8 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan di Rumah untuk Kesehatan Mental Anak

8 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan di Rumah untuk Kesehatan Mental Anak
idntimes.com

Seruni.id – Memiliki hewan peliharaan memang tidaklah mudah. Selain harus mengurus semua kebutuhannya setiap hari, namun juga harus memberi makan dan membersihkan kandanganya agar mereka tetap nyaman. Maka dari itu, banyak para orangtua yang tidak mengizinkan anaknya untuk memelihara hewan.

8 Manfaat Memiliki Hewan Peliharaan di Rumah untuk Kesehatan Mental Anak
kompas.com

Alasan yang paling sering didengar adalah karena repot dan anak belum mengerti arti tanggung jawab. Namun, di samping itu, ternyata keberadaan hewan di tengah keluarga memiliki segudang manfaat untuk tumbuh kembang anak, loh. Jika kamu masih enggan mengambil risiko, sebaiknya simak dulu yuk fakta-fakta berikut ini yang mungkin akan menyakinkanmu.

1. Dapat Mengajarkan Anak Mengontrol Diri

Terkadang, anak-anak merasa cemas ketika diriya tidak memiliki tempat yang aman untuk mencurahkan emosi yang dirasakan. Dengan memiliki hewan peliharaan, ini akan menjadi salah satu media yang bisa dijadikan tempat untuk menyalurkan emosi dan perasaan mereka. Nantinya anak akan terbantu untuk mengontrol diri mereka terhadap tekanan dan emosi yang dirasakan.

2. Membantu Anak Belajar

Sejumlah pendidik anak telah lama mengetahui, jika seorang anak memiliki hewan peliharaan, maka akan sangat membantu perkembangan belajar dari anak berkebutuhan khusus. Mereka juga menemukan, bahwa setiap anak bisa mendapatkan keuntungan dari hewan peliharaan yang mereka miliki. Dalam sebuah penelitian, anak-anak diminta untuk membaca dengan suara keras di depan teman sebaya, orang dewasa, maupun hewan perliharannya. Menurut pemantauan peneliti, anak-anak akan merasa lebih santai ketika berada di sekitar hewan, bukan manusia.

3. Mengajarkan Rasa Empati

Dengan cara merawat hewan peliharaan, anak akan belajar tentang apa itu rasa empati. Anak belajar mengetahui kebutuhan hewan tersebut, apakah dia sedang lapar, haus, pun lainnya. Rasa empati merupakan salah satu keterampilan yang dapat diajarkan.

4. Mengajarkan Anak Rasa Tanggung Jawab, Kasih Sayang, dan Kepedulian

Ketika anak memiliki hewan peliharaan, mereka juga akan belajar tentang tanggung jawab. Meskipun memang orangtua akan mengajarkan sebagian besar cara merawat hewan tersebut. Namun, anak akan lebih banyak menyerap ilmu dari perilaku yang dicontohkan secara tidak langsung, seperti pentingnya menjadi anak yang baik dan lembut. Bahkan, si kecil bisa saja mengulukan tangannya demi membantumu dengan pekerjaan yang lebih mudah.

Melibatkan anak dalam mengurus hewan yang ia miliki, akan membuat ia sadar, bahwa hewan peliharaan sama seperti manusia. Membutuhkan makan untuk menyambung hidup, tempat tinggal untuk sekadar berteduh, hingga cinta dari sang pemiliknya. Dari sinilah, mereka akan mendapatkan pelajar baru tentang tanggung jawab, rasa empat, dan kasih sayang.

5. Mengajarkan Percaya Diri

Rasa percaya diri bisa tertanam dalam diri anak ketika mereka memiliki hewan peliharaan. Anak-anak dengan usia tiga tahun dapat mengerjakan tugas-tugas sederhana seperti mengisi air minum dan mangkuk makanan. Seiring bertambahnya usia anak, ia bisa merawat hewan peliharaannya dengan sendiri.

6. Meningkatkan Keterampilan Verbal

Pada anak-anak yang masih dalam proses belajar berbicara, mereka akan mencoba untuk berbicara dengan hewan peliharannya. Tanpa disadari dengan cara ini, hewan peliharaan tidak hanya memberikan dukungan sosial dan emosional saja, namun juga mendukung keterampilan bahas akognitif bagi si kecil. Adanya hewan peliharaan di rumah, akan memberikan rangsangan verbal untuk membantu anak berlatih berbicara dan bersosialisasi dengan makhluk lain.

7. Bisa Menjadi Terapi untuk Anak

Sebuah penelitian menunjukkan, hewan peliharaan ternyata dapat membantu seseorang untuk menurunkan tekanan darahny, mempercepat waktu pemulihan, serta mengurangi stress dan kecemasan. Ketika anak sedang bersama hewan peliharaan, mereka dapat langsung berhubungan karena mereka merasakan cinta dan kasih sayang tanpa syarat dari hewan peliharaan.

8. Memperkuat Ikatan Keluarga

Perawatan hewan peliharaan kerap menjadi peran utama dari kegiatan bersama dalam keluarga. Banyak keluarga yang mengajak peliharaannya bermain, atau bahu-membahu untuk memandikan atau member makan mereka. Menghabiskan waktu bersama keluarga dan hewan kesayangan, akan membantu keluarga tumbuh lebih kuat dan dekat, sekaligus member waktu untuk bersantai sejenak di tengah aktivitas sehari-hari yang selalu dikejar waktu.

Baca Juga: Jadi Aktivis Perlindungan Hewan, 5 Artis ini Tulus Banget Sayang ke Binatang

Jika kamu sudah cukup teryakinkan dengan delapan fakta di atas dan sedang menimbang-nimbang untuk mendapatkan hewan peliharaan, ingat bahwa selalu lebih baik untuk mengadopsi daripada membeli.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.