8 Minuman Pembersih Ginjal yang Aman Dikonsumsi

8 Minuman Pembersih Ginjal yang Aman Dikonsumsi
cnnindonesia.com

Seruni.id – Ginjal adalah salah satu organ penting yang berfungsi membantu menyaring darah, membuang racun di dalam tubuh, serta melancarkan sistem pencernaan. Sehingga kesehatan ginjal harus dijaga agar tubuh tidak mudah sakit. Terdapat sejumlah minuman pembersih ginjal, yang bisa dikonsumsi untuk membersihkan dan menjaga kondisi organ tersebut agar tetap sehat. Berikut minuman yang bisa dikonsumsi sehari-hari, yang membantu membersihkan ginjal:

1. Air Rebusan Kunyit

8 Minuman Pembersih Ginjal yang Aman Dikonsumsi
halodoc.com

Kunyit memiliki kandungan antioksidan yang berperan dalam melawan inflamasi. Dengan mengonsumsi kunyit secara rutin, akan menghentikan peradangan terkait penyakit ginjal kronis. Selain itu, tanaman yang kerap dikonsumsi sebagai rempah-rempah pada masakan ini, bisa menurunkan tekanan darah, loh. Kamu bisa mencampurkan rebusan kunyit dengan teh. Rasanya akan lebih enak dan menyehatkan tentunya.

2. Jus Lemon

8 Minuman Pembersih Ginjal yang Aman Dikonsumsi
parenting.dream.co.id

Di balik rasanya yang sangat asam, ternyata jus lemon menyimpan khasiat yang luar biasa, salah satunya untuk membersihkan ginjal. Hal ini dikarenakan kandungan asam sitrat di dalamnya dapat membersihkan sisa-sisa kalsium pada ginjal. Kalsium yang menumpuk merupakan asal mula batu ginjal. Untuk membuat minuman pembersih ginjal ini, kamu bisa memeras lemon dan mencampurkannya dengan air dingin.

3. Teh Jahe

8 Minuman Pembersih Ginjal yang Aman Dikonsumsi
sehatq.com

Tidak hanya memberikan efek hangat, jahe memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya bisa dijadikan sebagai cara membersihkan ginjal yang kotor. Teh jahe memiliki kandngan antioksidan, yang juga dapat membantu mencegaj penyakit dan menguatkan sistem imun tubuh. Sehingga kamu tidak mudah jatuh sakit. Selain dapat membersihkan ginjal, minuman ini juga mampu meredakan beberapa masalah lainnya. Seperti sakit perut, menghangatkan tubuh, mengatasi mual, menurunkan kadar kolesterol, serta mencegah infeksi pada organ tubuh.

4. Jus Semangka

8 Minuman Pembersih Ginjal yang Aman Dikonsumsi
mmsehat.blogspot.com

Buah semangka bisa kamu jadikan sebagai salah satu cara untuk membersihkan ginjal, loh. Caranya dengan dibuat menjadi jus. Semangka mengandung air yang cukup banyak, jadi jangan heran kalau bisa diandalkan untuk membantu ginjal agar bisa bekerja secara optimal.

5. Jus Delima

8 Minuman Pembersih Ginjal yang Aman Dikonsumsi
lifestyle.kompas.com

Minuman pembersih ginjal berikutnya bisa kamu dapatkan dari buah delima. Buah yang satu ini memang terkenal untuk membantu mengobati dan mencegah penyakit ginjal. Delima sangat efektif dimanfaatkan dalam membersihkan racun yang ada pada tubuh, serta membantu mencegah pembentukkan batu ginjal. Hal ini karena delima memiliki kandungan antioksidan yang mampu melawan radikal bebas, menguatkan sistem kekebalan tubuh, menurunkan kolesterol, hingga membantu mengontrol tekanan darah.

6. Jus Nanas

8 Minuman Pembersih Ginjal yang Aman Dikonsumsi
liputan6.com

Jus nanas ternyata bisa memberikan dampak baik untuk kesehatan ginjal. Nanas mengandung enzim bromelain yang berfungsi menjaga kesehatan saluran cerna, termasuk ginjal. Bahkan, peneliti dari Mangalayatan University, India, menyebutkan bahwa enzim mampu menurunkan risiko iritasi ginjal sekaligus meningkatkan sirkulasi darah. Tak hanya itu saja, kandungan antioksidan yang tinggi juga akan meningkatkan kekebalan tubuh, serta menyingkirkan racun berbahaya.

7. Jus Seledri

8 Minuman Pembersih Ginjal yang Aman Dikonsumsi

Tak banyak yang tahu mengenai cara membersihkan ginjal dengan seledri. Padahal sangat mudah sekali, yakni dengan mengolah seledri menjadi sebuah jus. Minuman tersebut nantinya akan membantu proses proses detoks dengan mengeluarkan racun yang mengendap di ginjal. Menurut data dari SELF, kandungan air dalam seledri juga mencapai 95 persen. Jika dikonsumsi secara rutin maka kesehatan ginjal benar-benar bisa terjaga dengan baik.

8. Air Kelapa

8 Minuman Pembersih Ginjal yang Aman Dikonsumsi
health.detik.com

Kelapa merupakan buah yang sangat mudah dijumpai dan sering dikonsumsi orang. Manfaat air kelapa sangatlah bagus untuk kesehatan ginjal. Lebih dari 94 persen kandungan air kelapa adalah air. Dengan kandungan elektrolit yang tinggi, air kelapa dapat membantu menghancurkan mineral seperti kalsium dan oksalat yang menempel di ginjal, serta saluran kencing.

Baca Juga:6 Cara Mencegah Batu Ginjal

Itulah delapan jenis minuman pembersih ginjal yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Meski obat pembersih ginjal di apotik bisa kamu beli, tapi tak ada salahnya kan untuk mencoba yang lebih alami dan aman?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.