9 Tips Sukses Wawancara Kerja Secara Virtual

  • Bagikan
9 Tips Sukses Wawancara Kerja Secara Virtual
pikiran-rakyat.com

Seruni.id – Kemajuan teknologi membuat segala sesuatu menjadi lebih mudah, yang tidak mungkin terjadi menjadi mungkin dilakukan. Misalnya dalam hal wawancara kerja, yang biasanya dilakukan di satu ruangan yang sama. Namun, di zaman yang serba cangggih ini, wawancara kerja bisa dilakukan jarak jauh alias melalui virtual.

9 Tips Sukses Wawancara Kerja Secara Virtual
northeeastern.edu

Biasanya, sebuah perusahaan yang akan merekrut pegawai, akan mewawancarai pegawainya yang berada di kota atau negara lain secara online. Terlebih saat situasi pandemi seperti saat ini. Meski dilakukan secara online, tentunya ada beberapa hal yang mesti diperhatikan, agar wawancara kerja bisa berjalan dengan lancar. Lalu, bagaimana caranya sukses interview kerja secara virtual? Yuk kita simak bersama-sama ulasannya berikut ini.

1. Membangun Setting Profesional

Ingin melakukan wawancara kerja berjalan dengan lancar? Pastikan kamu memilih lokasi wawancara yang tepat. Pilihlah tempat yang kamu anggap nyaman, sepi, dan bebas dari gangguan. Jika kamu tinggal di kos-kosan, mungkin kamu akan menghadapi tetangga kamar yang memutar music dengan volume kencang, atau bicara keras. Demi kelangsungan sesi wawancara, sebelum memulai cobalah berbicara dengan mereka.

2. Koneksi Internet Lancar

Kalau kamu sudah yakin tempat wawancara yang kamu pilih sudah aman dari segala gangguan, selanjutnya kamu harus mengecek ketersediaan koneksi internet serta alat pendukungnya. Misalnya dengan memeriksa kestabialn dan kecepatan koneksi internetnya. Apabila internet di rumahmu kurang mendukung, kamu bisa mencari tempat lain yang memiliki kecepatan internet stabil. Jika menggunakan paket data, ada baiknya untuk mengecek ketersediaan kuotanya, ya. Selain ini persiapkan pula alat pendukungnya seperti handphone atau laptop dalam kondisi baterai penuh, aplikasi untuk online telah tersedia jika diperlukan, dan lain sebagainya.

3. Tetap Mengenakan Pakaian Fromal Layaknya Interview Secara Langsung

Pakaian yang dikenakan saat interview menjadi hal yang juga perlu diperhatikan. Sebab, dari pakaian akan terlihat keseriusan dan sikap profesionalmu. Meski wawancara dilakukan jarak jauh, bukan berarti kamu bisa seenaknya berpakaian santai, apalagi jika orang yang mewawancarai kamu berpakaian dengan formal. Jadi, tetap kenakan pakaian formal layaknya melakukan interview secara langsung.

4. Memerhatikan Pencahayaan

Saat sesi wawancara sedang berlangsung, tentunya kamu tidak ingin kan wajahmu terkena bayangan atau silau cahaya dari luar jendela? Maka dari itu, pastikan pencahayaan ke wajahmu cukup dan hindari bayangan yang tidak terprediksi. Kalau tidak mendapatkan cahaya matahari, kamu bisa menggunakan sumber cahaya lainnya, seperti menggunakan lampu tambahan. Karena penempatan pencahayaan juga sangat penting. Jadi, pastikan komputer atau laptopmu ditempatkan pada permukaan yang lebih tinggi daripada pangkuanmu. Sebab pewawancara tentunya tidak ingin melihat lubang hidungmu, bukan?

5. Melihat Kamera Ketika Hendak Menjawab Pertanyaan

Ketika wawancara kerja secara virtual sedang berlangsung, sebaiknya kamu tidak mengalihkan pandangan dari kamera. Selain sikap tersebut seakan menatap mata orang yang mewawancaraimu, menggeser pandangan dari layar monitor bisa mengurangi rasa gugup karena tidak melihat orang yang mewawancarai. Dengan begitu, kamu bisa lebih fokus dan lancara dalam menjawab pernyataan.

6. Tanamkan Rasa Percaya Diri

Pakaian sudah bagus, makeup dan rambut juga sudah oke. Tapi, bagaimana dengan rasa percaya diri? Jangan hanya penampilanmu saja yang menonjol, tapi rasa percaya dirimu juga hrus digali, agar bisa tampil lebih maksimal ketika sedang melakukan interview kerja. Karena, sebagus dan semenarik apapun penampilanmu, namun jika tidak diiringi dengan rasa percaya diri, semuanya akan sia-sia. Selain itu, rekruiter pun ragu untuk merekrutmu sebagai karyawan karena gagal menunjukkan potensi dirimu yang sebenarnya. Anggaplah sesi wawancara tersebut layaknya sesi tanya-jawab dengan teman-teman biasa, namun menggunakan tata bahasa yang baik dan benar sehingga bisa lebih rileks saat menjawab

7. Fokus pada Interview

Tips sukses wawancara kerja berikutnya, kamu harus fokus pada interview yang dilakukan. Walaupun pihak yang mewawancarai tidak melihat aktivitas yang kamu lakukan, sebaiknya hindari untuk membuka halaman wesite lain atau sambil mendownload film, dan lainnya. Hal ini bukan hanya membuat konsentrasi menjadi teranggu, namun juga bisa membuat jaringan internet terhambat. Apalagi, jika file yang kamu download memiliki kapasitas yang cukup besar.

8. Siapkan Pertanyaan

Saat wawancara kerja selesai dilakukan, biasanya pihak pewawancara akan memberikan kesempatan kepada kanidat untuk bertanya mengenai jawaban yang dilamar atau perusahaan itu sendiri. Nah, sesi ini bisa kamu manfaatkan untuk mempelajari lebih lanjut mengenai job description yang akan dijalankan atau feedback setelah interview.

9. Latihan Sebelum Memulai

Ada baiknya sebelum interview dimulai, kamu bisa berlatih terlebih dahulu. Kamu bisa meminta teman untuk menjadi lawan bicara, seolah ia adalah pihak yang akan mewawancaraimu. Biasanya sesi interview dilakuakan menggunakan aplikasi sykpe. Jadi, kamu perlu menginstall terlebih dahulu. Siapkan pertanyaan yang kemungkinan akan mereka tanyakan. Kemudian minta temanmu untuk membacakannya.

Selain itu, temanmu juga harus bisa mengevaluasi posisi duduk, kejelasan suara, periksa ruangan agar terang, serta mengevaluasi penampilanmu saat melakukan initerview. Jika semua “alat tempur” sudah siap dan 90 persen oke, maka saat hari pelakasanaan interview perbanyaklah doa. Minta kepada yang maha kuasa untuk melancarkan aktivitas tersebut. Jika sudah menjadi rezekimu, maka segala sesuatnya akan dimudahkan.

Baca Juga: 7 Strategi Penting Mencari Pekerjaan di Tengah Pandemi

Jangan lupa untuk banyak berdoa, serahkan semua hasilnya pada Tuhan. Bagaimana pun hasilnya nanti, yang terpenting kamu sudah berusaha dan mencoba. Semoga informasi di atas bermanfaat untukmu, semoga sukses.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

seruni.id