8 Tips Memilih Pasangan Hidup Ala Rasulullah

8 Tips Memilih Pasangan Hidup Ala Rasulullah
pengantinbaru.com.my

Seruni.id – Memilih pasangan hidup tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Sebab, jika salah memilih, hal tersebut justru akan menjadi malapetaka bagi kita, baik di dunia maupun akhirat. Karena mereka akan menemani kita sepanjang hidup.

8 Tips Memilih Pasangan Hidup Ala Rasulullah
lifestyle,okezone.com

Jika kita seorang wanita, maka pilihlah calon suami yang bisa menjadi imam yang baik. Jika seorang pria, maka pilihlah calon istri yang baik dan patuh. Lantas, bagaimana caranya agar kita tak salah dalam memilih pasangan hidup? Mudah saja, kita hanya perlu mengikuti tuntunan dari Rasulullah, yakni sebagai berikut:

1. Pilih Pasangan yang Soleh dan Solehah

Tips memilih pasangan hidup yang pertama adalah, pilihlah wanita yang solehah atau pria yang soleh. Sebab, dengan kriteria ini akan menghindari dari tindakan keji dan mungkar.

الدُّنْيَا مَتَاعٌ وَخَيْرُ مَتَاعِ الدُّنْيَاالْمَرْأَةُ الصَّالِحَة

Artinya: “Dunia adalah hiasan, dan sebaik-baiknya hiasan dunia adalah wanita solehah,” (HR. Muslim).

2. Berkepribadian Lembut

Selain itu, carilah pasangan hidup dengan kepribadian yang lembut. Sebagaimana kodratnya seorang wanita ingin mendapatkan perhatian kelembutan dari seorang pria. Kelembutan yang dimaksud bukan hanya memberikan perhatian kepada anak dan istrinya saja, tetapi lebih kepada kemampuannya mengontrol emosi sehingga tidak mudah marah atau berlaku kasar. Karena itu tercipa keluarga yang sakinah, mawadah, dan warohmah.

3. Karena Kekayaannya

Kekayaan berupa harta benda memang sangat menarik untuk dijadikan sebagai alasan seseorang memilih pasangan hidup. Sebab, dengan harta benda yang dimiliki, bisa memenuhi kebutuhan hidup sehari-sehari ketika berumah tangga.

Setidaknya jika menikah dengan alasan kekayaan seseorang akan bahagia di dunia. Meski uang bukanlah segalanya, tapi segala kebutuhan hidup di dunia tentu membutuhkan uang. Namun, harus tetap ingat, bahwa harta bukanlah segalanya dan tidak akan dibawa sampai ke akhirat kelak.

Sebab, harta sendiri merupakan titipan dari Allah SWT, kapan pun harta tersebut bisa diambil dengan mudah. Harta bisa menjadi kesabaran dan kesyukuran. Banyak harta banyak bersyukur. Sedikit harta banyak bersabar.

4. Cari yang Beragama Islam

Surat Al Baqarah ayat 221 memerintahkan untuk mencari jodoh yang beragama Islam. Jangan mencari jodoh yang berbeda agama.

وَلَا تَنْكِحُوا الْمُشْرِكٰتِ حَتّٰى يُؤْمِنَّ ۗ وَلَاَمَةٌ مُّؤْمِنَةٌ خَيْرٌ مِّنْ مُّشْرِكَةٍ وَّلَوْ اَعْجَبَتْكُمْ ۚ وَلَا تُنْكِحُوا الْمُشْرِكِيْنَ حَتّٰى يُؤْمِنُوْا ۗ وَلَعَبْدٌ مُّؤْمِنٌ خَيْرٌ مِّنْ مُّشْرِكٍ وَّلَوْ اَعْجَبَكُمْ ۗ اُولٰۤىِٕكَ يَدْعُوْنَ اِلَى النَّارِ ۖ وَاللّٰهُ يَدْعُوْٓا اِلَى الْجَنَّةِ وَالْمَغْفِرَةِ بِاِذْنِهٖۚ وَيُبَيِّنُ اٰيٰتِهٖ لِلنَّاسِ لَعَلَّهُمْ يَتَذَكَّرُوْنَ ࣖ – ٢٢١

“Dan janganlah kamu nikahi perempuan musyrik, sebelum mereka beriman. Sungguh, hamba sahaya perempuan yang beriman lebih baik daripada perempuan musyrik meskipun dia menarik hatimu. Dan janganlah kamu nikahkan orang (laki-laki) musyrik (dengan perempuan yang beriman) sebelum mereka beriman. Sungguh, hamba sahaya laki-laki yang beriman lebih baik daripada laki-laki musyrik meskipun dia menarik hatimu. Mereka mengajak ke neraka, sedangkan Allah mengajak ke surga dan ampunan dengan izin-Nya. (Allah) menerangkan ayat-ayat-Nya kepada manusia agar mereka mengambil pelajaran.” (QS Al Baqarah ayat 221).

5. Karena Kecantikannya

Kecantikan merupakan sesuatu yang bisa dipandang secara langsung, dan bisa menjadi ketenangan bagi mereka yang memandangnya. Mempertimbangkan kecantikan seseorang bisa menjadi salah satu cara memilih pasangan hidup yang baik. Biar bagaimana pun kecantikan merupakan anugerah dari Allah SWT.

“Sebaik-baiknya istri adalah yang menyenangkan jika engkau melihatnya, taat jika engkau menyuruhnya, serta menjaga dirinya dan hartamu di saat engkau pergi.” (HR. Ath Tabrani)

Memilih pasangan berdasarkan parasnya tidaklah berlangsung lama, karena semua akan berubah seiring bertambahnya usia. Namun, setidaknya kecantikan tersebut bisa menenangkan hati dan bisa meningkatkan kerpecayaan diri.

6. Pilih Karena Keturunannya

Tips memilih pasangan hidup berikutnya adalah memperhatikan nasab atau keturunannya. Hal ini menjadi salah satu prioritas yang perlu dilakukan, keturunan berisi gen yang akan terus diwariskan sampai anak cucu nantinya. Bagi umat Muslim sangat dianjurkan untuk memiliki keturunan yang baik serta memilih wanita yang subur agar mendapatkan keturunan.

“Nikahilah wanita yang penyayang lagi subur, sebab aku berbangga dengan jumlah kalian yang banyak di hadapan umat-umat yang lain.” (Sunan Abu Dawud dari Hadits Ma’qil Yasar ra.)

Sebagaimana sebuah penelitian yang dilakukan oleh Psychology Spot, menunjukkan bahwa kecerdasan anak berasal dari kromosom X, yaitu kromosom dari ibu. Penelitian lain juga menyatakan bahwa tingkat kecerdasan IQ anak bergantung pada besar IQ ibu. Jadi, sebaiknya pilihlah pasangan hidup, istri, yang pintar. Sebab, hal tersebut akan berdampak pada keturunannya.

7. Bertanggung Jawab

Pilihlah pasangan hidup yang juga bertanggung jawab, termasuk dalam hal nafkah. Jangan sampai, pasangan hidupmu nanti hanya menikmati jerih payahmu saja, sedangkan ia hanya diam saja.

8. Cari yang Lajang

Dalam mencari pasangan hidup, carilah yang masih lajang. Baik laki-laki maupun perempuan. Sebagaimana hadist berikut ini:

مَنْ أَرَادَ أَنْ يَلْقَى اللَّهَ طَاهِرًا مُطَهَّرًا فَلْيَتَزَوَّجْ الْحَرَائِرَ

Artinya: “Barang siapa yang mau menghendaki Allah dalam keadaan suci dan disucikan, maka hendaklah dia mengawini wanita merdeka.” (HR. Ibnu Majah).

أَنْ يَبِيعَ بَعْضُكُمْ عَلَى بَيْعِ بَعْضٍ وَلَا يَخْطُبَ الرَّجُلُ عَلَى خِطْبَةِ أَخِيهِ حَتَّى يَتْرُكَ الْخَاطِبُ قَبْلَهُ أَوْ يَأْذَنَ لَهُ الْخَاطِبُ

Artinya: “Sesama mukmin adalah bersaudara, maka baginya tidak halal menawar barang yang telah ditawar (dibeli) oleh saudaranya dan tidak halal meminang perempuan yang telah dipinang oleh saudaranya, kecuali bila saudaranya telah membatalkan pinangan.” (HR Bukhari dan Muslim)

Baca Juga: 8 Dosa yang Menghalangi Jodoh

Demikianlah tips memilih jodoh yang baik. Semoga dengan menerapkan tips di atas, kalian mendapatkan jodoh yang terbaik. Aamiin ya rabbal aalamin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.