8 Dosa yang Menghalangi Jodoh

rejekinomplok.net

Seruni.id – Memiliki pasangan tentunya menjadi impian semua orang. Namun, sayagnya tidak semua orang dapat menemukan jodohnya dengan cepat. Padahal, jika dilihat dari segi penghasilan pun usia, sudah terbilang cukup matang dan siap untuk menikah. Lantas, mengapa masih sulit untuk mendapatkan jodoh? Tanpa disadari, bisa jadi hal tersebut dikarenakan ada dosa yang kita lakukan. Dan ternyata dosa itu bisa menghalangi jodoh kita, loh. Seperti apa dosa yang menghalangi seseorang untuk mendapatkan pasangan? Simak baik-baik berikut ini.

[read more]

Gambar terkait
mubaadalahnews.com

Syirik

Ketika seseorang sudah sangat lama menunggu jodohnya, namun tak kunjung bertemu dan akhirnya putus asa. Banyak dari mereka malah mendatangi dukun ataupun tukang ramal dengan tujuan agar cepat bertemu dengan jodohnya. Hal ini sama saja dengan menyekutukan Allah SWT, dan justru membuat jodoh akan semakin menjauh.

Sebaiknya periksalah bagaimana kualitas kita selama ini dalam menjalankan hubungan dengan Allah. Jika salat saja masih bolong-bolong, atau masih bermalas-malasan untuk beribadah. Maka tak heran, jika Allah juga akan memperlambat datangnya jodoh. Jika ingin cepat mendapatkan jodoh, perbaikilah hubungan dengan sang pemberi jodoh. Sebaiknya lakukan pencarian jodoh dengan cara yang Islami, misalnya dengan bertaaruf.

“Janganlah sekali-kali kamu diperdaya dunia dan diperdaya para penipu yang mengatasnamakan Allah.” (QS Lukman 33).

Apabila orang yang berbuat syirik tersebut mendapatkan pasangan, maka pasangan yang didapatkan pun akan memiliki kepribadian yang serupa. Namun, hidup mereka tidak akan tentram dan tidak berkah. Sebagaimana Allah SWT berfriman,

“Musyrik laki-laki berjodoh dengan musyrik perempuan, laki-laki yang berperilaku buruk dengan perempuan yang berperilaku buruk juga” (QS An Nur 3 dan 26).

Melalaikan Salat

Salah satu yang menjadi penglahang datangnya jodoh adalah melalaikan salat. Jika kamu melalaikan perintah-Nya, maka kamu pun tidak memiliki kesempatan untuk bisa memohon segera di dekatkan dengan jodoh. Walaupun sudah banyak cara yang dilakukan untuk bisa mendapatkan jodoh, namun jika tidak salat, maka usaha kamu pun tidak di jabah oleh Allah SWT. Bukankah salat merupakan gerbang menuju Allah untuk kamu mendekatkan diri kepada sang pemberi jodoh?

“Maka kecelakaanlah bagi orang2 yang salat (yaitu) orang-orang yang lalai dari salatnya.” (QS 107:4-5).

Berzina

Berzina merupakan dosa yang dapat menghalangi jodoh. Perbuatan ini juga sangat dibenci Allah SWT. Dalam kisah Nabi Muas a.s pun terdapat penolakan taubat atas perempuan yang sebelumnya telah melakukan perbuatan keji ini. Dengan kata lain, melakukan perzinahan akan membuat hubungan manusia dengan Tuhannya menjadi rusak, sehingga jodoh pun akan terhalang karena dosa tersebut. Segeralah bertaubat nasuha jika pernah melakukan hal ini, dan berjannji untuk tidak mengulanginya lagi. Karena sesungguhnya Allah akan memberi ampunan pada tiap hambanya yang bertaubat.

Dosa Kepada Orang Tua

Dosa kepada orang tua juga bisa menjadi penyebab jodoh akan terhalang. Karena keridhaan mereka akan menjadi ridha Allah, sehingga jika kita melakukan dosa terhadap orang tua, maka Allah akan menutup sumber rezeki termasuk urusan jodoh. Berkata “ah” pada orang tua saja, sudah beroda dan membuat Allah marah, bagaimana jika melakukan dosa yang lebih dari itu. Maka, jodoh dan apa yang kita inginkan semakin sulit terpenuhi.

“Tuhamnu telah memerintahan agar kamu tidak menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada Ibu Bapakmu dengan sebaik-baiknya, maka janganlah sekali-kali kamu mengatakn perkataan kepada keduanya perkataan “ah” dan jangnlah kamu membentak mereka, ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (QS. 17:23).

Memutuskan Hubungan Silaturrahim

Bagi kamu yang sulit menemukan jodoh, maka periksalah hubunganmu dengan kerabat. Bisa saja jodoh kamu terhalangi karena kamu memutuskan tali silaturrahim antar saudara.

“Sesungguhnya orang-orang mukmin itu bersaudara. Karena itu peliharalah persaudaraan dan peliharalah diri kamu dihadapan Allah agar kamu mendapat rahmat.” (QS.49:10).

Memakan Rezeki Haram

Mencari rezki dengan cara yang haram merupakan salah satu dosa yang dapat menghalangi jodoh. Namun, jika sudah mencari rezeki halal dengan cara yang halal pula, dan masih belum juga dipertemukan jodoh, sudahkan kita menunaikan untuk mengeluarkan zakat? Jika belum maka keluarkanlah zakat tersebut. Karena sebenarnya, dalam harta kita terdapat hak-hak orang lain yang harus kita keluarkan.

Kikir

Kikir juga merupakan dosa yang akan menghalangi jodoh. Untuk itu, kamu yang sulit mendapatkan jodoh, cobalah memperbanyak sedekah dan jauhkan rasa kikir dalam dirimu.

Menggunjing dan Mengadu Domba

Perbuatan ini terkadang tidak disadari bahwa inilah salah satu dosa yang menghalangi jodoh. Bahkan, pergunjingan yang mengarah pada adu domba jauh lebih buruk, karena akan terjadi fitnah yang akan merugikan dirinya.

“Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan prasangka, karena sebagian dari prasangka adalah dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang lain dan jangan menggunjing satu sama lainnya. Adakah diantara kalian yang suka memakan daging bangkai saudaranya sendiri? Maka tentu kamu merasa jijik kepadanya.” (QS Al Hujurat 12).

Dengan mengetahui dosa tersebut, kita akan bisa berintropeksi dan melakukan perubahan ke arah yang lebih baik. Jodoh tak hanya untuk urusan dunia saja, namun juga akan menjadi pendamping yang menemani di dunia pun di akhirat kelak.

[/read]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.