelamar yang ingin mencoba melamar menjadi CS, maka syarat dasar tersebut harus dimiliki oleh seorang CS. CS juga harus mengetahui seluk beluk perusahaan, program perusahaan, dan juga masalah yang sering terjadi pada perusahaan. Sehingga seorang CS harus benar-benar memahami karakter perusahaan.

5. Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Posisi Customer Service

Contoh Surat Lamaran Kerja Posisi Customer service
cara membuat surat lamaran kerja – Surat lamaran Kerja Posisi Customer service

 

Surat lamaran kerja berikut ini merupakan surat lamaran kerja untuk posisi Customer Service di suatu perusahaan. Format tulisan sama dengan format tulisan di surat lamaran kerja lainnya. Namun, si pelamar adalah fresh graduated. Sehingga dalam surat lamaran kerja ini ia tidak menjelaskan mengenai pengalaman kerja si pelamar.

Meskipun kamu adalah fresh graduated, kamu harus tetap bisa menggambarkan tentang diri kamu kepada perusahaan agar kamu dianggap layak oleh perusahaan untuk diterima di posisi yang kamu inginkan. Seperti pada surat lamaran di atas.

Si pelamar memberikan berkas tambahan seperti sertifikat, dan piagam penghargaan. Cara ini bisa kamu lakukan agar kamu menjadi salah satu karyawan yang terpilih untuk mengisi posisi yang dibutuhkan oleh karyawan.

 

Cara Melamar untuk Posisi Digital Marketing Executive

Definisi Pekerjaan Digital Marketing Executive

Digital marketing kini menjadi profesi yang banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Terutama perusahaan yang bergerak di bidang Start Up. Saat ini banyak perusahaan yang bergerak di bidang apapun untuk ikut dalam mempromosikan produknya dalam dunia internet.

Dapat disebut juga seorang Digital Marketing adalah seorang marketing, namun berbeda dengan marketing pada umumnya. Biasanya profesi Digital marketing mempromosikan suatu produk melalui jaringan internet, dengan menggunkan sosial media, atau dengan menggunakan website perusahaan.

Skill yang Harus Dimiliki Pelamar Posisi Digital Marketing Executive

Seorang digital marketing harus memiliki beberapa kemampuan yang harus dimiliki. Seperti, menguasai sosial media, mengetahui karakter sasaran di internet, dan dapat menganalisa keinginan orang-orang di tahun atau bulan-bulan berikutnya. Ketika seseorang Digital marketing mengetahui sasaran pasar, dan keinginan orang, maka ia akan bisa membuat media pemasaran yang cocok untuk target sasaran perusahaan.

6. Surat Lamaran Kerja Untuk Posisi Digital Marketing Executive

Contoh Surat Lamaran Kerja untuk posisi Digital Marketing
cara membuat surat lamaran kerja – Surat Lamaran kerja untuk posisi Digital Marketing

 

Contoh diatas merupakan surat lamaran kerja menjadi seorang Digital Marketing Executive. Dimana posisi tersebut sangat dibutuhkan oleh para perusahaan Start-Up di dunia digital. Meskipun posisi Digital Marketing Excecutive adalah pekerjaan baru. Biasanya para pekerja di bidang Digital Marketing belajar secara otodidak. Bukan suatu materi yang ia dapatkan dari bangku perkuliahan.

Jika kamu tertarik dengan dunia digital marketing, maka kamu bisa mencoba untuk melamar posisi tersebut, apa lagi saat ini hampir seluruh perusahaan di dunia sudah mulai mengarah untuk melakukan branding produk melalui internet. Kamu juga harus bisa menguasai hal-hal yang dibutuhkan perusahaan untuk melakukan pemasaran melalui internet.

 

Cara Melamar Pekerjaan Menjadi Art Director

Definisi Pekerjaan Art Director

Seorang art director adalah seorang yang kreatif, dimana seorang art director harus mampu menuangkan setiap ide yang ada di kepalanya menjadi suatu gambaran yang cukup jelas. Seorang art director sangat dibutuhkan pada perusahaan advertising, production house, dan perusahaan lainnya. Kamu yang ingin melamar sebagai art director harus memiliki kemampuan berimajinasi secara baik. Tentunya akan cukup sulit, jika kamu tidak memiliki konsep dan sulit menuangkan ide yang baik. Seorang art director harus pandai bekerja dengan sering melakukan observasi di lapangan.

Skill yang harus dimiliki seorang art director

Seorang art director harus seorang yang memiliki jiwa seni, tanpa adanya jiwa seni maka seorang art director tidak akan dapat bekerja dengan baik. Serta selain skill seni, seorang art director juga harus mampu bekerja untuk konsep yang di komersialkan. Art director merupakan orang yang kreatif. Tanpa itu, maka sangat sulit untuk menjadi seorang art director.

7. Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Posisi Art Director

contoh surat lamaran – Surat lamaran kerja Art Director

 

Bagi kalian yang ingin melamar sebagai Art Director mungkin surat lamaran kerja di atas dapat membantu kamu untuk melamar di perusahaan Advertising maupun di perusahaan Start Up yang sedang membutuhkan posisi Art Director . 

Meskipun surat lamaran di atas tampak agak berantakan. Namun surat lamaran kerja tersebut bisa menjadi rujukan kamu, dan kamu bisa menggabungkan dengan surat lamaran dari surat lamaran kerja yang ada di artikel.

 

Cara Melamar Kerja Sebagai Accounting

Definisi Pekerjaan Accounting

Accounting adalah seorang yang bekerja dengan mengursi setiap laporan aktivitas keuangan perusahaan. Setiap bentuk laporan keuangan harus dibuat serapih mungkin, dan mudah dimengerti oleh bagian lainnya. Biasanya accounting selalu menuliskan catatan keuangan yang ada di perusahaan tempat ia bekerja. Dan seorang accounting haruslah memiliki kredibilitas, dan juga memiliki kejujuran yang tinggi.

Skill yang harus dimiliki Seorang Accounting

Menjadi seorang accounting bukanlah suatu pekerjaan yang mudah, seorang accounting, selain harus mahir dalam hitungan, juga harus memiliki ketelitian yang tinggi. Karena bekerja sebagai accounting harus cekatan. Dimana jika dalam perhitungan keuangan perusahaan terdapat kekurangan satu rupiah pun itu harus ditemukan

Sehingga menuntut skill ketelitian yang tinggi. Tentunya di jaman sekarang yang menuntut seorang harus pintar dalam menggunakan komputer, seorang accounting juga sudah wajib untuk bisa menggunakan komputer.

8. Surat Lamaran Kerja untuk Posisi Accounting

Contoh Surat Lamaran Kerja posisi acoounting
contoh surat lamaran – Surat lamaran kerja posisi acoounting

 

Hampir setiap perusahaan membutuhkan karyawan untuk posisi accounting. Surat lamaran kerja di atas akan membantu kamu para fresh graduate yang ingin melamar kerja ke bagan accounting. Format surat lamaran kerja diatas cukup baik dengan memberikan penjelasan keahlian yang dimiliki si pelamar agar perusahaan yang dilamar menganggap si pelamar layak untuk di jadikan pegawai.

 

Cara Melamar Kerja Tenaga Pengajar Honorer

Definisi Tenaga Pengajar Honorer

Menjadi tenaga pengajar honorer merupakan satu cara yang sering dilakukan seseorang untuk mendapatkan penghasilan tambahan dari mengajar. Namun pengertian lain dari tenaga pengajar honorer adalah guru tidak tetap yang di bayar sesuai dengan jadwal pelajaran yang mereka ajarkan. Jadi seorang tenaga pengajar honorer hanya dibayar, sesuai dengan berapa lama ia mengajar dalam satu hari.

Skill yang Harus Dimiliki Tenaga Pengajar Honorer

Seorang tenaga pengajar honorer tentunya harus memiliki kemampuan mengajar,  mudah beradaptasi dengan para murid, dan bisa menyesuaikan bahasa yang digunakan sesuai dengan ia mengajar apa. Tentunya tenaga pengajar honorer harus memiliki kemampuan menguasai satu materi pelajaran yang dipelajari di sekolah tersebut.

9. Surat Lamaran Kerja Untuk Posisi Tenaga Pengajar Honorer

Contoh Surat Lamaran Kerja sebagai tenaga honorer
contoh surat lamaran – Surat lamaran kerja sebagai tenaga honorer

 

Jika Kamu ingin melamar menjadi seorang tenaga honorer mungkin surat lamaran kerja di atas dapat membantu kamu untuk melamar sebagai tenaga pengajar honorer di sebuah sekolah. Isi surat lamaran tidak terlalu banyak beda dengan surat lamaran pada umumnya. Kamu cukup menambahkan posisi apa yang kamu inginkan untuk kamu ajukan ke pihak sekolah.

Kamu yang ingin menjadi tenaga pengajar honorer bisa mencontoh surat lamaran pekerjaan di atas sebagai acuan untuk melamar kerja sebgai tenaga pengajar honorer di suatu sekolah. Pada umumnya surat lamaran kerja tersebut hampir sama dengan surat lamaran kerja lainnya.

 

Cara Melamar Sebagai Guru

Definisi Seorang Guru

Guru adalah seorang pengajar suatu ilmu pengetahuan. Guru bisa mencakup juga seorang dosen, dimana seorang guru harus menguasai minimal satu materi pelajaran. Selain materi pelajaran, seorang guru juga dituntut bisa membentuk karakter murid-muridnya. Jadi guru tidak hanya bertugas untuk memberikan materi ajar kepada murid, tetapi juga harus bisa membentuk karakter, sikap, dan pola pikir murid-muridnya.

10. Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Posisi Guru

Contoh Surat Lamaran Kerja sebagai guru
contoh surat lamaran – – Surat lamaran kerja sebagai guru

 

Menjadi seorang guru disuatu sekolah harus tetap melamar menggunakan surat lamaran kerja. Kamu yang memiliki keinginan untuk menjadi seorang tenaga pengajar disuatu sekolah bisa menggunakan surat lamaran diatas bisa menjadi acuan kamu untuk melamar sebagai ‘Pahlawan Tanpa Tanda Jasa.

 

Cara melamar Pekerjaan Di Job Fair

Definisi Melamar Pekerjaan Di Job Fair

Setiap job fair diberbagai tempat, dan juga berbagai kota sudah tentu akan mendapatkan banyak pengunjung. Kita sering dilihat setiap ada job fair, banyak pencari kerja yang berbondongng-bondong untuk datang ke lokasi job fair. Memang hal itu tidak salah, tapi tidak ada salah kamu harus menjadi orang yang dipilih oleh perusahaan. Karena, ketika job fair ratusan orang akan ikut melamar pekerjaan di satu perusahaan. Jadi saingan kamu pun akan cukup banyak.

Cara Melamar Kerja Di Job Fair

Ketika kamu mengikuti job fair, maka kamu harus bisa mencari tahu perusahaan apa saja yang ikut dalam job fair tersebut. Sehingga kamu bisa menetapkan perusahaan mana yang segera akan kamu masukan lamarannya. Carilah pekerjaan yang sesuai dengan latar belakang pendidikan kamu terlebih dahulu. Jangan melihat bahwa perusahaan itu perusahaan besar, tapi jika kamu bekerja dengan posisi yang berbeda akan sulit untuk kamu dalam beradaptasi dengan pekerjaan barumu. Tunjukan bahasa tubuh yang baik, di job fair, kamu tidak hanya dilihat dari segi pakaian yang kamu gunakan, tetapi mereka juga akan melihat kamu dari sisi gesture tubuh.

11. Surat Lamaran Kerja untuk Melamar Di Job Fair

Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Job Fair
contoh surat lamaran – Surat Lamaran Kerja untuk Job Fair

 

Ketika kamu sedang mengunjungi Job Fair, sudah tentu kamu akan melamar kerja ke banyak perusahaan. Maka format di atas menjadi surat lamaran pilihan kamu untuk melamar di Job Fair.

Format pertama, dimana isi dari surat lamaran kerja yang kamu bawa ke Job Fair tidak berbeda jauh dengan format surat lamaran kerja pada umumnya. Hanya saja pada kolom yang biasa di isi dengan nama perusahaan dan posisi kamu kosongkan terlebih dahulu. Setelah nanti tiba di tempat Job Fair, kamu bisa mengisi kolom perusahaanyan kosong tersebut sesuai dengan perusahaan yang kamu pilih dan kamu pastikan perusahaan tersebut sesuai dengan bidang kamu.

 

Cara Melamar Kerja Untuk Posisi Administrasi

Definisi Pekerjaan Administrasi

Seorang administrasi staff di perkantoran bertugas untuk pelayanan kantor, penyediaan fasilitas, dan melancarkan operasional perusahaan. Biasanya staff administrasi juga bekerja sama dengan divisi SDM untuk melihat perkembangan setiap karyawan yang kompeten di bidangnya. Setiap staff administrasi juga terkadang bertugas untuk mendata setiap laporan masuk dan keluar dari perusahaan.

Skill yang Harus Dimiliki Pelamar Administrasi

Meskipun terlihat mudah, bekerja sebagai administrasi kantor tidak semudah yang dibayangkan. Dimana seorang administrasi harus memiliki skill multi tasking. Seorang administrasi staff selain harus bisa menguasai komputer, juga harus bisa mengetahui karakter dari setiap pegawai lainnya di kantor. Karena tugas lain dari seorang administrasi adalah melihat kinerja dari setiap pegawai yang ada di kantor.

12. Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Posisi Administrasi

Contoh Surat Lamaran Kerja staff administrasi
contoh surat lamaran – Surat lamaran kerja staff administrasi

 

Contoh diatas adalah surat lamaran kerja untuk posisi staff administrasi. Pada umumnya format struktur penulisan dari isi surat lamaran tidak berbeda jauh dengan surat lamaran kerja untuk posisi lainnya. Surat lamaran kerja ini bisa menjadi pertimbangan kamu yang ingin melamar pekerjaan sebagai staff administrasi di suatu perusahaan. Kamu bisa mengikuti format tulisan seperti surat lamaran kerja di atas, dengan menambahkan unsur untuk menggambarkan diri kamu, agar perusahaan menggangap kamu cocok untuk menempati posisi administrasi.

 

Cara Melamar Kerja Di Bank

Definisi Pekerjaan Di Bank

Bekerja di Bank menjadi pilihan banyak orang, karena di bank bisa memiliki gaji yang cukup tinggi. Kerja di bank banyak posisi yang sering dibutuhkan oleh pihak Bank. Diantaranya Teller, Customer service, Relationship Officer, Marketing, dan sebagainya. Biasanya seorang yang ingin melamar kerja di Bank tidak dituntut dari latar belakang pendidikannya. Hampir semua latar pendidikan dapat bekerja di bank.

Skill yang Harus Dimiliki Untuk Bekerja Di Bank

Saat ini bekerja di bank dibutuhkan skill yang cukup banyak, tidak hanya dengan satu dua keterampilan. Setiap bank kini membutuhkan karyawan yang bisa berbahasa asing. Terutama bahasa Inggris, Selain berbahasa Inggris setiap calon pelamar Bank harus bisa menggunakan teknologi seperti halnya komputer, keterampilan matematikan, dan harus bisa memecahkan satu masalah yang terkait dengan perbankan.

13. Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Melamar Ke Bank

cara membuat surat lamaran kerja – Surat Lamaran Kerja di Bank

 

Bekerja di Bank saat ini menjadi incaran banyak orang, termasuk para fresh graduated dan juga bagi para pegawai yang sudah bekerja di Perusahaan lain. Bekerja di Bank dianggap cukup mensehjahterakan para pegawainya. Sehingga setiap satu bank membuka lowongan maka ribuan orang akan berbondong-bondong untuk mendaftar sebagai pegawainya.

Surat lamaran diatas bisa menjadi contoh kamu yang ingin mengikuti seleksi bekerja di bank, sehingga ketika suatu bank sedang membuka lowongan pekerjaan maka kamu bisa langsung mengirim surat lamaran kerja tanpa harus pusing lagi memikirkan untuk membuat surat lamaran yang cukup baik. Kamu hanya tinggal memberi gambaran spesifik tentang diri kamu di dalam surat lamaran kerja yang ingin kamu ajukan ke Bank. Tentunya untuk melamar di Bank kamu juga harus mempersiapkan banyak berkas-berkas yang harus dilampirkan, agar pihak HRD Bank tersebut menganggap kamu layak untuk masuk ke dalam seleksi pegawai baru.

 

Bekerja Sebagai Housekeeping

Definisi Pekerjaan Housekeeping

Pekerjaan sebagai housekeeping di hotel bukanlah pekerjaan yang mudah, apa lagi jika kamu bukanlah tipe orang yang dapat bekerja secara cepat. Sebab, housekeeping merupakan pekerjaan yang cukup berat, dimana kamu harus bisa melakukan pekerjaan membersihkan satu kamar yang baru saja ditinggali tamu hotel. Suatu hotel terkadang dianggap baik oleh para tamu mereka ketika pekerjaan housekeeping bisa dilakukan dengan cepat.

Dimana dalam waktu sekitar 10-15 menit, seorang housekeeping harus mampu membersihkan, merapikan, dan juga kembali menyediakan segala kebutuhan yang ada di satu kamar hotel. Dan seorang housekeeping harus cepat mengganti peralatan yang telah digunakan oleh tamu sebelumnya. Sehingga jika kamu merupakan tipe orang yang cekatan maka kamu bisa menjadi seorang housekeeping.

14. Surat Lamaran Bekerja untuk Posisi Housekeeping Hotel

Contoh Surat Lamaran Kerja Housekeeping Hotel
cara membuat surat lamaran kerja – Surat Lamaran Kerja Housekeeping Hotel

Surat lamaran di atas merupakan contoh untuk melamar sebagai seorang housekeeping di sebuah hotel. Dalam surat lamaran kerja, kamu bisa menggambarkan diri kamu dan pengalaman kamu sebagai housekeeping sebelumnya. Agar pihak hotel bisa menerima kamu untuk menjadi staff housekeeping di hotel mereka. Dengan penjelasan singkat yang menggambarkan diri kamu didalam surat lamaran kerja secara baik, maka pihak hotel akan mempertimbangkan kamu untuk mengisi posisi housekeeping di hotel mereka.

 

Pekerjaan Pramuniaga

Definisi Pekerjaan Pramuniaga

Pramuiaga merupakan salah satu pekerjaan yang cukup penting dalam perusahaan yang bergerak di bidang retail. Biasanya Pramuniaga sangat dibutuhkan di minimarket, supermarket, hingga mall. Sebaai seorang pramuniaga, biasanya banyak perusahaan yang mencari kandidat karyawannya dengan memiliki spesifikasi dengan penampilan menarik, memiliki skill komunikasi yang baik, dan juga harus rela memakai kostum yang diminta oleh pihak perusahaan. Hal ini biasanya dilakukan siatu perusahaan kepada para pramuniaganya ketika sedang ada event-event besar nasional, maupun internasional. Sehingga ketika kamu ingin bekerja sebagai pramuniaga maka kamu wajib untuk menarik konsumen sebanyak mungkin untuk belanja di tempat kamu. Karena, menjadi seorang pramuniaga hampir sama dengan pekerjaan seorang sales.

Skill Menjadi Seorang Pramuniaga

Srorang pramuniaga selain harus memiliki penampilan yang menarik dan juga komunikasi yang baik kepada setiap konsumen, seorang pramuniaga harus bersikap ramah kepada konsumen, membuat konsumen yang datang merasa nyaman ketika berbelanja, harus bisa mendengarkan keluhan dan saran dari konsumen, serta seorang pramuniaga harus memiliki sifat yang sopan kepada setiap pelanggan yang datang berbelanja.

15. Contoh Surat Lamaran Kerja Pramuniaga

Contoh Surat Lamaran Kerja pramuniaga
cara membuat surat lamaran kerja – Surat lamaran kerja pramuniaga

Jika kamu memang tertarik untuk melamar pekerjaan sebagai pramuniaga, surat lamaran kerja di atas dapat membantu kamu untuk melamar di perusahaan retail. Menjadi seorang pramuniaga harus memiliki karakter yang cekatan dan bisa menjelaskan mengenai produk yang akan kamu jual kepada konsumen yang datang ke tempat kamu. Dalam surat lamaran, kamu bisa menceritakan latar beakang kamu, dan juga mengapa kamu tertarik untuk bekerja di perusahaan retail atau perusahaan jual beli. Lalu, kamu bisa menggambarkan tentang apa yang akan kamu berikan untuk perusahaan tempat kamu bekerja.

 

Bekerja Di Perusahaan Tambang

Definisi Bekerja Di Perusahaan Tambang

Bekerja di pertambangan merupakan salah satu perusahaan yang menjadi incaran banyak orang. Kita tahu Indonesia memiliki perusahaan tambang yang cukup banyak diantaranya, PT Freport, PT Antam, PT Newmont, dan perusahaan tambang lainnya. Setiap perusahaan tambang membuka rekrutmen, maka ribuan bahkan ratusan ribu orang akan ikut mendaftar. Banyak orang yang menganggap bahwa bekerja di tambang meskipun jarang pulang, tetapi memiliki kesehjahteraan yang baik. Di perusahaan tambang, gaji yang mereka terima cukup tinggi, dibandingkan mereka bekerja di perusahaan yang bergerak selain di bidang tambang.

Skill yang Harus Dimiliki Untuk Bekerja Di Pertambangan

Bekerja di pertambangan memang mengharuskan para pegawainya memiliki kemampuan yan mumpuni. Kemampuan yang dimiliki pun bukan sekedar kemampuan yang di dapat dari pendidikan formal, tetapi juga kemampuan dari pendidikan non formal. Seperti halnya pegawai di ertambangan harus mampu berbahasa Inggris, dan juga harus mahir dalam menggunakan alat teknologi. Karena bekerja di pertambangan, membuat seseorang harus terus berkomunikasi dengan berbagai macam orang dari berbagai dunia. Bahkan di setiap perusahaan tambang terdapat pekerja asing dan sebab dari itu orang-orang yang bekerja di pertambangan wajib menguasai bahasa Inggris.

Dibagian teknologi, seorang pekerja di tambang harus mampu bekerja dengan teknologi yang setiap tahun selalu berubah, maka harus kembali belajar lagi untuk dapat menguasai teknologi tersebut. Banyak alat pertambangan yang digerakkan dengan menggunakan teknologi. Jadi sudah wajib setiap pekerja di tambang harus menguasai teknologi, semisal komputer.

16. Contoh Surat Lamaran Kerja Di Perusahaan Tambang

cara membuat surat lamaran kerja – Surat lamaran kerja di perusahaan tambang

Gambar diatas merupakan salah satu contoh surat lamaran kerja untuk melamar di perusahaan tambang. Setiap orang bisa mencoba untuk melamar ke perusahaan tambang. Namun biasanya perusahaan tambang hanya menerima pegawai yang memiliki latar belakang pendidikan yang sesuai dengan perusahaan, seperti teknik geologi, listrik, mekanik, dan juga operator. tetapi untuk bagian office biasanya setiap perusahaan tambang membuka hampir semua profesi, bahkan untuk profesi di bidang kesehatan.

 

Bekerja Di BUMN

Definisi Bekerja Di BUMN

Bekerja di BUMN menjadi incaran banyak orang. Dimana dengan bekerja di BUMN, walaupun memiliki penghasilan yang tetap dan biasa saja namun biasanya kerja di BUMN terdapat bonus yang cukup besar, dan memiliki kehidupan masa tua yang sudah dijamin. Sehingga, membuat banyak orang yang ingin bekerja di perusahaan milik negara tersebut. Tetapi untuk menjadi seorang pegawai di BUMN tidaklah mudah, karena kamu harus bersaing dengan para pelamar lainnya yang jumlahnya bisa ribuan hingga ratusan ribu orang. Untuk itu, kamu harus bisa membuat surat lamaran kerja ataupun Curriculum Vitae yang menarik, agar BUMN yang kamu lamar dapat menerima kamu.

17. Contoh Surat Lamaran Bekerja Di BUMN

cara membuat surat lamaran kerja – Surat lamaran kerja di BUMN

Contoh diatas merupakan contoh surat lamaran kerja untuk melamar ke BUMN. Dengan format tulisan hampir sama dengan surat lamaran kerja pada umumnya. Tentunya, jika kamu ingin terpilih, maka kamu harus membuat surat lamaran kamu di isi dengan selengkap mungkin, disesuaikan dengan latar belakang pendidikan, keahlian yang kamu miliki, dan lowongan yang kamu inginkan tetap harsu kamu sebutkan dalam surat lamaran kerja kamu untuk ke BUMN.

 

Melamar Kerja Sebagai Pramugari dan Pramugara

Definisi Pekerjaan Pramugari dan Pramugara

Bekerja sebagai Pramugari atau pramugara saat ini memang banyak yang menyukai pekerjaan ini. Tentunya selain memiliki gaji yang tinggi, menjadi seorang pramugara dan pramugari bisa membawa kita untuk datang ke kota-kota besar ataupun ke negara-negara lain secara gratis. Meskipun kita hanya di kota atau negara tersebut dalam waktu yang sebentar, namun seorang pramugari dan pramugara bisa datang ke kota tersebut berkali-kali. Terkadang pihak maskapai juga memberikan kesempatan kepada Pramugari dan Pramugara mereka untuk beristirahat selama dua sampai tiga hari di suatu kota atau suatu negara tujuan mereka.

Skill yang harus Dimiliki Seorang Pramugari dan Pramugara

Menjadi seorang pramugari memang selalu dianggap haruslah memiliki paras yang cantik, dan juga sempurna. Padahal menjadi pramugari tidak harus memiliki wajah yang cantik. Beberapa maskapai memang mencari seorang pramugari yang memiliki wajah yang cantik, tetapi ada juga lho maskapai yang mencari pramugari yang pintar dalam berbahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya. Tidak harus cantik untuk menjadi seorang pramugari, namun seorang pramugari harus bisa berpenampilan yang menarik, dan juga skill bahasa Inggris yang mumpuni. Karena bahasa yang digunakan dalam dunia penerbangan adalah bahasa Inggris, jadi sudah kudu seorang pramugari dan pramugara wajib mahir dalam berbahasa Inggris.

18. Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Melamar sebagai Pramugari dan Pramugara

cara membuat surat lamaran kerja – Surat lamaran kerja pramugari

 

Surat lamaran sebagai seorang pramugari atau pramugara bisa digunakan dengan menuliskan surat lamaran kerja yang baik, benar, serta rapih. Sehingga, kamu akan dipilih oleh maskapai yang melirik kamu untuk menjadi seorang pramugari di maskapai mereka. Sudah tentu kamu harus pintar menggambarkan dan menjelaskan sedikit tentang diri kamu secara jelas. Dengan begitu maka pihak maskapai bisa memilih kamu untuk menjadi Flight Attendant Crew.

 

Cara Mengirim Surat Lamaran Melalui Email dengan Benar

Mengirim surat lamaran melalui email, adalah hal yang paling sering dilakukan oleh para pencari kerja. Sebab, kamu tak lagi harus mendatangi satu perusahaan ke perusahaan lainnya untuk mengirimkan surat lamaran tersebut. Meski demikian, tak sedikit pula perusahaan yang mengharuskan calon karyawannya mengirim surat lamaran kerja secara langsung.

cara membuat surat lamaran kerja (tech.wp.pl)

Walaupun begitu, masih ada saja beberapa para pencari kerja yang tidak mengetahui bahkan tidak mengerti cara mengirim surat lamaran melalui email dengan benar. Sehingga tidak ada balasan ataupun respons dari perusahaan yang dilamar. Oleh sebab itu, sebaiknya kita harus mengetahui hal-hal penting ketika mengirim surat lamaran kerja melalui email. Berikut caranya:

Tahap Persiapan

Sebelum mengetahui cara mengirim cv lewat email yang baik dan benar, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan adalam tahap melamar kerja. Berikut ini beberapa hal yang mesti dipersiapkan sebelum mengirim lamaran via email:

1. Siapkan Seluruh Dokumen Persyaratan yang Diminta

Pastikan kamu telah membaca secara lengkap informasi lowongan kerja yang kamu dapatkan, sehingga kamu akan dengan mudah mempersiapkan segala persyaratan yang dibutuhkan.

Pas foto terbaru

  • Scan KTP
  • Surat lamaran kerja
  • CV (daftar riwayat hidup)
  • Scan ijazah pendidikan terakhir
  • Scran transkip nilai (daftar nilai)
  • Scan sertifikan pendukung (toelf, pelatihan, dan pengalaman kerja)

2. Mengubah Berkas Cetak Menjadi PDF

Agar lamaran pekerjaan yang kamu kirim dapat diterima dengan baik oleh HRD, pastikan semua berkas sudah kamu scan, ya. Selain itu, usahakan agar ukuran file tidak besar. Pastikan format file sesuai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan, ya. Seperti DOC, PDF, atau JPEG. Namun, jika kamu diminta untuk mengirimkan lamaran dalam bentuk PDF, tetapi berkas tersebut dalam bentuk JPG, PNG, atau DOCX, kamu bisa langsung mengubah berkas tersebut dengan Ms Word atau alat konversi online seperti SmallPDF, dan lainnya. Nah, untuk contoh lamaran kerja via email pdf, kamu bisa mencarinya via internet, ya.

3. Gunakan Email yang Valid atau Menggunakan Nama Lengkap

Untuk kalian yang memiliki email, namun masih menggunakan nama samaran, sebaiknya mulai sekarang kamu harus mengubahnya. Misalnya putri_cantik20202gamial.com ubah menjadi [email protected] Kamu bisa menggunakan Gmail dan Yahoo. Cara mengirim surat lemaran melalui email lebih baik menggunakan gmail. Namum kedua email ini sangat banyak digunakan untuk melamar kerja.

4. Pastikan Pengiriman dengan Email Sesuai Standar

Ada beberpa standar dalam pengiriman surat lamaran kerja via email. Di antaranya, email yang dituju/penerima, CC, subjek, body atau isi email, dan lampiran dengan benar. Untuk waktu pengiriman, ada baiknya dilakukan pada saat jam kerja, dari pukul 09.00-12.00 atau 13.00-16.00. Dan tentunya pastikan kamu mengirim pada waktu lowongan kerja masih dibuka. Ini bertujuan bahwa kamu adalah prbadi yang profesional.

Tahap Pengiriman

Setelah semua berkas sudah dipersiapkan, berikutnya kamu bisa langsung melakukan proses pengiriman. Langkah yang berikut ini bisa menjadi cara mengirim lamaran lewat email di hp maupun di PC/laptop. Berikut langkah-langkahnya:

1. Login ke Gmail

Untuk dapat mengaksesnya, silahkan buka browser melalui hp atau laptop, kemudian akses alamat google.com/mail. Login dengan menggunakan alamat email serta password yang kamu miliki. Setelah berhasil login, silahkan pilih menutu compose/tulis. Tunggu sebentar hingga muncul pop-up untuk menulis email.

2. Isi dan Pastikan Alamat Email yang Dituju Sudah Benar

Pastikan kamu mengecek alamat email dengan teliti, ya. Jangan sampai salah satu huruf atau angka penulisan email. Sebab, hal ini bisa menyebabkan surat lamaran tidak terkirim, karena alamat yang dituju salah.

3. Pastikan Subjek Email Sudah Benar

Tak sedikit lowongan kerja yang mengharuskan para pelamar untuk mencantumkan posisi yang ingin dilamar pada subjek email. Hal ini bertujuan untuk memudahkan perusahaan mengetahui email yang sudah masuk adalah email lamaran kerja dari para pelamar. Contohnya untuk posisi coutomer service representative. Kamu bisa mencantumkan CSR – Aninda Purtri pada subjek email. Akan tetapi contoh ini tidak melulu dijadikan sebagai patokan. Sebab, beberapa perusahaan ada yang menginginkan subjek yang berbeda dari biasanya. Jadi, kamu harus lebih teliti lagi dalam melihat subjek email yang ada pada lowongan pekerjaan.

4. Tulis Lamaran Kerja di Body Email

Ada baiknya, tulislah lamaran kerja yang kamu ajukan pada bogy email dengan lengkap dan singat. Hindari terlalu bertele-tele dalam menulis lamaran pekerjaan. Kamu bisa menulis surat lamaran kerja dalam bentuk file DOC kemudian masukkan ke dalam lampiran, dan bisa juga menulisa surat lamaran kerja langsung pada body email. Hal ini bertujuan agar HRD dapat langsung membaca lamaran yang kamu kirim, daripada harus mendownload dulu file surat lamaran kerja dalam bentuk doc. Nah, kamu bisa melihat contoh body email lamaran kerja dari internet, ya.

5. Lampirkan Berkas Persyaratan

Jika kolom penerima telah selesai diisi, langkah berikutnya adalah melampirkan berkas persayaratan. Cara melamirkan berkas-berkas tersebut yakni dengan memilih ikon clip, kemudiam pilih berkas yang ingin kamu unggah, file bisa dipilih satu per satu atau menyeleksinya secara bersamaan. Usahakan agar file tidak lebih dari 2 MB. Jadi, perlu diperhatikan dalam melampirkan file, ya. Karena setiap lowongan pekerjaan berbeda-beda dalam melampirkan file. Sejumlah perusahaan ada yang mengharuskan agar semua file dijadikan dalam 1 file PDF, dan ada pila yang meminta agar file digabung dalam bentuk .RAR/.ZIP.

6. Cek Kembali Tujuan, Isi, dan Lampiran Email

Setelah semuanya sudah terisi, kamu harus memeriksa kembali semuanya. Apakah alamat email sudar sesuai persyaratan yang dibutuhkan oleh perusahaan atau masih ada yang kurang. Namun, yang paling penting adalah memeriksa apakah alamat email perusahaan sudah benar dan tidak salah, karena jika ada yang salah surat lamaran tidak akan terkirim.

7. Berdoa dan Kirim Surat Lamaran

Jika semuanya telah lengkap sesuai dengan persyaran yang dibutuhkan perusahaan, Barulah kirim surat lamaran kerja lewat email. Jangan lupa berdoa agar surat lamaran ada dibaca oleh HRD perusahaan dan lamaran teman-teman sesusai dengan apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.

Contoh Surat Lamaran Via Email Lengkap

Contoh surat lamaran melalui email, sebenarnya sama seperti surat lamaran pada umumnya. Namun, yang membedakan hanyalah surat lamaran mengirimkannya lewat email. Adapun contohnya sebagai berikut:

Hal : Lamaran Pekerjaan
Lampiran : 8 Lembar

KepadaYth.
Bapak/Ibu HRDLion Air Groupdi Tempat.
Dengan Hormat,

Berdasakan informasi yang saya baca dari media sosial instagram Recruitment Lion Air Group pada tanggal 20 Februari 2019. Melalui email ini saya bermaksud mengajukan lamaran untuk berkerja pada perusahaan Lion Air Group sebagai Staff Ground Operation dan Cargo Operation (GOS).

Berikut ini data singkat diri saya :

Nama                        : Aninda Putri

Tempat & Tgl Lahir     : Medan, 20 Januari 1996
Pendidikan akhir   : Diploma III – Jurusan Teknik Elektro Program Studi Teknik Telekomunikasi, Politeknik Negeri Medan, Lulus dengan I.P.K 3.42
Alamat                 : Jl. Pendawa Dusun Cikal Bakal Desa Karang Rejo Kec. Stabat Kab. Langkat
HP                            : 085211224568
Email                        : [email protected]

Saya memiliki kondisi kesehatan yang baik, berpenampilan menarik, mampu membangun komuniasi dengan baik dan mampu berkerja secara personal maupun tim. Saya mampu berbahasa inggris dengan baik secara lisan maupun tulisan. Dengan pengalaman kerja didunia telkologi selama 2 tahun saya mampu berkerja menggunakan aplikasi komputer seperti Program SAP, Microsof Visio, Microsoft Access, Microsoft Excel, Photoshop, Saya juga Memahami beberapa bidang IT seperti HTML, Blogger, WordPress dengan Hosting, Memiliki Pengalaman di Bidang SEO (Search Engine Optimization) & SEM (Search Engine Marketing), Internet Marketing dan dapat mengetik dengan cepat. Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :

1. Pas Photo Berwarna
2. Daftar Riwayat Hidup ( CV / Resume ).
3. Scan KTP.
4. Scan Ijazah.
5. Scan Transkrip Nilai.
6. Scan Sertifikat Pendukung
7. Scan Sertifikat Toefl

Demikian surat pemohonan pekerjaan ini saya buat dengan sebenar-benarnya. Saya sangat berharap Bapak/Ibu bersedia untuk memberikan kesempatan tes dan wawancara kepada saya, sehingga saya dapat menjelaskan secara lebih rinci tentang potensi yang saya miliki. Atas perhatian Ibu saya ucapkan terimakasih.

Hormat Saya,

t.t.d

Aninda Putri, A.Md

Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kalian dalam membuat surat lamaran pekerjaan. Semoga bermanfaat.

 

Baca Juga :

8 Kiat Sukes Melamar Pekerjaan

Hindari 6 Hal ini Saat Mengikuti Wawancara Kerja

Ditanya Soal Kelemahan Saat Wawancara Kerja? Ini Cara Menjawabnya

Panduan Lamaran Kerja Online dan Situs Online Lowongan Kerja Terpercaya Di Indonesia

  • Bagikan